Telok Ayer – Perpaduan Unik antara Antik dan Keharmonisan

  • September 8, 2022
  • Dibaca 62 kali

Oleh : Nona Anggraeni

Ingin mendapatkan cerita sejarah yang berharga saat menghabiskan liburan di Singapura?

Telok Ayer jawabannya!  

Kali ini SGB akan mengulas daerah wisata yang cukup unik yang berada di Telok Ayer.  Kata Telok Ayer berasal dari bahasa Melayu yang artinya Teluk dan Air karena dulunya memang merupakan daerah teluk yang berhadapan dengan laut. 

Terletak di daerah Pecinan Singapura, distrik Outram sepanjang Church Street hingga Cecil Street, Telok Ayer menjanjikan sebuah keunikan tersendiri. Sebuah cerita sejarah yang indah tentang keharmonisan umat beragama.  Di sini bisa ditemukan simbol-simbol bangunan tua yang mewakili beragam agama. 

Masjid Al-Abrar.

Merupakan salah satu masjid tertua di Singapura.  Dibangun  tahun 1827 dan selesai tahun 1855 oleh imigran asal Tamil, India Selatan.  Hingga saat ini masih berfungsi untuk tempat beribadah setelah tahun 1974 dijadikan monumen nasional oleh pemerintah Singapura.


Masjid Al-Abrar

Nagore Durgha

Bangunan bersejarah umat muslim yang lainnya adalah Kuil Nagore Durgha yang didirikan oleh kaum muslim Chulia India.  Sama seperti Masjid Al Abrar, bangunan unik merupakan peninggalan umat Islam saat menyebarkan Islam di Singapura.  Dengan arsitektur berlapis  mirip kue pernikahan, saat ini gedung ini menjadi tempat pameran kebudayaan umat muslim di Singapura.  
Buka tiap Senin – Jumat : 10.00 –  17.30 dan Sabtu : 09.00 – 13.00.
Gratis.


Nagore Durgha

 Kuil Thian Hock Keng

Bangunan bersejarah lainnya adalah Kuil Thian Hock Keng. Merupakan kuil tertua peninggalan kaum Tionghoa di Singapura.  Memiliki arti Kuil Kebahagiaan Surgawi, bangunan ini terletak di antara bar dan restoran yang banyak terdapat di sepanjang jalan Telok Ayer.  Dibangun tahun 1839 dengan arsitektur indah karya kaum Hokkien tanpa menggunakan paku sedikitpun.  Kuil ini juga menjadi monumen nasional Singapura dan merupakan tempat pameran sepanjang tahun.
Buka tiap hari pukul 07.30 – 17.30. Gratis.


Kuil Thian Hock Keng

Gereja  Methodist Telok Ayer.

Simbol umat Kristen di Telok Ayer adalah Gereja Methodist.  Merupakan tempat beribadah bagi kaum Chinese Kristen yang masih digunakan hingga saat ini.  Didirikan tahun 1889, bangunan bersejarah ini juga merupakan monumen nasional Singapura.
Buka tiap hari pukul 09.00-17.00. Gratis


Gereja Methodist Telok Ayer

Itulah gambaran sejarah di Telok Ayer yang kental dengan keharmonisan beragamanya.  
Tidak hanya kental dengan sejarahnya, Telok Ayer juga memiliki taman indah yang sejuk terletak di antara gedung-gedung sepanjang jalan.  Bagi kaum bisnis, tempat ini juga menyediakan beragam bar dan restoran yang bisa menjadi tempat kongkow sepulang kerja.

Telok Ayer cukup mudah dijangkau karena dekat stasiun MRT yang langsung berhadapan dengan distrik ini.  Sebuah alternatif tempat wisata yang patut dicoba saat ke Singapura, karena memiliki ciri khas tersendiri dengan cerita sejarahnya.

***********

Foto-foto koleksi: Oswin Rafur/Santi Purwaningsih – Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×