Cara Sewa Kamar HDB Flat di Singapura, Cocok buat Fresh Graduate!

  • July 28, 2021
  • Dibaca 127 kali
Ilustrasi Peranakan Houses Joo Chiat Singapura. Unsplash Winel Sutanto

Tempat tinggal menjadi kebutuhan utama di mana saja termasuk saat bekerja di Singapura. Salah satu cara paling mudah, aman, dan murah adalah menyewa kamar di HDB flat. Penyewa harus memenuhi seluruh kriteria yang telah ditentukan oleh pemerintah Singapura. Mulai dari kelayakan penyewa sampai batas minimal dan maksimal menyewa kamar di HDB flat. Simak selengkapnya cara sewa kamar HDB flat di Singapura.

Biaya hidup pekerja asing di Singapura
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Unsplash/Tony Shostak

HDB flat adalah sebutan untuk rumah bersubsidi oleh pemerintah Singapura di bawah Housing and Development Boards (HDB). HDB flat dibagi menjadi 8 jenis yaitu studio apartment, flat 2 kamar, flat 3 kamar, flat 4 kamar, flat 5 kamar, flat 3 generasi (3Gen flat), flat eksekutif, dan flat DBSS (Design, Build and Sell Scheme). Selain tempat tinggal, ketahui juga seluk beluk menemukan kerja di Singapura melalui buku panduan dari SGB pada link ini.

cara sewa kamar hdb singapura
Back Alley Art, Arab Street, Kampong Glam. Unsplash Thyla Jane

Selain warga negara dan penduduk tetap Singapura, pekerja asing diperbolehkan untuk menyewa kamar di HDB flat. Syaratnya, mereka harus tinggal secara legal di Singapura. Penyewa harus mempunyai salah satu visa atau izin tinggal dari Employment Pass, S Pass, Work Permit, Student Pass, Dependant Pass, atau Long-Term Social Visit Pass. Masa berlaku visa minimum 6 bulan dari tanggal menyewa kamar di HDB.

Ilustrasi Potato Head, Keong Saik Road, Singapura. Unsplash Kharl Anthony Paica
Ilustrasi Potato Head, Keong Saik Road, Singapura. Unsplash/Kharl Anthony Paica

Batas minimal menyewa kamar di HDB flat adalah 6 bulan. Sementara, batas maksimal 2 tahun untuk warga negara asing non-Malaysia dan non-Singapura. Bagi warga negara Malaysia dan Singapura, batas maksimal menyewa kamar di HDB adalah 3 tahun.

Tidak semua HDB flat dapat menyewakan kamar di dalamnya. Hanya HDB flat yang mempunyai setidaknya 3 kamar bisa menyewakan kamar. HDB flat 1 atau 2 kamar hanya bisa menyewakan keseluruhan HDB. Bagi HDB flat 3 kamar, bisa menyewakan 1 kamar saja. Sementara, HDB flat 4 kamar atau lebih dapat menyewakan 2 kamar.

cara sewa kamar hdb singapura
Mural di Chinatown. Unsplash/Jack Krier

Maksimal 6 orang bisa tinggal di HDB flat 3 kamar atau lebih. Jumlah tersebut termasuk pemilik flat, penghuni resmi, dan penyewa HDB. Untuk sewa kamar, pemilik HDB flat harus tetap tinggal di flat selama masa sewa. Bagi HDB flat yang disewa secara keseluruhan, jumlah maksimal penyewa juga 6 orang. 

Haji Lane. Unsplash Bna Ignacio
Haji Lane. Unsplash/Bna Ignacio

Harga HDB flat tergantung pada berbagai hal seperti lokasi, kemudahan akses transportasi umum, kedekatan dengan pusat bisnis & hiburan, dan status kebaruan lingkungan. Semakin dekat dengan pusat kota atau kawasan kerja, harga sewa rumah lebih mahal. Begitu juga kalau dekat dengan pusat bisnis dan hiburan. Harga kamar di HDB flat mulai dari $700 atau sekitar Rp 7,4 juta (kurs Juli 2021).

Penyewa harus membayar uang sewa pada hari pertama menyewa kamar di HDB flat. Pembayaran uang sewa kamar di HDB flat dilakukan setiap bulan pada tanggal yang sama ketika pembayaran pertama. Sebaiknya penyewa tidak membayar uang untuk periode lebih dari sebulan sekali membayar.

Ilustrasi wisata kuliner di Singapura. Photo by Lily Banse on Unsplash
Ilustrasi wisata kuliner di Singapura. Unsplash/Lily Banse

Pada bulan pertama sewa, harus membayar juga uang deposit. Jumlahnya sama dengan uang sewa sebulan untuk kontrak sewa 1 tahun, sejumlah 2 bulan sewa untuk kontrak 2 tahun. Deposit dibayarkan bersamaan dengan uang sewa bulan pertama. 

Sebagai bukti pembayaran, penyewa harus membayar sewa dan deposit sewa dengan cek. Penyewa juga harus segera pindah ke flat setelah mendapatkan kunci.

cara sewa kamar hdb singapura
Ilustrasi Peranakan Houses Joo Chiat Singapura. Unsplash/Winel Sutanto

Penyewa disarankan untuk datang langsung ke HDB flat untuk memastikan bahwa orang yang berurusan dengan penyewa adalah pemilik sah HDB flat. Minta pemilik untuk menunjukkan bukti dokumenter kepemilikan flat dan bukti persetujuan dari Housing and Development Board Singapore untuk menyewakan flat atau kamar kepada orang lain.

Setelah melakukan perjanjian, pemilik HDB flat akan mendaftarkan penyewa dalam sistem Housing and Development Board Singapore. Hanya penyewa terdaftar (authorised tenants) dalam sistem tersebut yang bisa tinggal di HDB flat. Penyewa bisa mengetahui status mereka melalui e-service.

Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Zac Ong on Unsplash
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Unsplash/Zac Ong

Penyewa dan pemilik HDB flat biasanya menandatangani Letter of Intent (LOI), berisi pernyataan bahwa penyewa serius hendak sewa tempat tinggal. Selanjutnya, kedua belah pihak menandatangani Tenancy Agreement atau perjanjian sewa. Tuliskan secara jelas semua klausa atau perjanjian dalam kontrak.

Salah satu klausa adalah Diplomatic Clause and Reimbursement Clause. Khusus bagi pekerja asing agar bisa berhenti menyewa lebih awal dari waktu perjanjian karena kondisi tertentu misalnya kehilangan pekerjaan di Singapura. Sehingga pembayaran uang ganti rugi dapat menyesuaikan.

#SGB_Family dapat menyimpan cara sewa kamar di HDB flat di Singapura ini buat nanti. Terutama buat #SGB_Family yang setelah lulus kuliah mau langsung bekerja di Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×