Cara Beli Kartu Prabayar di Singapura, Bebas Internetan dan Telpon!

  • July 26, 2021
  • Dibaca 93 kali
Ilustrasi bangunan bersejarah di Singapura City Hall. Photo by Lily Banse on Unsplash

Kebutuhan ketika sedang berada di luar negeri bukan hanya tempat menginap dan makanan, juga layanan internet dan telepon. Di Singapura, tersedia koneksi wifi gratis di berbagai tempat umum. #SGB_Family tinggal menghubungi atau mendatangi kontak informasi di tempat tersebut untuk meminta akses wifi. Selain wifi umum, bisa juga menyewa wifi portabel. Kalau juga membutuhkan layanan telepon, bisa juga membeli kartu prabayar di Singapura.

Ilustrasi SIM Card dan HP. Photo by Unsplash Brett Jordan
Ilustrasi SIM Card dan HP. Photo by Unsplash Brett Jordan

Menurut blog.moneysmart.sg, kartu prabayar cocok bagi turis asing yang tinggal dalam waktu singkat maupun lama. Walaupun sekarang terdapat aplikasi instant messaging yang memungkinkan untuk telepon, bisa juga menggunakan kartu prabayar kalau membutuhkan telepon dengan nomor biasa. Kartu prabayar yang tersedia di Singapura sejauh ini ada 3 yang utama yaitu Singtel, M1, dan Starhub.

Ketiga kartu prabayar lokal di Singapura tersebut juga menyediakan layanan atau paket. Ada paket telepon, SMS, internet, dan tersedia juga telepon internasional. Masa aktif kartu ada yang berlaku seminggu aja, sampai ada yang 180 hari. Buat yang berwisata di Singapura beberapa hari aja, bisa memilih kartu prabayar yang valid seminggu.

Ilustrasi MRT di Singapura. Photo by Euan Cameron on Unsplash
Ilustrasi MRT di Singapura. Photo by Euan Cameron on Unsplash

Harga kartu prabayar tergantung pada jenis layanan yang tersedia. Misalnya untuk SIM Card paket data sekitar 100 GB, harganya mulai dari $12 atau Rp 130.000-an. Singtel, M1, dan Starhub menyediakan paket 100 GB yang cocok buat turis asing yang tinggal di Singapura 7 sampai 12 hari. Selain data internet, ada juga bonus roaming data, telepon dan SMS lokal, serta telepon internasional. 

Ada juga kartu prabayar yang valid 90 hari dengan paket internet 500 MB untuk 20 hari, harganya $5 atau Rp 55.000-an. Provider di Singapura juga menyediakan paket SIM Card yang udah termasuk EZ-link card. Cocok buat turis asing yang bakal berkeliling Singapura naik transporasi umum misalnya MRT.

Ilustrasi bangunan bersejarah di Singapura City Hall. Photo by Lily Banse on Unsplash
Ilustrasi bangunan bersejarah di Singapura City Hall. Photo by Lily Banse on Unsplash

Kalau keperluan di Singapura bukan hanya untuk liburan tapi juga sekalian kerja dan butuh menghubungi nomor lokal, bisa menggunakan kartu prabayar yang memberikan paket telepon lokal cukup banyak. Harga kartu prabayar yang valid sampai 180 hari mulai dari $18 atau Rp 190.000-an. Biaya telepon ke nomor lokal beragam mulai dari 20 sen pada menit awal, lanjut 8 sen per menit berikutnya. Sementara biaya SMS lokal sekitar 5 sen dan SMS internasional 15 sen.

Ilustrasi HP dan komponennya. Photo by Unsplash Brett Jordan
Ilustrasi HP dan komponennya. Photo by Unsplash Brett Jordan

Nggak semua tipe HP bisa dipakai untuk mengakses kartu prabayar di Singapura. Telepon di Singapura jenisnya GSM 900 dan GSM 1800. Buat HP yang berasal dari sebagian besar negara di Asia dan Eropa biasanya bisa mengakses kartu prabayar di Singapura karena biasanya sama-sama GSM. Namun, ada baiknya untuk mengecek dulu dari provider atau buku panduan manual HP. 

Umumnya tipe HP dari Amerika Serikat, Kanada, dan negara belahan barat yang agak susah berfungsi karena rata-rata menggunakan CDMA. Jika tipe HP nggak mendukung mengakses kartu prabayar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti membeli HP yang bisa akses GSM dan CDMA sekaligus atau membeli HP lokal di Singapura.

Ilustrasi gedung kantor MICA Singapura. Photo by Siti rahmanah Mat Daud on Unsplash
Ilustrasi gedung kantor MICA Singapura. Photo by Siti rahmanah Mat Daud on Unsplash

Cara membeli kartu prabayar di Singapura sangat gampang. Bahkan bisa ditemukan di pom bensin, toko, kantor pos, dan tentu aja toko HP. Ketika membeli kartu prabayar juga nggak ribet. Tinggal pilih SIM Card yang diinginkan, menunjukkan paspor, dan memilih nomor HP. Setelah itu, registrasi dengan informasi yang tertera di paspor. Kalau butuh top-up, bisa melalui aplikasi masing-masing provider, ATM, atau beli di toko.

Cara membeli kartu prabayar di Singapura gampang kan? SIM Card ini cocok buat turis asing yang berwisata atau bekerja dalam waktu nggak terlalu lama di Singapura. Bisa juga pakai wifi portabel kalau hanya membutuhkan koneksi internet tanpa harus menelepon nomor lokal. #SGB_Family biasanya lebih butuh SIM Card atau wifi aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×