Cara Naik Cable Car ke Pulau Sentosa 2021, Sekalian ke Universal Studios Singapore!

  • July 23, 2021
  • Dibaca 22 kali
Ilustrasi cable car Pulau Sentosa. Photo by Pixabay Cedric Yong

Transportasi umum di Singapura ada yang unik, loh. Cable car atau kereta gantung! #SGB_Family bisa merasakan serunya meluncur setinggi 100 meter di atas permukaan laut. Jalur cable car menghubungkan Mount Faber, HarbourFront, dan Pulau Sentosa. Jalur kereta gantung ada 2 yaitu Mount Faber Line dan Sentosa Line. Apa beda keduanya? Bagaimana cara naik cable car ke Pulau Sentosa? Simak ulasan yang melansir onefabergroup.com berikut!

Ilustrasi monorail Pulau Sentosa. Photo by Pixabay Alexander-Design
Ilustrasi monorail Pulau Sentosa. Photo by Pixabay Alexander-Design

Pulau Sentosa menjadi salah satu tujuan wisata wajib di Singapura. Berhubung terpisah dari pulau utama, #SGB_Family harus naik transportasi khusus yaitu Monorail Sentosa Express dan cable car. Stasiun MRT paling dekat dengan Pulau Sentosa adalah HarbourFront. #SGB_Family harus arahkan tujuan menuju ke VivoCity untuk dapat sampai ke HarbourFront. Barulah dari stasiun ini, naik monorail atau cable car menuju Pulau Sentosa. 

Sementara, untuk menjelajahi Pulau Sentosa tersedia transportasi seperti shuttle tram dan beach shuttle, dan kereta gantung jalur Sentosa Line. Shuttle tram ini berupa bus dengan 3 jalur bertanda Bus A, Bus B, dan Bus C. Sementara, beach shuttle adalah kendaraan gandeng terbuka khusus untuk menjelajahi pantai-pantai di Pulau Sentosa.

Ilustrasi cable car Pulau Sentosa. Photo by Pixabay Cedric Yong
Ilustrasi cable car Pulau Sentosa. Photo by Pixabay Cedric Yong

Berlanjut ke cable car yang menghubungkan pulau utama dengan Pulau Sentosa. Jalur pertama adalah Mount Faber Line. Perjalanan dimulai dari Mount Faber menuju stasiun HarbourFront, kemudian lanjut ke stasiun Sentosa. Kalau membeli tiket cable car pulang pergi jalur Mount Faber, #SGB_Family dapat turun di salah satu dari 3 stasiun tersebut.

Jarak dari Mount Faber menuju ke HarbourFront sekitar 700 meter, memakan waktu 6 menit. Dari HarbourFront ke Sentosa 950 meter, dengan durasi perjalanan 7 menit. Sementara, kalau dari Mount Faber langsung ke Sentosa memakan waktu lebih kurang 13 menit. Total perjalanan pulang pergi naik cable car dari Mount Faber ke Sentosa 26-30 menit.

Ilustrasi Universal Studios Singapore. Photo by Unsplash Asso Myron
Ilustrasi Universal Studios Singapore. Photo by Unsplash Asso Myron

Jalur cable car kedua adalah Sentosa Line yang keliling di dalam Pulau Sentosa aja. Stasiun pemberhentian ada 3 yaitu Merlion, Imbiah Lookout, dan Siloso Point. Durasi perjalanan pulang pergi naik cable car Sentosa Line sekitar 12-15 menit. Tergantung pada kecepatan cable car dan cuaca. 

#SGB_Family bisa menikmati keindahan Pulau Sentosa ketika naik kereta gantung di stasiun Imbiah Lookout. Perjalanan akan menuju ke stasiun Siloso Point. Turun di stasiun ini dan nikmati kemegahan sejarah Fort Siloso. Baru lanjutkan naik kereta gantung untuk kembali ke stasiun Merlion.

Ilustrasi S.E.A. Aquarium di Pulau Sentosa. Photo by Unsplash Wina Tristiana
Ilustrasi S.E.A. Aquarium di Pulau Sentosa. Photo by Unsplash Wina Tristiana

Singapore Cable Car nggak menyediakan tiket sekali jalan, hanya ada tiket pulang pergi (round trip). Ada 3 jenis tiket untuk naik cable car yaitu Singapore Cable Car Sky Pass, Online Exclusive (perjalanan tak terbatas), dan Local Special Rate (tiket pulang pergi). Selengkapnya seperti berikut:

Singapore Cable Car Sky Pass

Kalau pengin bebas naik jalur Mount Faber dan Sentosa, bisa membeli Singapore Cable Car Sky Pass. Tiket perjalanan pulang pergi seharga $10 untuk anak-anak dan $25 untuk dewasa. Tersedia juga unlimited rides atau perjalanan tak terbatas dalam satu hari dengan harga lebih murah. $22,5 untuk anak-anak dan $31,50 untuk dewasa.

Mount Faber Line

Tiket cable car untuk jalur Mount Faber maupun Sentosa sedang banyak diskon. Tiket pulang pergi anak-anak menjadi $15,4 dan dewasa $23,1. Tiket unlimited rides $19,8 buat anak-anak dan dewasa seharga $29,7.

Sentosa Line

Tiket satu kali perjalanan pulang pergi untuk anak-anak $2, dewasa $3. Harga tiket unlimited rides bagi anak-anak sebesar $9, dewasa seharga $13,5.

Ilustrasi Palawan Beach di Pulau Sentosa, Singapura. Photo by Unsplash Joshua Tsu
Ilustrasi Palawan Beach di Pulau Sentosa, Singapura. Photo by Unsplash Joshua Tsu

Selama naik cable car, #SGB_Family harus mengikuti aturan yang berlaku. Di antaranya adalah nggak merokok, sebaiknya nggak makan, dan mematuhi protokol kesehatan. Pengguna kereta dorong bayi atau stroller dan kursi roda bisa naik ke kabin. Satu kabin cable car Mount Faber line diisi maksimal 8 penumpang, sedangkan Sentosa line maksimal 6 orang. #SGB_Family juga bisa naik kereta gantung ke Sentosa dan Sentosa Express Train untuk kembali ke VivoCity tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Selain menjelajahi Pulau Sentosa dari ketinggian menggunakan cable car, sekalian mampir ke tempat wisatanya. Atraksi wisata di Pulau Sentosa banyak banget dan variatif, nggak bakal bikin bosan. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Universal Studios Singapore (USS), Madame Tussauds Singapore, Fort Siloso, Palawan Beach, Mega Adventure Park, HeadRock VR, dan S.E.A. Aquarium.

Singapore Cable Car
Sentosa Line: Dewasa $3, Anak-anak $2 | Mount Faber Line: Dewasa $23.10, Anak-anak $15.40
Mount Faber Station 109 Mount Faber Rd, Mount Faber Peak, Singapore 099203
8:45AM–6PM (Last boarding 5:30PM)
Mount Faber
http://www.onefabergroup.com

Setelah Singapura membuka wisata internasional untuk turis Indonesia, #SGB_Family bisa naik cable car ke Pulau Sentosa. Sekalian menjelajahi atraksi wisata di Pulau Sentosa yang super seru! Buat saat ini, simpan dulu panduan di atas, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×