Agen Perekrutan Kerja di Singapura, Perlukah Menggunakan Jasanya?

  • May 2, 2021
  • Dibaca 75 kali

Singapura adalah salah satu negara yang menjadi tujuan terbaik untuk mencari pekerjaan. Banyak perusahaan oke, dan gaji di Singapura menarik. #SGB_Family bingung memulai dari mana? Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan bantuan dari agen perekrutan kerja di Singapura. Apa keuntungannya? Cek artikel di bawah ini.

Alasan menggunakan agen perekrutan saat cari kerja di Singapura (unsplash)

Agen perekrutan kerja di Singapura bisa memudahkan, baik yang baru mencari pekerjaan atau yang ingin pindah ke perusahaan baru. Kalau #SGB_Family masih ragu menggunakan agen, ada sejumlah keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Agen perekrutan mempunyai jangkauan yang lebih luas. 
  • Bisa menghemat waktu, karena hanya butuh satu kali mengirimkan berkas lamaran. 
  • Konsultan dari agen perekrutan bisa membantu mencarikan pekerjaan yang relate dengan kemampuan dan memberikan petunjuk mengenai gaji. 
  • Konsultan agen perekrutan juga bisa memberikan tips seputar melamar pekerjaan. Seperti cara lolos wawancara, tipe perusahaan yang cocok untuk fresh graduate, dan masih banyak lagi. 
  • Pekerjaan dengan sistem kontrak yang ditawarkan agen perekrutan bisa membantu #SGB_Family untuk mengasah kemampuan. Menariknya, kalau kinerjanya memuaskan, bisa ditarik menjadi pegawai tetap. 
  • Agen perekrutan bisa menghubungkan para pelamar ke perusahaan yang belum diketahui banyak orang, sehingga peluang diterima lebih besar. 
  • Konsultan perekrutan bisa memberikan saran mengenai pengisian curriculum vitae dan surat lamaran.
  • Menggunakan agen perekrutan bisa mengurangi nomor #SGB_Family dihubungi berulang kali. 
  • Agen perekrutan sangat menjaga informasi pribadi para pelamar. 

Pilihan Agen perekrutan di Singapura (Unsplash)

Ada banyak pilihan agen perekrutan di Singapura. #SGB_Family bisa memilih sesuai dengan industri pekerjaan. Beberapa di antaranya adalah:

Kelly Services 

Kelly Services sudah terkenal di kalangan pencari kerja. Agen perekrutan satu ini sangat membantu para pencari kerja mulai dari awal sampai diterima di perusahaan. Bahkan, agensi satu ini juga melayani berbagai bidang industri, seperti kesehatan, penjualan, TI, perbankan, dan teknik. 

KELLY SERVICES
8 Marina View, #11-01 Asia Square Tower 1, Singapore 018960
www.kellyservices.com

Adecco 

Adecco juga mempunyai reputasi baik untuk menghubungkan pelamar kerja dengan berbagai perusahaan di Singapura. Agensi ini melayani sejumlah bidang, antara lain akuntansi, SDM, perbankan, logistik, penjualan, dan manufaktur. 

ADECCO
1 Scotts Rd, #18-08 Shaw Centre, Singapore 228208
www.adecco.com.sg

The GMP Group 

The GMP Group sudah banyak dikenal oleh pencari pekerjaan dan juga perusahaan besar di Singapura. Menariknya, agen perekrutan Singapura satu ini melayani beberapa perusahaan, terutama di sektor kimia/gas, TI, manufaktur, dan perbankan. 

THE GMP GROUP
1 Finlayson Green, #10-00 One Finlayson Green, Singapore 049246
www.adecco.com.sg

Randstad 

Randstad sudah mempunyai banyak cabang di dunia. Untuk di Singapura sendiri, sudah banyak menerima ulasan bagus dari para pengguna. Agen perekrutan satu ini melayani beberapa sektor, di antaranya sains, TI, hukum, akuntansi, konstruksi, dan perbankan. 

RANDSTAD
50 Raffles Place, #17-02/05 Singapore Land Tower, Singapore 048623
www.adecco.com.sg

Manpower 

Manpower merupakan agensi perekrutan yang sudah mempunyai lebih dari 80 cabang di dunia. Agensi ini melayani sektor TI untuk bidang utamanya. Namun, Manpower juga melayani bidang lain, seperti minyak/gas, real estate, kesehatan, dan perbankan. 

MANPOWER
1 Wallich St, #09-02 Guoco Tower, Singapore 078881
www.adecco.com.sg

Biaya dan pembayaran agensi (Unsplash)

Salah satu keuntungan mencari sendiri perkerjaan di Singapura dan mengurusnya segalanya secara mandiri adalah nggak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Lalu bagaimana kalau menggunakan agen? Ada tiga cara bagaimana agen perekrutan mendapatkan uang. Berikut adalah caranya.  

  • Biaya pekerja kontrak, yaitu pembayaran dari penempatan pekerja kontrak yang cukup bervariasi dari perusahaan. Biaya tergantung dari sektor yang diampu dan juga lokasi perusahaan. 
  • Biaya pengubahan status pekerja kontrak ke permanen, yaitu apabila perusahaan ingin mengubah status pekerja dari kontrak ke permanen. Hal ini akan dikenakan ternyata wajib membayar ke agensi. Biayanya tergantung dari kesepakatan awal agensi dan perusahaan yang dimaksud. 
  • Biaya pekerja permanen , ada dua macam rekrutmen. Pertama adalah Rekrutmen kontingensi yang dilakukan secara langsung tanpa ada status kontrak sebelumnya. Dari sini, agensi akan mendapatkan sekitar 15% – 20% gaji tahunan pertama pekerja. Bahkan, agensi juga bisa mendapatkan sekitar 30% gaji tahunan pertama untuk posisi yang sulit diisi. 
  • Yang kedua adalah rekrutmen dengan syarat tertentu di mana profesi biasanya membutuhkan skill tertentu, sehingga agensi membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya. Dengan ini, perusahaan wajib memberi penghargaan. Untuk pembayarannya sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu di depan, setelah membuat shortlist, dan ketika pekerja ditempatkan. 

Begitulah penjelasan mengenai agen perekrutan di Singapura. #SGB_Family bisa mempertimbangkan sendiria akan menggunakan agen atau tidak. Untuk tips, hal yang harus dilakukan untuk mencari pekerjaan di Singapura, bisa dibaca di Guidebook: Finding Job in Singapore, lho. Sudah punya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×