6 Tempat Wisata Gratis di Pulau Sentosa Singapura, Liburan Hemat Selesai Pandemi

  • August 13, 2021
  • Dibaca 133 kali
wisata gratis di pulau sentosa

Menjelajahi tempat wisata di Singapura nggak harus membutuhkan banyak modal. Cukup banyak atraksi wisata menarik tapi gratis seperti di Pulau Sentosa. Mungkin kalau ke Pulau Sentosa identik dengan liburan ke Universal Studios Singapore, Museum Madame Tussauds, atau Resort Worlds Sentosa. Tenang aja, ada setidaknya 6 tempat wisata gratis di Pulau Sentosa di antaranya adalah pantai dan spot bersejarah. Kepoin informasi selengkapnya di bawah ini, ya.

wisata gratis di pulau sentosa
Fort Siloso di Pulau Sentosa, Singapura. Instagram @minimalist.ghuraba

Fort Siloso dulunya adalah benteng pertahanan yang berada di daerah pinggir pantai. Sampai sekarang #SGB_Family bisa melihat kemegahan Fort Siloso yang masih terawat dengan baik. Melihat dari namanya, kata siloso berasal dari Bahasa Malaya yang berarti batu. Dulunya tempat ini juga jadi markas militer. Sekarang, #SGB_Family dapat melihat memorabilia WWII atau Perang Dunia 2. 

Beberapa peninggalan tersebut adalah senjata dan sisa bangunan serta terowongan di dalam benteng. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Fort Siloso dapat menonton video dokumenter interaktif terkait perang di sini. Selain itu, bisa juga melihat patung lilin sosok tentara Jepang dan Inggris di Surrender Chambers. 

Fort Siloso Skywalk di Singapura. Instagram @expattravels
Fort Siloso Skywalk di Pulau Sentosa, Singapura. Instagram @expattravels

Untuk menuju ke Fort Siloso, pengunjung dapat melewati Fort Siloso Skywalk. Jalur ini terbentang sepanjang 181 meter dengan tinggi 11 lantai. Namun, lift penumpang menuju Fort Siloso Skywalk sedang ditutup untuk sementara karena ada perbaikan. Wisatawan bisa naik Fort Shuttle dari lobi lift Skywalk untuk menuju ke Fort Siloso. Jam operasional Fort Shuttle setiap 15 menit sekali antara 9 AM – 6 PM.

Fort Siloso
Siloso Rd, Singapore 099981
9AM-6PM (Last entry 5.30PM)
HarbourFront
sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/fort-siloso

wisata gratis di pulau sentosa
Southernmost Point of Continental Asia di Pulau Sentosa, Singapura. Instagram @alanfchef

Di Pulau Sentosa ada tram dengan tujuan khusus untuk mengantarkan wisatawan ke berbagai pantai, salah satunya Palawan Beach. #SGB_Family bisa naik tram di Beach Station. Selain bermain di Pantai Palawan, wisatawan bisa menuju ke Southernmost Point of Continental Asia, sebutan untuk pulau kecil di area ini. Palawan Beach identik dengan jembatan tali yang menuju ke pulau kecil. Di sini terdapat laguna yang cocok untuk berenang dan bermain olahraga air. Jangan lewatkan untuk menikmati perjalanan selama berada di atas jembatan, karena bisa melihat lautan luas yang indah.

Palawan Beach
85A Palawan Beach Walk, Singapore 098521
Senin-Jumat 7AM-10PM | Sabtu-Minggu & Hari Libur 8AM-7PM (harus reservasi)
HarbourFront
https://www.sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/palawan-beach

wisata gratis di pulau sentosa
Sentosa Nature Discovery di Pulau Sentosa, Singapura. Instagram @norvin_hang

Tempat wisata gratis di Pulau Sentosa selanjutnya adalah Sentosa Nature Discovery. Pencinta alam wajib merapat ke sini! Pameran interaktif, patung, dan spot pengamatan adalah tiga atraksi menarik di Sentosa Nature Discovery. Pulau Sentosa mempunyai 8 jenis habitat yang berbeda seperti hutan hujan pesisir, pantai berbatu, dan lahan basah. 

Pohon dan bunga di 8 habitat Pulau Sentosa bisa #SGB_Family saksikan di Sentosa Nature Discovery. Selain pohon dan bunga, ada macam-macam binatang seperti burung migraine dan kupu-kupu. Bahkan ada juga spesies burung yang terancam punah di sini yaitu Magpie Robin.

Sentosa Nature Discovery
51 Imbiah Rd, Singapore 099702
9AM-5PM
HarbourFront
https://www.sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/sentosa-nature-discovery

Siloso Beach di Singapura. Instagram @ewavesurfsingapore
Siloso Beach di Pulau Sentosa, Singapura. Instagram @ewavesurfsingapore

Buat #SGB_Family yang pengin merasakan macam-macam atraksi menarik di pantai, bisa melipir ke Siloso Beach. Banyak bar, restoran, dan bistro di sini. Bisa juga kalau mau sekadar berjemur sambil menikmati hari di Siloso Beach. Mumpung berada di sini, sekalian cobain olahraga air. Boleh cobain selancar, naik kayak, bersepeda, atau bermain sepatu roda. Tertarik buat ke sini? Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum ke Siloso Beach saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Siloso Beach
Imbiah Walk
Senin-Jumat 7AM-10PM | Sabtu-Minggu & Hari Libur 8AM-7PM (harus reservasi)
HarbourFront
https://www.sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/siloso-beach

Magical Shore Siloso Beach di Singapura. Instagram @dorimingo813
Magical Shore Siloso Beach di Singapura. Instagram @dorimingo813

Rupanya atraksi menarik di Siloso Beach masih ada lagi yaitu Magical Shores. Pantai Siloso berubah menjadi spot yang penuh dengan pertunjukan cahaya dan suara yang interaktif. Efek visual di Magical Shores mengubah pasir pantai dan pepohonan jadi terlihat lebih menarik. Tempat ini menjadi spot instagenic untuk berfoto atau sekalian merekam keindahannya. Siapa pun bisa menyaksikan permainan cahaya dan suara tapi kalau mau ke sini harus melakukan reservasi terlebih dahulu, ya.

Magical Shores
Siloso beach, Singapore
Jumat-Minggu & Hari Libur 7.30AM-10.30PM (harus reservasi)
HarbourFront
https://www.sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/magical-shores

Tanjong Beach Club. Instagram @sephira210
Tanjong Beach Club. Instagram @sephira210

Masih belum selesai keindahan pantai di Pulau Sentosa, kali ini ada Tanjong Beach. Pantai satu ini cocok buat #SGB_Family yang lebih suka bersantai dengan tenang sambil melihat keindahan lautan. Suasana di Tanjong Beach lebih tenang dan sepi. Pantai di sini juga bisa dijadikan spot untuk makan malam romantis bersama pasangan.

Tanjong Beach
Tanjong beach
Senin-Jumat 7AM-10PM | Sabtu-Minggu & Hari Libur 8AM-7PM (harus reservasi)
HarbourFront
https://www.sentosa.com.sg/en/things-to-do/attractions/tanjong-beach

Untuk menuju ke Pulau Sentosa Singapura, #SGB_Family bisa naik Monorail Sentosa Express dan cable car. Cara naik cable car ke Pulau Sentosa bisa dibaca di sini. Setelah Singapura membuka kembali pariwisata untuk wisatawan mancanegara, #SGB_Family bisa ke tempat wisata gratis di Pulau Sentosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×