3 Beasiswa Kuliah S1 di Singapura 2022, Siap-siap dari Sekarang!

  • August 6, 2021
  • Dibaca 54 kali
beasiswa kuliah di singapura

Siapa yang bercita-cita bekerja di Singapura? Bagi warga negara asing, mendapatkan kerja di Singapura tidak mudah tapi ada cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan kuliah di Singapura. Cara ini cocok buat warga Indonesia yang sedari SMA ingin kuliah dan kerja di Singapura. Ada beberapa beasiswa kuliah S1 di Singapura yang biasanya setiap tahun membuka pendaftaran. Berikut ini 3 beasiswa kuliah S1 di Singapura yang kemungkinan buka pada tahun ajaran 2022-2023.

Kuliah di Singapura bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan kerja di Singapura. Selain itu, persiapkan hal lain sebelum cari kerja di Singapura yang dapat dibaca di Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Akson on Unsplash
Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Unsplash/Akson

Tahir Indonesian Scholarship adalah beasiswa kuliah S1 di Singapura yang ada sejak 2014. Beasiswa ini terselenggara dari hasil donasi pengusaha Indonesia, pendiri Grup Mayapada yaitu Dato’ Sri Prof. DR. Tahir. Seleksi untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat karena hanya satu beasiswa yang diberikan setiap tahun. Nantinya penerima Tahir Indonesian Scholarship akan melanjutkan kuliah di Singapore Management University (SMU).

Untuk bisa mendaftar Tahir Indonesian Scholarship, calon penerima harus mahasiswa tahun pertama penuh waktu yang terdaftar di program gelar apa pun. Hanya warga negara Indonesia yang dapat mendaftar beasiswa ini, tidak termasuk penduduk tetap Singapura. Beasiswa kuliah di SMU bernilai $15.000 per tahun yang akan diberikan maksimal 4 tahun dari program studi penerima. Dana itu untuk menutup biaya kuliah dan atau biaya yang masih ada hubungannya dengan kuliah.

Ilustrasi dosen sedang memberikan mata kuliah. Photo by Fauxels on Pexels
Ilustrasi dosen sedang memberikan mata kuliah. Pexels/Fauxels

Sayangnya, Tahir Indonesian Scholarship sempat tidak membuka pendaftaran pada tahun ajaran 2020-2021 dan 2021-2022. Ikuti terus informasi beasiswa kuliah ini melalui situs resmi SMU. Supaya tidak ketinggalan informasi pendaftaran beasiswa yang mungkin saja buka untuk 2022-2023.

beasiswa kuliah di singapura
Ilustrasi mahasiswa di depan gedung kampus. Unsplash/Lucas Law

Ingin kuliah di universitas nomor 1 di Asia? Bisa banget! National University of Singapore (NUS) adalah universitas peringkat 1 menurut QS University Rangkings 2021. Kampus ini menyediakan beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship yang biasanya setiap tahun melakukan seleksi pada Januari sampai Juni. Biasanya kandidat terpilih akan diberitahu pada pertengahan Juli.

Syarat mendaftar beasiswa untuk siswa berprestasi ini harus merupakan warga negara dari ASEAN termasuk Indonesia, berprestasi akademik dan non akademik, serta punya jiwa kepemimpinan. Selain itu, juga harus mendaftar untuk masuk program gelar sarjana penuh waktu di NUS. Penerima ASEAN Undergraduate Scholarship akan mendapatkan beasiswa berupa uang kuliah dan biaya hidup $5.800 per tahun. Informasi beasiswa selengkapnya bisa dilihat di situs resmi NUS.

beasiswa kuliah di singapura
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. Unsplash/Pang Yuhao

Beasiswa kuliah S1 di Singapura selanjutnya datang dari Association of Banks in Singapore (ABS) bernama Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Calon penerima beasiswa harus berasal dari Asia Pasifik termasuk Indonesia. Setiap tahun hanya 3 sampai 4 beasiswa yang akan diberikan kepada kandidat terpilih. Universitas yang dituju harus National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Setelah menyelesaikan kuliah dengan GKS Scholarship, wajib lanjut kerja di Singapura atau perusahaan Singapura di Indonesia selama 3 tahun. Syarat lainnya, calon penerima beasiswa harus sudah mendaftar atau diterima di NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Bisa untuk semua jurusan, kecuali kedokteran. Selain itu, harus memenuhi SAT (Scholastic Assessment Test). Namun, mengingat sedang pandemi Covid-19, aplikasi tanpa SAT juga diterima. Bisa menyerahkan hasil tes lain seperti GCE A-level, IELTS, TOEFL, PTE Academic, ACT, atau C1 Advanced.

Ilustrasi mahasiswa sedang kuliah. Photo by Javier Trueba on Unsplash
Ilustrasi mahasiswa sedang kuliah. Unsplash/Javier Trueba

Manfaat bagi penerima beasiswa adalah mendapatkan biaya kuliah penuh selama maksimum 4 tahun, biaya hidup $6.500 per tahun, dan biaya hostel untuk tempat tinggal. Kemudian uang tiket pesawat dari negara asal ke Singapura dan dari Singapura ke negara asal ketika sudah menyelesaikan tanggung jawab beasiswa. Pada saat pertama tiba di Singapura, penerima beasiswa juga akan diberikan uang saku $200.

Ikuti terus informasi tentang beasiswa kuliah S1 di Singapura melalui situs resmi masing-masing universitas. Setelah kuliah, bisa semakin meningkatkan peluang untuk bekerja di Singapura. Selain itu, #SGB_Family bisa mendapatkan tips dan trik tentang kerja di Singapura di Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×