Bantuan Tabung Oksigen dari Singapura untuk Indonesia, Bersama Perangi Covid-19

  • July 21, 2021
  • Dibaca 20 kali
bantuan tabung oksigen

Indonesia sedang mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 selama beberapa bulan belakangan. Sampai banyak rumah sakit yang over kapasitas. Tabung oksigen juga mulai langka dan harganya melejit. Singapura adalah salah satu negara yang membantu kirim tabung oksigen untuk Indonesia. Bantuan tabung oksigen dan sejumlah peralatan medis lain dari Singapura sudah dilakukan sejak awal Juli 2021. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

bantuan tabung oksigen
Ilustrasi tabung oksigen. Photo by Unsplash Samuel Ramos

Menurut straitstimes.com, bantuan tabung oksigen dari Singapura untuk Indonesia telah berjalan sejak pertengahan Juli 2021. Pelaku bisnis di Singapura dan Indonesia bergabung untuk membantu memerangi Covid-19 di Indonesia yang sedang melaju tinggi. Tabung oksigen dikirim secara berkala ke Indonesia.

Selain tabung oksigen, ada produk oksigen lain yang juga dikirim ke Indonesia seperti oksigen cair dan  oxygen concentrator. Bantuan oksigen tersebut sebanyak 6 tank yang pengirimannya dilakukan oleh The Singapore Chamber of Commerce (SingCham) Indonesia. Selain itu, ada juga Temasek Foundation dan 15 perusahaan dari Singapura dan Indonesia yang mendonasikan lebih dari 11.000 oxygen concentrator untuk dikirim ke Indonesia.

Ilustrasi suasana jalanan di Jakarta. Photo by Unsplash Afif Kusuma
Ilustrasi suasana jalanan di Jakarta. Photo by Unsplash Afif Kusuma

Oxygen concentrator adalah alat bantu pernapasan non-invasif tingkat medis. Nantinya akan dikerahkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia ke rumah sakit untuk merawat pasien dengan kondisi pernapasan. Salah satu perusahaan yang ikut mendonasikan oxygen concentrator bersama Temasek Foundation adalah DBS Bank. Dikatakan bahwa mereka menyumbang sebanyak 1.000 oxygen concentrator.

Ilustrasi oksimeter untuk ukur kadar oksigen. Photo by Unsplash Tetiana Shyshkina
Ilustrasi oksimeter untuk ukur kadar oksigen. Photo by Unsplash Tetiana Shyshkina

Donasi dan pengiriman tabung oksigen, oksigen cair, dan oxygen concentrator berjalan cukup lancar berkat kerja sama pelaku bisnis di Indonesia, pelaku bisnis di Singapura, dan komunitas bisnis Indonesia di Singapura. Seperti dua pemilik kapal Indonesia yang menawarkan slot kontainer gratis. Ada juga sebuah perusahaan logistik Indonesia yang secara sukarela mengatur pengumpulan pasokan produk oksigen di Singapura. Sekaligus pengiriman ke pihak berwenang Indonesia ketika tiba di Jakarta.

bantuan tabung oksigen
Ilustrasi tabung oksigen di rumah sakit. Photo by Pixabay Michael Schwarzenberger

Sementara itu, perusahaan yang tergabung dalam donasi bersama Temasek Foundation adalah Bakti Barito Foundation, Cikarang Listrindo, Dharma Satya Nusantara, East Ventures, Indies Capital Partners, Kino Indonesia, Sinar Mas, Tanoto Foundation, TBS Energi Utama, Triputra Group, UID Foundation, Wahana Artha, CapitaLand Hope Foundation, DBS Bank, dan Singtel. KBRI Singapura juga secara aktif membantu memfasilitasi donasi yang dilakukan SingCham dan Temasek Foundation.

Ilustrasi penampakan Gunung Bromo. Photo by Unsplash Iswanto Arif
Ilustrasi penampakan Gunung Bromo. Photo by Unsplash Iswanto Arif

Selain tabung oksigen dan produk oksigen lain yang mulai dikirim pertengahan Juli 2021, Singapura rupanya juga telah memberikan bantuan berupa peralatan dan suplai medis untuk Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sejak awal Juli 2021, saat tingkat kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin menanjak. 

Masih dari straitstimes.com, bantuan peralatan medis berupa tabung oksigen, ventilator, masker, sarung tangan, dan baju APD. Pengiriman dilakukan di bawah The Republic of Singapore Air Force menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Sebanyak dua pesawat mengangkut bantuan peralatan dan suplai medis untuk Indonesia tersebut.

Sampai saat ini tren kasus positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Berdasarkan cnnindonesia.com, hingga 20 Juli 2021 jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 2.950.058 orang sejak kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Selain bantuan tabung oksigen dari Singapura, Indonesia juga mendapatkan kiriman dari negara lain. Di antaranya adalah Jepang dan Korea Selatan. Tabung oksigen yang jumlahnya ribuan tersebut sudah tiba di Indonesia. Semoga kasus positif Covid-19 di Indonesia segera menurun. Selalu jaga kesehatan dan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×