80 Persen Warga Singapura Sudah Divaksin Penuh, Tertinggi di Dunia?

  • August 29, 2021
  • Dibaca 24 kali
singapura vaksin sinovac

Singapura sudah siap untuk menyambut new normal, hidup berdampingan dengan virus corona. Negara ini juga bersiap untuk menerima turis asing mulai September 2021. Pemerintah Singapura menggalakkan program vaksinasi nasional di Singapura demi mewujudkan tujuan tersebut. Tingkat kecepatan vaksinasi di Singapura terbilang pesat. Kini, sudah berapa persen warga Singapura yang sudah divaksin penuh? Simak ulasan berikut seperti mengutip straitstimes.com.

Bagi #SGB_Family yang berencana untuk bekerja di Singapura, bisa mempelajari tips dan trik mencari kerja di Negeri Singa dengan mengakses Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

Gardes by the Bay di Singapura. Instagram @legozai
Gardes by the Bay di Singapura. Instagram @legozai

Sebanyak 80 persen warga Singapura sudah divaksin penuh alias mendapatkan dua dosis terhitung pada 29 Agustus 2021. Menurut Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung, terdapat lebih dari 4.300 orang telah menerima suntikan Covid-19 di rumah mereka masing-masing dari tim vaksinasi Singapura.

“Singapura telah mengambil langkah maju dalam membuat diri kita lebih tahan terhadap Covid-19,” ujar Ong melansir straitstimes.com, Minggu (29/8/2021).

warga singapura divaksin penuh
Ilustrasi vaksin virus corona. Unsplash/Daniel Schludi

Kementerian Kesehatan Singapura menerima sekitar 700 permintaan vaksinasi di rumah setiap minggu. Kementerian juga telah melipatgandakan tim vaksinasi dari 11 menjadi 33 tim. Anggota dari tim tersebut termasuk volunter dari 200 dokter dan perawat serta Singapore Armed Forces. Berkat penambahan tim, waktu tunggu untuk vaksin di rumah menjadi 4 minggu saja dari awalnya 8 minggu.

“Kami bertujuan untuk menyelesaikan semua vaksinasi di rumah pada akhir September. Itu akan menjadi langkah maju yang penting,” tambah Ong.

warga singapura divaksin penuh
Ilustrasi orang sedang divaksin. Unsplash/Mufid Majnun

Dengan meningkatnya persentase vaksinasi, menjadikan Singapura sebagai salah satu negara dengan tingkat vaksinasi penuh tertinggi di dunia. Menurut data dari ourworldindata.org/covid-vaccinations, Singapura menduduki peringkat ke-2 sebagai negara yang populasinya telah divaksin penuh.

Namun, data tersebut masih mengacu pada tingkat vaksinasi per 27 Agustus 2021 sehingga yang tertera masih 74 persen warga divaksin penuh. Sementara, per 29 Agustus 2021, sudah ada 80 persen warga Singapura yang telah divaksin penuh.

Negara peringkat satu dengan jumlah populasi yang sudah divaksin penuh adalah Uni Emirat Arab per 26 Agustus 2021. Disusul Uruguay pada peringkat ketiga.

Ilustrasi pasar di Chinatown. Unsplash Ilham Wicaksono
Ilustrasi pasar di Chinatown. Unsplash/Ilham Wicaksono

Diketahui bahwa Singapura bersiap untuk membuka perbatasan untuk turis asing dari negara-negara tertentu mulai September 2021. Saat ini, Singapura memberlakukan social distancing yang lebih ketat daripada sebagian besar ibu kota keuangan global di luar Asia seperti dikutip dari bloomberg.com. Walaupun memiliki tingkat vaksinasi tinggi tapi beberapa traveler tetap ada yang diharuskan untuk menjalani karantina selama dua minggu di hotel lokal.

House of Tan Teng Niah di Little India Singapura. Instagram @clicknsnapshot
House of Tan Teng Niah di Little India Singapura. Instagram @clicknsnapshot

Seiring dengan meningkatnya vaksinasi, pemerintah Singapura mulai melonggarkan pembatasan selama beberapa minggu terakhir. Restoran sudah kembali dibuka untuk makan di tempat mulai 10 Agustus 2021 bagi warga yang telah divaksin penuh. Aturan bekerja di kantor juga mulai dilonggarkan, sebanyak 50 persen karyawan bisa kembali ke kantor.

Selain itu, kapasitas ruang publik seperti di mal dan bioskop juga ditingkatkan. Sejumlah tempat juga diizinkan untuk tidak melakukan pemeriksaan suhu ketika pelanggan hendak masuk.

Singapura telah mencapai tingkat vaksinasi yang cukup tinggi dengan target terpenuhi pada September 2021. Harapannya, wisata di Singapura juga mulai dibuka untuk wisatawan internasional termasuk dari Indonesia. Tetap patuhilah protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat wisata yang sudah dibuka di Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×