Tips Bikin Asuransi Kesehatan buat Pekerja Asing di Singapura, Penting Banget!

  • July 30, 2021
  • Dibaca 162 kali
Haji Lane. Unsplash Bna Ignacio

Bekerja di Singapura adalah cita-cita sejumlah orang Indonesia. Untuk bisa mewujudkannya banyak hal yang harus disiapkan misalnya visa kerja dan tempat tinggal. Namun, ada perencanaan lain yang juga nggak kalah penting yaitu asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sebaiknya dimiliki oleh pekerja asing di Singapura. Banyak sekali manfaat mempunyai asuransi kesehatan. Apa aja? Baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Ilustrasi orang sedang berbaring di kasur rumah sakit. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels
Ilustrasi orang sedang berbaring di kasur rumah sakit. Pexels/Andrea Piacquadio

Warga negara dan penduduk tetap Singapura wajib mempunyai asuransi kesehatan. Begitu pula dengan warga negara asing yang berada di Singapura termasuk untuk tujuan bekerja. Menurut wise.com/, asuransi kesehatan di Singapura dibagi menjadi 7 kategori yaitu asuransi biaya pengobatan, asuransi tunai rumah sakit, asuransi penyakit kritis, asuransi saat sedang tidak bekerja (disability income insurance), dan asuransi perawatan jangka panjang.

Sebaiknya memilih polis asuransi yang menawarkan seluruh kategori di atas. Biaya rumah sakit di Singapura terbilang nggak murah jadi bisa menggunakan asuransi tunai rumah sakit. Sementara itu, skema asuransi yang lain pun dapat diklaim untuk membantu membayar biaya perawatan jangka panjang dan mengganti pendapatan yang hilang.

Ilustrasi pasar di Chinatown. Unsplash Ilham Wicaksono
Ilustrasi pasar di Chinatown. Unsplash/Ilham Wicaksono

Buat pekerja profesional asing yang memiliki Work Permit atau S-Pass, perusahaan tempat bekerja harus membayar asuransi minimal $15.000 per tahun sejak karyawan mulai bekerja. Kalau perusahaan nggak memberikan asuransi, akan terkena denda sampai $5.000 atau dipenjara sampai 6 bulan. Sementara buat pekerja asing dengan Employment Pass nggak diwajibkan oleh undang-undang untuk dilindungi asuransi dari perusahaan mereka. Namun, sebaiknya tetap membeli asuransi kesehatan sendiri.

Di Singapura ada asuransi kesehatan umum dan swasta. Asuransi kesehatan umum bukan untuk pekerja profesional asing di Singapura, jadi harus asuransi kesehatan swasta. Polis asuransi swasta biasanya menawarkan cakupan yang lebih komprehensif untuk kondisi medis dan lokasi geografis. Tentu dengan biaya premi yang lebih tinggi. Beberapa asuransi juga menawarkan fasilitas yang fleksibel misalnya memperpanjang perlindungan untuk penyakit kritis atau pertanggungan tunai rumah sakit.

Ilustrasi pengunjung Jewel Changi Airport. Unsplash Bady Abbas
Ilustrasi pengunjung Jewel Changi Airport. Unsplash/Bady Abbas

Ada juga asuransi kesehatan internasional yang tentunya beda dengan asuransi perjalanan (travel insurance). Mengutip moneysmart.sg, asuransi kesehatan internasional untuk orang yang berencana atau sudah pindah ke luar negeri. Tujuan ke luar negeri baik untuk belajar atau bekerja dalam jangka waktu lama biasanya lebih dari 6 bulan. 

#SGB_Family perlu menemukan rumah sakit yang telah disetujui sebelumnya oleh polis asuransi kesehatan internasional. Karena akan tinggal di luar negeri sebagai orang asing, kemungkinan besar hanya akan memiliki akses ke rumah sakit swasta. Sehingga tagihan medis maupun premi cukup mahal. Walaupun mahal, asuransi kesehatan internasional punya kelebihan daripada asuransi kesehatan lokal. Salah satunya, layanan kesehatan di negara yang tercakup dalam asuransi kesehatan internasional tersebut.

Ilustrasi Peranakan Houses Joo Chiat Singapura. Unsplash Winel Sutanto
Ilustrasi Peranakan Houses Joo Chiat Singapura. Unsplash/Winel Sutanto

Sebaiknya pilih asuransi kesehatan internasional yang mencakup berbagai pengeluaran medis, yaitu:

  • Rawat inap
  • Rawat jalan
  • Darurat perjalanan
  • Perawatan gigi
  • Perawatan mata
  • Kehamilan
  • Vaksin

Haji Lane. Unsplash Bna Ignacio
Haji Lane. Unsplash/Bna Ignacio

Biaya polis asuransi beragam tergantung dari total biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi, jenis asuransi, sampai lokasi cakupan asuransi apakah di Singapura saja atau sampai seluruh dunia. Merek asuransi kesehatan di Singapura cukup banyak misalnya AXA, MSIG, dan Liberty. Biaya per tahun rata-rata $1.000 sampai $2.500 untuk polis yang menanggung biaya pengobatan sampai $1 juta per tahun.

Asuransi kesehatan untuk pekerja di Singapura sangat penting. #SGB_Family bisa mencari tahu polis asuransi yang akan dibeli. Kalau sudah ditanggung oleh perusahaan maka lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×