5 Wisata Instagenic Singapura di Jalur MRT East-West, Apa Saja?

  • June 16, 2021
  • Dibaca 222 kali
Buddha Tooth Relic Temple & Museum. Photo by Instagram @lgxgxl

MRT menjangkau hampir setiap sudut Singapura. #SGB_Family bisa keliling wisata instagenic di jalur MRT East-West (EWL) Singapura. MRT pada jalur EWL berangkat dari stasiun MRT Pasir Ris di wilayah timur Singapura dan berakhir di stasiun MRT Tuas Link di area barat. Sepanjang jalur tersebut, bisa turun di sejumlah stasiun MRT dan mampir ke Bugis, Tanjong Pagar, sampai Jurong East. Yuk, simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

wisata instagenic singapura
Peranakan Houses di Joo Chiat Katong. Photo by Instagram @blushblushtomato

Siapa yang nggak tahu Peranakan Houses? Kalau naik MRT jalur East-West, bisa turun di Eunos. Lanjutkan jalan ke Peranakan Houses sekitar 15-20 menit, udah sampai deh di tempat wisata super instagenic di Singapura ini. Deretan rumah di sepanjang Joo Chiat Road 287 ini selalu berhasil bikin wisatawan yang lewat terpukau. Gimana nggak? Rumah-rumah tersebut dicat warna-warni mulai dari atap, tembok, sampai pagar. 

Dari depan, Peranakan Houses udah keliatan instagenic. Banyak yang sengaja datang ke sini buat foto OOTD, menyiapkan baju yang sesuai dengan latar belakang super colourful. Dulunya, rumah ini ditempati pedagang dan pengusaha migran dari China yang terbilang kaya. Fasad rumah warna-warni itu menunjukkan bahwa mereka adalah orang berada.

Peranakan Houses
Singapore, 287 Joo Chiat Rd, Singapore 427540
Eunos

wisata instagenic singapura
Salah satu bangunan indah di Haji Lane, Singapura. Photo by Instagram @manonlucci

Selanjutnya, jalur East-West juga melewati stasiun MRT Bugis. #SGB_Family bisa turun di stasiun Bugis untuk menjelajahi Haji Lane. Termasuk tempat wisata instagenic dan terkenal di Singapura, bikin Haji Lane ramai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bukan cuma jalan-jalan, sepanjang jalan ini ada kafe dan restoran jadi bisa sekalian makan atau nongkrong. Menariknya, tembok bangunan di Haji Lane dijadikan sebagai media melukis alias banyak mural keren di sini.

Sekarang jadi spot wisata tapi pada tahun 1960-1970an, rumah toko di Haji Lane adalah asrama haji dan rumah tinggal untuk keluarga yang kurang mampu. Maka dari itu nama area ini jadi Haji Lane. Barulah mulai sekitar 2001, restoran dan kafe bermunculan di Haji Lane. Kebanyakan kala itu, restoran bernuansa Timur Tengah.

Haji Lane
Haji Lane, Kampong Glam
Bugis

Buddha Tooth Relic Temple & Museum. Photo by Instagram @lgxgxl
Buddha Tooth Relic Temple & Museum. Photo by Instagram @lgxgxl

Mau ke Chinatown naik MRT jalur East-West juga bisa. Turun aja di stasiun MRT Tanjong Pagar, kemudian jalan sekitar 10 menit menuju Chinatown. Banyak banget atraksi menarik di Chinatown termasuk tempat ibadah. Beberapa di antaranya adalah Buddha Tooth Relic Temple & Museum, Sri Mariamman Temple, dan Thian Hock Keng Temple.

Selain tempat wisata, tentunya banyak spot kuliner yang nggak boleh dilewatkan. Kunjungi Tong Ah Eating House buat sarapan, makan siang di A Noodle Story, dan ngeteh sore di Pek Sin Choon. Mampir juga ke hawker centre yang harga makanannya murah misalnya Maxwell Food Centre, Chinatown Complex Food Centre, Amoy Street Food Centre, dan Hong Lim Market and Food Centre.

Chinatown
Chinatown
Tanjong Pagar

Enabling Village. Photo by Instagram @rog3rgoh
Enabling Village. Photo by Instagram @rog3rgoh

Enabling Village bisa ditempuh jalan kaki dari stasiun MRT Redhill. Tepatnya di Lengkok Bahru, begitu masuk ke area ini #SGB_Family bakal disambut bangunan penuh mural instagenic dan indah. Mampir aja ke galeri seni, ruang ritel, dan kafe. Menariknya, spot di Enabling Village ini ramah pengguna kursi roda. Kalau ke sini, cukup bayar biaya parkir. Tiket parkirnya bisa diunggah melalui situs resmi Enabling Village.

Enabling Village adalah ruang komunitas inklusif yang punya beberapa bisnis sosial dan layanan masyarakat. Enabling Village berfokus khusus pada pelatihan dan pekerjaan penyandang disabilitas. Di sini ada panti jompo dan tempat untuk melatih penyandang autisme.

Enabling Village
20 Lengkok Bahru, Singapore 159053
abc
Redhill
https://enablingvillage.sg

Science Centre Singapore. Photo by Instagram @caterina.lualdi.picasso
Science Centre Singapore. Photo by Instagram @caterina.lualdi.picasso

Mempelajari ilmu pengetahuan dengan cara menyenangkan, itulah gambaran Science Centre Singapore. Tempat wisata ramah anak ini punya banyak pameran tetap yang membuat pengunjung lebih mengerti tentang aneka fenomena yang terjadi di dunia. Pilih pameran yang sesuai dengan ketertarikan misalnya 3D: Printing the Future, Earth Alive, Future Makers, Laser Maze Challenge, dan Scientist for a Day. 

Perlu diketahui bahwa mulai 18 Juni 2021 akan ada penyesuaian terkait jam operasional dan aturan kunjungan terkait Singapura yang memasuki fase 3. Jam buka Science Centre Singapore dibagi menjadi 2 sesi, pukul 10.00 AM-1PM dan 2PM-5PM.

Science Centre Singapore
$16 (dewasa), $12 (anak-anak)
Science Centre Singapore 15 Science Centre Rd, Singapore 609081
Sesi 1: 10.00AM - 1.00PM | Sesi 2: 2.00- 5.00PM
Jurong East
science.edu.sg

Udah siap untuk keliling wisata instagenic di Singapura dengan naik MRT jalur East-West? Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya. #SGB_Family berencana berkunjung ke mana aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×