4 Bangunan Hotel Tertua di Singapura, Ada yang Usianya 190 Tahun!

  • June 21, 2021
  • Dibaca 26 kali
hotel tertua di singapura

Hotel di Singapura bukan cuma beragam melainkan juga penuh dengan sejarah. Ada banyak hotel dengan bangunan yang udah tua. Bahkan salah satunya berdiri sejak 1830, adi tahun ini berusia sekitar 191 tahun. Walaupun mungkin berubah bentuk karena renovasi, ada bagian bangunan hotel tertua di Singapura yang masih dipertahankan. Sampai sekarang, hotel-hotel itu bisa #SGB_Family tempati untuk staycation. Di mana aja? Simak ulasan di bawah ini.

hotel tertua di singapura
Raffles Hotel Singapore. Photo by Instagram @blushblushtomato

Siapa nggak tahu dengan Raffles Hotel? Salah satu bangunan hotel tertua di Singapura yang berdiri sejak 1830. Namun, baru jadi hotel pada 1887 sampai sekarang. Raffles Hotel didirikan oleh Sarkies Brothers, pengusaha properti yang dikenal punya hotel di beberapa negara di Asia bahkan termasuk Indonesia. 

Dulunya, hotel ini cuma punya 10 kamar tapi desainnya eksklusif. Setelah melewati berbagai peristiwa sejarah termasuk invasi Jepang, Raffles Hotel direnovasi pada 2017. Kemudian, buka kembali pada 2018 dengan tampilan lebih elegan dan modern tapi tetap mempertahankan unsur tradisional.

Terdapat 9 jenis Suites di Raffles Hotel di antaranya adalah Studio Suites, State Room Suites, Courtyard Suites, Residence Suites, dan Presidential Suites. Rate per malam di hotel bintang 5 ini mulai dari Rp 11 juta per malam.

Raffles Hotel
Mulai dari Rp 11 juta
1 Beach Rd, Singapore 189673
Esplanade, City Hall
https://www.raffles.com/singapore

The Scarlet Singapore. Photo by Instagram @aceandy13
The Scarlet Singapore. Photo by Instagram @aceandy13

Banyak banguan berbentuk rumah toko atau ruko di Singapura, seperti di Chinatown. #SGB_Family bakal menemukan The Scarlet Singapore, salah satu bangunan hotel tertua di Singapura yang udah ada sejak 1868. Awalnya, ruko itu jadi tempat tinggal imigram perempuan dari China yang disebut Samsui Women. Bangunan hotel The Scarlet melalui kejadian penting di Singapura seperti Perang Dunia II.

Sekarang, The Scarlet Singapore jadi hotel yang menempati 13 ruko lawas tahun 1868 dan bangunan bergaya Art Deco yang dibangun pada 1924. Walaupun berada di bangunan lawas tapi hotel ini udah direnovasi dan nyaman untuk ditempati. Suasana di sini perpaduan modern dan vintage

Kalau tertarik menginap di The Scarlet, sediakan bujet mulai dari Rp 800.000 per malam. Hotel ini menyediakan jenis kamar standar dan Suites. Seperti Deluxe Room, Executive Room with Balcony, dan Passion with Outdoor Jacuzzi untuk Suites.

The Scarlet Singapore
Mulai dari Rp 800 ribu
33 Erskine Rd, Singapore 069333
Chinatown, Tanjong Pagar
https://thescarletsingapore.com

Goodwood Park Hotel. Photo by Instagram @lianjunvera
Goodwood Park Hotel. Photo by Instagram @lianjunvera

Bangunan Goodwood Park Hotel telah dibangun sejak 1900 dan termasuk sebagai hotel heritage di Singapura. #SGB_Family seperti dapat merasakan kembali era kolonial saat berada di hotel ini. Bahkan di sini ada Grand Tower yang jadi monumen nasional pada 1989. Menariknya, lokasi hotel ini di tengah area bisnis di Singapura, nggak jauh dari Orchard Road. 

Hotel bintang 5 ini menyediakan 233 kamar dengan tipe Deluxe, Suites, dan Parklane. Di antaranya adalah Deluxe Mayfair Room, Heritage Room, Poolside Suite, dan Parklane Split Level Suite. Tipe yang terakhir adalah kamar paling luas di Goodwood Park Hotel sekitar 74 meter persegi. Rate per kamar di hotel dengan sertifikat SG Clean ini mulai dari Rp 3 juta per malam.

Goodwood Park Hotel
Mulai dari Rp 3 juta
22 Scotts Rd, Singapore 228221
Orchard, Somerset
https://www.goodwoodparkhotel.com

hotel tertua di singapura
Hotel Fort Canning Singapore. Photo by Instagram @hotelfortcanning

Hotel Fort Canning pada 1926 adalah markas militer tentara Inggris, namanya Administration Building of the British Far East Command HQ. Sejak dibangun, bangunan ini berpindah tangan beberapa kali. Pada 1942-1945 jadi markas militer Jepang. Setelah itu direbut lagi oleh militer Inggris dan menjadi kantor British Military Administration. 

Setelah Singapura merdeka, bangunan itu diambil alih oleh Singapore Forces dijadikan kantor Singapore Command & Staff College (SCSC) pada 1970. Baru pada 2011 bangunan ini berubah jadi Hotel Fort Canning setelah sebelumnya direstorasi.

Hotel Fort Canning berlokasi di Fort Canning Park, taman dengan luas sampai 18 hektar. Kalau staycation di sini, #SGB_Family bisa memilih 6 tipe kamar. Seperti Deluxe Garden Room, Premium Luxe Room, Studio Suite, dan Majapahit and Governor’s Suite. Siapkan bujet mulai dari Rp 3 juta per malam untuk menginap di sini.

Hotel Fort Canning 
Mulai dari Rp 3 juta
11 Canning Walk, Singapore 178881
Fort Canning
http://www.hfcsingapore.com/location.html

Bangunan hotel tertua di Singapura udah direstorasi dan direnovasi, tapi tetap memertahankan unsur heritage. #SGB_Family bukan cuma menginap di sini, sekalian juga mengetahui sejarahnya. Rencana staycation di hotel yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×