Fakta Mooncake Festival 2021 di Singapura, Chinatown Penuh Lampion Warna-warni!

  • September 11, 2021
  • Dibaca 37 kali
Mooncake Festival 2021 di Singapura. Instagram @clicknsnapshot

Atraksi menarik di Singapura bukan cuma tempat wisata dan kuliner yang melimpah melainkan juga perayaan budaya yang penuh makna. Salah satunya adalah Mid-autumn Festival atau Mooncake Festival. Perayaan budaya China yang identik dengan kue bulan ini jatuh pada 21 September 2021. Bagaimana Mooncake Festival dirayakan di Singapura saat pandemi seperti ini? Simak ulasan berikut.

Bagi #SGB_Family yang berencana untuk bekerja di Singapura, bisa mempelajari tips dan trik mencari kerja di Negeri Singa dengan mengakses Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

Lampion dewi bulan Chang-e di Chinatown. Instagram @kennysim7

Mid-autumn Festival dirayakan setiap tanggal 15 pada bulan ke-8 menurut kalender lunar China. Biasanya jatuh pada September atau awal Oktober. Menurut chinahighlights.com, perayaan yang disebut juga Moon Festival ini jatuh pada 21 September 2021. Namun, biasanya orang China akan libur pada 19 sampai 21 September. Mooncake Festival adalah perayaan paling penting kedua setelah Imlek bagi orang China.

Pada saat Mooncake Festival biasanya bulan sedang purnama. Full moon ini simbol reuni dalam budaya China. Salah satu tradisi yang dilakukan adalah makan malam bersama keluarga di halaman rumah sambil melihat bulan. Selain itu, orang China juga sembahyang kepada bulan. Tradisi lainnya adalah makan kue bulan dan membuat lampion warna-warni.

Suasana Chinatown saat Mooncake Festival 2021. Instagram @gin.tay

Perayaan mooncake festival di Singapura sejak 2020 memang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19 melanda dunia. Tak terkecuali pada mooncake festival tahun ini. Namun, warga Singapura masih bisa menikmati keindahan ratusan lampion yang dipasang di Chinatown. Mooncake Festival 2021 di Singapura dibuka dengan upacara secara virtual.

Mengutip straitstimes.com, sekitar 900 lampion menghiasi Chinatown sejak 7 September. Lampion beragam bentuk termasuk kue bulan dan kelinci dapat dilihat sampai 5 Oktober di Eu Tong Sen Street dan New Bridge Road. Sementara di South Bridge Road dihiasi lampion snow skin mooncakes. Bintang utama tahun ini adalah lampion berbentuk dewi bulan Chang-e setinggi 12 meter terletak di seberang Chinatown Point.

Mooncake Festival 2021 di Singapura. Instagram @clicknsnapshot
Mooncake Festival 2021 di Singapura. Instagram @clicknsnapshot

Selain menikmati keindahan Chinatown yang dipenuhi lampion warna-warni, #SGB_Family juga bisa mengikuti tur virtual warisan budaya. Kegiatan bertajuk 360 Virtual Tour and Heritage Trail akan diselenggarakan sampai akhir Oktober. #SGB_Family bisa mengakses chinatownfestivals.sg untuk jalan-jalan virtual di Chinatown. Nantinya akan ada tour guide yang memandu pengunjung secara virtual untuk menunjukkan warisan budaya penting di Chinatown.

Ilustrasi mooncake atau kue bulan. Unsplash/Huong Ho

Mid-autumn Festival tentunya tidak bisa terlepas dari mooncake atau kue bulan. Mooncake mirip kue pie yang berisi pasta padat dan di tengahnya diberi kuning telur asin sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Terdapat beberapa toko mooncake halal di Singapura. Beberapa di antaranya adalah Bread Garden, Eatzi Gourmet Bakery, dan Polar Puffs & Cakes. Cara pesan mooncake sistemnya pre-order karena pembuatannya terbatas. Harga kue bulan di Singapura beragam, ada yang mulai dari $25 atau Rp 270.000-an berisi 6 kue bulan.

Varian bentuk kue bulan. Unsplash Alexa Soh
Varian bentuk kue bulan. Unsplash/Alexa Soh

Melansir mothership.sg, ada pameran merek atau toko kue bulan yang diselenggarakan di Takashimaya sampai 21 September 2021. Ada 300 kue bulan dari 25 merek di Singapura. Namun, tidak ada sampel gratis karena pandemi Covid-19. Lokasi tepatnya di Talking Hall di B1 and Food Hall di B2. Beberapa brand kue bulan di sini adalah Amethyst Pastry & Cakes, Peach Garden Chinese Restaurant, dan Godiva Chocolatier. Kalau tidak bisa datang langsung, semua kue bulan di Takashimaya bisa dipesan secara online di situs resmi Takashimaya.

Takashimaya Mooncake Fair
391 Orchard Rd, Singapore 238872
10AM–9.30PM
Somerset
https://www.takashimayasc.com.sg

Mooncake Festival 2021 di Singapura puncaknya pada 21 September. Walaupun tidak banyak kegiatan yang secara langsung, #SGB_Family masih bisa menyaksikan keindahan lampion di Chinatown dan menyantap kue bulan. #SGB_Family ikutan merayakan festival ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×