Panduan Lengkap ke National Museum of Singapore 2021, Museum Tertua Singapura!

  • April 24, 2021
  • Dibaca 20 kali

Pencinta sejarah, wajib banget menjelajah ke National Museum of Singapore. Tempat wisata sejarah di Singapura ini bakal membawa pengunjung menikmati indahnya Negeri Singa di masa lampau. Galeri permanen, instalasi, sampai pameran ada semua di National Museum of Singapore. Bahkan, ada tempat makannya juga buat pengunjung yang lapar setelah keliling museum. Simak panduan lengkap berkunjung ke National Museum of Singapore 2021 berikut!

National Museum of Singapore (IG: cfusion2k)

Mengutip nhb.gov.sg/nationalmuseum, National Museum of Singapore udah eksis sejak 1849. Nggak heran jadi museum nasional tertua di Singapura. Dulu, namanya Raffles Library and Museum berlokasi di Stamford Road. Menariknya, eksterior museum ini bergaya kolonial abad ke-19. Sementara, fasilitas dan pamerannya dikemas dengan teknologi canggih. Selain pameran dan instalasi, ada juga sekitar 15.000 publikasi budaya, desain, dan sejarah Singapura.

Interior museum (IG: fxlishaaaaa)

Warga negara dan penduduk tetap Singapura nggak dipungut biaya untuk masuk ke semua galeri di National Museum of Singapore. Wisatawan dan warga negara asing membayar biaya masuk galeri permanen sebesar $15 atau Rp 165.000-an untuk dewasa. Biaya untuk kunjungan khusus, pengunjung di atas 60 tahun, dan siswa $10 atau Rp 110.000-an.

Pengunjung bisa mengikuti tur dengan pemandu wisata dengan total durasi 1 jam. Tersedia pemandu wisata dalam 5 bahasa yaitu Inggris, Mandarin, Jepang, Prancis, dan Korea. Cara ikut tur ini, cukup datang ke Visitor Services 30 menit sebelum waktu tur berlangsung. Sistemnya, siapa cepat dia dapat. Jadwal lengkap tur bersama pemandu wisata, bisa dilihat di situs ini. Total pengunjung maksimal 7 orang, tambah 1 pemandu wisata. 

Pameran di Museum (IG: tuyet_lan)

Selama tur berlangsung, pengunjung diharapkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya mencuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer, mengenakan masker, nggak berinteraksi dengan tur kelompok lain, dan menjaga jarak 1 meter dengan kelompok lain. Selain itu, nggak berbicara terlalu keras.

Museum Instagramable (IG: dapperprovince)

Selain mengikuti tur dengan pemandu wisata, ada tur berkelompok dengan mulai dari 15 sampai lebih dari 20 orang. Untuk kunjungan kelompok harus mengisi formulir yang dapat diunduh di sini. Lakukan reservasi 3-5 minggu sebelum jadwal kunjungan. Tur grup pribadi dengan pemandu wisata membayar Rp 2,2 juta per pemandu wisata per jam. Maksimal 15 orang untuk 1 pemandu wisata.

Story of the forest (IG: raeannelow)

National Museum of Singapore menghadirkan 13 galeri permanen yang cocok untuk anak-anak sampai dewasa. Di antaranya adalah Story of the Forest, Modern Colony, Moving Memories, History of the National Museum of Singapore, dan dan Singapore History Gallery. Masing-masing menampilkan pameran yang berhubungan dengan seni, budaya, dan sejarah Singapura.

Modern Colony, misalnya. Galeri ini berada di bungalow hitam-putih 1920-an. Memamerkan gaya kosmopolitan Singapura yang dipengaruhi koloni Kerajaan Inggris pada 1920-an sampai 1930-an. Selanjutnya Singapore History Gallery, menampilkan artefak yang berhubungan dengan perkembangan zaman di Singapura, mulai 1299 sampai masa kini. Sementara, penyuka mural bisa ke Moving Memories. Mural karya Yip Yew Chong ditampilkan pada LED Wall.

Pameran sementara Doraemaon (IG: natmuseum_sg)

Ada juga pameran yang berlangsung dalam waktu terbatas. Terbaru ada Home, Truly: Growing Up with Singapore, 1950s to the Present. Berlangsung pada 19 Desember 2020 sampai 29 Agustus 2021 di basement museum. Menghadirkan foto dan benda-benda yang menggambarkan Singapura sebagai “rumah”. Pameran ini kerja sama dengan The Straits Times dalam rangka ulang tahunnya ke-175.

Aturan pengunjung museum (IG:@simplyshow)

National Museum of Singapore dilengkapi fasilitas umum yang bisa digunakan pengunjung. Ada lift, toilet, akses untuk kursi roda dan stroller, loker, nursing room, internet gratis, serta keterangan tertulis pada galeri dalam Bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Tersedia juga penyewaan kursi roda dengan sistem siapa cepat dia dapat. Selain itu, ada juga tempat makan yaitu Flutes dengan menu ala western dan kafe Food for Thought.

Berkunjung ke National Museum of Singapore, pengunjung harus mematuhi aturan dan etika yang berlaku sebagai berikut:

  • Dilarang membawa makanan dan minuman ke galeri
  • Dilarang memotret dengan flash, menggunakan tripod, dan tongkat selfie
  • Dilarang menyentuh semua benda di galeri

Berfoto di dalam museum (IG: aliceeefanfan)

Mengambil foto atau video dengan flash, tripod, dan tongkat selfie nggak diperbolehkan. Namun, tetap boleh memotret tanpa ketiga larangan tersebut. Kalau mau mengambil video harus izin dulu ke pihak museum. 

Diperkenankan melakukan photoshoot pre-wedding atau keluarga dengan membayar $184 atau Rp 2 jutaan untuk dua jam. Maksimal 5 orang udah termasuk kameramen dan kru. Sementara, buat video dan foto komersial dan grup besar membayar $254 atau Rp 2,7 jutaan untuk satu jam. Isi dulu formulir setidaknya 14 hari sebelum kunjungan. 

Explore Museum (IG: travelsingaporewithvespa)

Saat proses photoshoot, hanya boleh ganti pakaian, make-up, dan styling di kamar mandi basement museum. Selain itu, dilarang photoshoot di galeri pameran, kantor admin, dan di luar level 1 washroom museum.

Cara menuju Museum (IG: duhblacknoise)

National Museum of Singapore dekat dengan sejumlah stasiun MRT yaitu Bencoolen Station, Bras Basah Station, Dhoby Ghaut Station, dan City Hall Station. Dari ke-4 stasiun MRT, bisa jalan kaki 250 sampai 600 meter menuju museum. Bisa juga naik bus menuju YMCA atau Stamford Road bus stop. Dari situ, jalan kaki sekitar 150 meter. Kalau naik kendaraan pribadi, parkir di museum. Alternatifnya, parkir di Singapore Management University, Manulife Centre, Fort Canning Park, dan YMCA.

National Museum of Singapore
$15 (dewasa) | Gratis (WN dan PR Singapura
93 Stamford Rd, Singapore 178897
10AM - 7PM
Bencoolen Station
nationalmuseum.sg

Itulah panduan lengkap berkunjung ke National Museum of Singapore 2021. Catat dan simpan, ya untuk liburan di sini. Buat #SGB_Family yang udah pernah berkunjung, gimana kesannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×