Tips Kerja Part Time di Singapura, Tambahan Duit buat Anak Kuliah!

  • August 4, 2021
  • Dibaca 175 kali
Ilustrasi kafe di Novena Singapura. Unsplash Isaac Matthew

Kerja part time atau paruh waktu bisa menjadi pilihan buat mahasiswa yang sedang kuliah di Singapura. Pekerja part time tetap terikat peraturan pemerintah maupun perusahaan. Juga bekerja di bawah perjanjian atau kontrak kerja dengan ketentuan tertentu. Bahkan hari libur, cuti, sampai jumlah gaji pun diatur secara jelas oleh pemerintah. Berikut ulasan selengkapnya tentang kerja paruh waktu di Singapura melansir mom.gov.sg. Ketahui juga informasi penting tentang bekerja di Singapura lainnya pada Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

kerja part time di singapura
Ilustrasi web desainer part time. Unsplash/Annie Spratt

Kerja part time di Singapura adalah orang yang bekerja kurang dari 35 jam seminggu. Pekerja paruh waktu di Singapura dilindungi oleh Undang-undang Ketenagakerjaan kecuali bagi pekerja rumah tangga atau pelaut. Sebelum mulai kerja, calon karyawan paruh waktu harus menandatangani kontrak kerja yang berisi:

  • Tarif dasar upah per jam.
  • Tarif gaji kotor per jam (tarif dasar per jam ditambah tunjangan).
  • Jumlah jam kerja per hari atau per minggu.
  • Jumlah hari kerja per minggu atau per bulan.
Ilustrasi tim creative marketing. Photo by Brooke Cagle on Unsplash
Ilustrasi pekerja part time. Unsplash/Brooke Cagle

Upah karyawan paruh waktu ada yang dibayar per minggu maupun per bulan, bahkan ada juga yang per hari. Buat pekerja paruh waktu yang dibayar per bulan, ada hitungan tarif dasar per jam dan harian. Tarif dasar per jam adalah 12 x tarif dasar pembayaran bulanan dibagi 52 x jumlah jam kerja dalam seminggu. Sedangkan tarif dasar harian yaitu 12 x tarif dasar bulanan dibagi 52 x jumlah hari karyawan part time bekerja dalam seminggu.

Ilustrasi Buddha Tooth Relic. Photo by Pixabay Jason Goh
Ilustrasi Buddha Tooth Relic. Photo by Pixabay/Jason Goh

Bagi pekerja paruh waktu yang tercakup dalam Undang-undang Ketenagakerjaan Bagian IV, mereka berhak dapat libur 1 hari per minggu kalau bekerja minimal 5 hari dalam seminggu. Perusahaan menentukan libur bisa hari Minggu atau lainnya. Kalau hari libur selain Minggu, perusahaan harus menyiapkan daftar bulanan dan menginformasikan pekerja akhir bulan sebelumnya. Jika perusahaan meminta part timer untuk kerja saat hari libur, bakal dapat upah lembur.

Selain hari libur mingguan, part timer juga berhak dapat hari libur nasional yang tidak mengurangi pendapatan. Hari libur nasional di Singapura ada 11 seperti Imlek, Waisak, Deepavali, dan Lebaran. Kalau diminta bekerja saat hari libur nasional, harus dibayar berdasarkan jumlah jam bekerja. Upah tersebut termasuk uang transpor jika memang termasuk dalam kontrak kerja.

cuti kerja di singapura
Ilustrasi perempuan hamil. Pexels/Negative Space

Keuntungan lain, pekerja paruh waktu yang dilindungi Undang-Undang Ketenagakerjaan juga mendapat cuti tahunan, cuti sakit, dan cuti rawat inap. Bagi part timer yang berstatus orang tua juga berhak atas cuti hamil dan cuti pengasuhan anak kalau memenuhi syarat. Khusus buat cuti sakit dan cuti tahunan, hanya buat karyawan paruh waktu yang sudah bekerja di perusahaan itu minimal 3 bulan.

Ilustrasi admin assistant. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi pekerja sedang lembur. Unsplash/Austin Distel

Karyawan paruh waktu berhak untuk mendapatkan uang lembur berdasarkan apakah jam kerja mereka melebihi jam kerja normal karyawan penuh waktu yang serupa pekerjaannya. Kalau jam kerja melebihi jam kerja harian tapi kurang dari jam normal karyawan tetap, upah lembur dihitung dengan tarif dasar upah per jam pekerja paruh waktu ini. Sementara kalau jam kerja melebihi jam kerja normal karyawan full time, upah lembur adalah tarif dasar per jam x 1,5.

kerja part time di singapura
Ilustrasi kafe di Novena Singapura. Unsplash/Isaac Matthew

Menurut moneysmart.sg, ada setidaknya 5 pekerjaan part time di Singapura dengan bayaran tertinggi sebagai berikut:

  1. Pemandu wisata: $250 sampai $600 per 4 jam tur
  2. Guru les privat: $40 sampai $60 per jam
  3. Desainer website: $1,000 ke atas per projek
  4. MC: $500 ke atas per event
  5. Personal trainer: $50 sampai $70 per jam

Pekerjaan part time tersedia di berbagai perusahaan besar, kafe, restoran, dan banyak lainnya. #SGB_Family bisa mencari lowongan kerja paruh waktu melalui situs pencari kerja seperti LinkedIn, Glints, JobStreet, dan SG Indeed. Informasi mulai dari posisi sampai gaji akan tertera cukup jelas.

Buat mahasiswa yang lagi kuliah bisa mencoba kerja part time yang bisa menambah bujet biaya hidup di Singapura. Kerja part time di Singapura juga untuk masyarakat umum. Buat #SGB_Family yang penasaran tentang tips dan trik mencari kerja di Singapura lainnya juga bisa didapatkan pada Guidebook Digital: Bagaimana Cara Menemukan Pekerjaan di Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×