8 Kegiatan Seru di SEA Aquarium Sentosa, Bisa Nyelam Bareng Ikan!

  • April 30, 2021
  • Dibaca 202 kali

S.E.A. Aquarium atau SEA Aquarium, tempat wisata bawah air di Resort World Sentosa yang jadi favorit wisatawan pencinta hewan laut dan kegiatan air. Bukan cuma melihat beragam ikan, ubur-ubur, dan hewan laut lain; pengunjung bisa melakukan 8 kegiatan seru lain di SEA Aquarium. Ikutan kelas SCUBA dan menginap di akuarium raksasa ini, misalnya. Simak ulasan selengkapnya untuk referensi liburan di Singapura, seperti melansir rwsentosa.com/.

Padi Open Water Diver (IG:odydivecenter)

Akuarium raksasa di Singapura ini mempunyai 5 program diving, tapi yang tersedia saat ini 3 aja. Di antaranya adalah PADI Open Water Diver, Open Ocean Dive, dan Shark Dive. Pengunjung disarankan untuk menjajal Open Ocean Dive dan Shark Dive. Syarat utama mengikuti dua kegiatan tersebut adalah memiliki sertifikasi SCUBA. 

Mengikuti Open Ocean Dive, pengunjung bakal menyelam sampai kedalaman 12 meter. Menyaksikan ikan manta, kerapu, dan kawanan ikan laut lain. Sesi ini tersedia setiap akhir pekan dan libur nasional pukul 1.30PM, dengan membayar $288 atau Rp 3,2 juta-an untuk dewasa dan $278 atau Rp 3 juta-an buat anak-anak dan penduduk senior.

Selanjutnya, Shark Dive. Sesuai namanya, pengunjung bakal berenang bareng 100 ikan hiu dari 12 spesies. Termasuk hiu kepala martil bergerigi, hiu sandbar, dan hiu sirip perak yang termasuk spesies terancam punah. Program ini bisa diikuti setiap akhir pekan dan libur nasional pukul 10.30AM. Biayanya $188 atau Rp 2 juta-an buat dewasa, $178 atau Rp 1,9 juta-an untuk anak-anak dan penduduk senior.

Bertemu manta (IG: crn_lia)

Penasaran gimana aquarist merawat termasuk memberi makan lumba-lumba, ikan manta, dan hewan laut lain. Selain menyaksikan kegiatan mereka, pengunjung bakal diberi sejumlah wawasan berhubungan dengan kehidupan laut. Ikuti kegiatan ini dengan membayar tiket sebesar $20 atau Rp 220.000-an untuk durasi sekitar 20 menit. Setiap kegiatan dilakukan berkelompok, maksimal 6 orang. Waktu untuk ikut pada 10.30AM, 11.30AM, 2.30PM, 3.30PM, dan 4PM.

Bertemu dengan hiu (IG: dreax21)

Junior Aquarist nama program yang membuat pengunjung anak-anak 7-12 tahun mengenal ikan hiu lebih dekat. Kegiatan ini bakal memperlihatkan bagaimana aquarist merawat ikan hiu di akuarium. Bakal dapat juga informasi seputar perilaku hiu seperti bagaimana ikan ini menjadi pemburu yang hebat. Junior Aquarist bukan cuma soal hiu, tiap sesi akan mengenalkan hewan laut yang berbeda. Sesi pertama hiu; selanjutnya koral, ubur-ubur laut, dan katak.

Pengunjung bakal mengenal hiu dan makhluk lain tersebut selama 1 jam dengan penjelasan dalam Bahasa Inggris. Kegiatan ini berkelompok, maksimal 12 orang. Satu aquarist akan memandu 8 orang anak-anak. Biayanya $38 atau Rp 420.000-an. Program ini tersedia setiap Jumat sampai Minggu, serta libur nasional pukul 10AM dan 2PM. Khusus sesi Jumat hanya tersedia pada Juni.

Tur VIP di SEA Aquarium (IG: genevieve_xian)

Menjelajahi SEA Aquarium bakal lebih berkesan dengan dipandu oleh tour guide, jadi lebih tahu mengenai hewan laut yang ada di akuarium. Biayanya $138 atau Rp 1,5 juta-an untuk dewasa dan $108 atau Rp 1,2 juta-an buat anak-anak. Bisa berkelompok maksimal 8 orang, termasuk balita. Tur dalam Bahasa Inggris bersama pemandu wisata bakal berjalan lebih kurang 3,5 jam, mulai pukul 10AM. Kalau mau tur selain dalam Bahasa Inggris juga bisa, sampaikan pada tim VIP Experience saat reservasi.

Open Ocean Habitat di SEA Aquarium (IG:@littledayout)

Di area Open Ocean Habitat ada igloo pods instagenic buat pengunjung yang pengin menyaksikan ikan manta sambil bersantai. Ada 3 pari manta jantan di sini yaitu mika, mako, dan manja. Masing-masing punya keunikan pada tubuhnya. Seperti mika yang mempunyai garis hitam di bagian bawah tubuhnya. Open Ocean Habitat adalah situs menyelam berlisensi yang luasnya sama dengan 7 kolam renang olimpiade dengan lebih dari 120 spesies hewan laut.

Ubur-ubur (IG: valture123)

Ada akuarium yang dipenuhi ratusan 6 spesies ubur-ubur, termasuk moon sea jelly dan white spotted sea jelly. Ubur-ubur laut di akuarium ini nggak bisa berubah warna maupun menyala dalam gelap, walaupun ada juga ubur-ubur di luar sana yang menghasilkan cahaya. Menariknya, akuarium ubur-ubur laut ini dilengkapi permainan cahaya yang membuatnya cocok untuk lokasi berfoto.

Coral warna-warni di SEA Aquarium (IG: seaaquarium.sg)

Akuarium berbentuk tabung berisi koral buatan ini bernama Coral Garden. Tinggi tabung koral ini 8 meter dengan diameter 6 meter. Dihuni lebih dari 5.000 ikan sekitar 100 spesies. Sengaja menampilkan koral buatan karena ikan pemakan koral akan menghancurkan koral asli apabila hidup berdampingan. Serunya, bakal ada tampilan cahaya spesial saat musim liburan tiba.

Pemandangan bawah laut yang memukau (IG: seaaquarium.sg)

Kemah di dalam akuarium? Seru banget, pasti! Pengunjung bakal tidur di dalam tenda, bisa menyaksikan lebih dari 100.000 hewan laut. Terutama yang beraktivitas pada malam hari seperti hiu dan ubur-ubur. Pagi harinya, pengunjung bakal menyaksikan penyelam memberi makan ikan manta. Siapkan biaya ikutan kemah sebesar $158 atau Rp 1,7 juta-an untuk dewasa, $138 atau Rp 1,5 juta-an buat anak-anak. Kegiatan kemah ini dilaksanakan pada pukul 6.30PM – 10.00AM. Tapi, program ini masih belum tersedia sampai waktu yang belum ditentukan.

Menyelam di SEA (IG:rwsentosa)

Tiket SEA Aquarium dapat dibeli secara online maupun langsung di tempat. Namun, kuotanya terbatas karena adanya batasan pengunjung. Jadi, lebih baik memesan tiket secara online melalui situs ini. #SGB_Family bisa menentukan tanggal kunjungan sendiri. Harga tiket untuk pengunjung dewasa (13-59 tahun) $41 atau Rp 450.000-an, anak-anak (4-12 tahun) dan penduduk senior (60 tahun ke atas) $30 atau Rp 330.00-an untuk sekali masuk S.E.A. Aquarium. Biaya tersebut belum termasuk atraksi tambahan yang tertera pada ulasan di atas.

S.E.A. Aquarium Resorts World Sentosa
Dewasa (13-59 tahun) $41 atau Rp 450.000-an | Anak-anak (4-12 tahun) dan penduduk senior (60 tahun ke atas) $30 atau Rp 330.00-an
Resorts World Sentosa 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island, Singapore 098269
Sabtu-Selasa 9AM – 5PM
Harbourfront Station
https://www.rwsentosa.com/en/attractions/sea-aquarium

Udah siap melakukan kegiatan seru di S.E.A. Aquarium selama liburan di Resorts World Sentosa? #SGB_Family bakal memilih melakukan apa aja di sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×