Supertree Observatory, Pohon Raksasa di Singapura yang Makin Cantik Saat Malam Hari

  • April 13, 2021
  • Dibaca 30 kali

Siapa yang nggak tahu Gardens by the Bay? Wisata di Singapura ikonik ini adalah salah satu yang wajib banget dikunjungi saat #SGB_Family ke Negeri Singa. Di dalamnya terdapat banyak wahana, seperti Cloud Forest, juga Flower Dome. Ada lagi atraksi yang langsung menarik perhatian, yaitu Supertree Observatory. Hutan raksasa warna-warni ini sebenarnya apa sih? Baca keterangan lebih jelasnya, yuk.

Supertree Observatory (IG: dreamcruisebyus_kerry_nancy)

Supertree Observatory adalah salah satu atraksi di Gardens by the Bay yang nggak boleh dilewatkan. Merupakan rumah untuk tanaman pakis, anggrek dan banyak tanaman lainnya. Wahana ini menyediakan observatorium setinggi 50 meter, di bagian tertinggi dari 18 Supertree. Terdiri dari dua lantai, tempat ini juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, dan atap terbuka.

Menangkan banyak award (IG: @walkovertheworld)

Dek in bisa dibilang menyuguhkan pemandangan terbaik tentang Singapura dari ketinggian. #SGB_Family bisa melihat Marina Bay Sands, Singapore Flyer dan pemandangan dengan sudut pandang 360 derajat. Yakin mau melewatkan kesempatan untuk menikmati Negeri Singa dari cara unik satu ini?

Light Show di Supertree (IG: jodiebaroundtheworld)

Nggak cume menyuguhkan pemandangan jika #SGB_Family naik ke kanopinya, Supertree ini juga menawarkan atraksi lainnya, yaitu pertunjukan lampu (light show) yang bisa dinikmati setiap malam. Saat siang hari, lampu-lampu yang menempel pada Supertree akan terlihat seperti hiasan kristal yang cantik. Namun, semuanya berubah saat malam hari.

Light Show (IG: irina_ceo)

Bagian atas Supertree yang berbentuk kerucut akan bersinar dengan warna yang berubah-ubah. Yang paling keren, atraksi ini menggunakan panel surya untuk menyimpan energi cahaya yang nantinya digunakan untuk menyalakan lampu-lampu saat Light Show. Nggak cuma lampu, akan ada musik indah karangan Philip Tan akan mengiringinya.

Pertunjukan Light Show di Supertree Observatory bisa dinikamati setiap harinya pada pukul 7:45pm & 8:45pm dan hanya berlangsung selama 15 menit. Pastikan #SGB_Family sudah berada di lokasi dan mendapat spot sempurna untuk menikmati Light Show sekitar 15 menit sebelumnya. Penting diingat, Light Show tidak akan ada saat Singapura sedang merayakan Earth Hour, ya.

OCBC Skyway (IG:@adventuresofwander)

Setiap dua Supertree dihubungkan dengan sebuah jembatan instagenic yang dikenal dengan nama OCBC Skyway. Jembatan sepanjang 128 meter ini menyuguhkan pemandangan seluruh Gardens by the Bay dari ketinggian. Tenang saja, ada lift khusus untuk naik ke jembatan ini, kok.

Wisata instagenic di Singapura (IG: angellmacieel)

Bagi #SGB_Family yang takut dengan ketinggian, ada baiknya tidak menaiki OCBC Skyway. Jembatan ini hanya satu arah dan akan bergoyang-goyang sesuai dengan langkah kaki para pengunjung. Pastikan juga menggunakan alas kaki yang nyaman, ya.

Tiket dan menuju ke Supertree (IG: wahidsofficial)

Melihat kecantikan Supertree Observatory ini jadi makin penasaran. Lalu berapa yang harus disiapkan untuk bisa menikmati pemandangan instagramable, termasuk berjalan di atas jembatan uniknya?

  • Masuk ke Supertree Observatory: $14 (dewasa), $10 (anak-anak hingga 12 tahun)
  • OCBC Skyway: $8 (dewasa), $5dan anak-anak)
Supertree di Gardens by the Bay (IG: travel_passion_55)

Gardens by the Bay bisa dijangkau dengan naik mobil pribadi, bus dan juga MRT. #SGB_Family hanya perlu turun di Stasiun MRT Bayfront, memilih Exit B dan tinggal mengikuti jalur hingga keluar menuju Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge.

Pilihan lain, #SGB_Family bisa turun di Stasiun MRT Tanjong Pagar, pilih Exit C dan menuju halte bus no 03223 yang berlokasi di International Plaza, Anson Road. Naiklah bus no 400 dan berhenti di bus stop no 03371 di Marina Gardens Drive.

Kuliner di Supertree Observatory

Nggak perlu khawatir kelaparan saat eksplor pohon raksasa satu ini. Ada beberapa pilihan kuliner di kawasan Supertree ini. Di antaranya adalah:

Supertree Food Hall

Supertree Food Hall (IG: sosorecording)

Supertree Food Hall menyuguhkan tujuh pilihan restoran yang menyediakan berbagai menu, mulai dari sajian tradisional Singapura, seperti Hainanese Chicken Rice, hingga kuliner otentik Vietnam dan Hong Kong. Ruangannya nyaman dan dikelilingi pemandangan hijau yang asri.

Menu di Hill Street Coffe Shop (IG: pku_nyamnyam)

Salah satu restoran yang bisa dicoba adalah Hill Street Coffee Shop. Restoran ini memiliki beberapa cabang, di antaranya di Chinatown, juga di Gardens by the Bay. Coba Mee Siam ($5) untuk cari tahu bagaimana mie Singapura. Coba juga Curry Chicken Nasi Lemak ($7.60) yang rasanya bikin nagih.

HILL STREET COFFEE SHOP
Mulai $5
18 Marina Gardens Dr, Gardens by the Bay, Singapore 018953
Bayfront (EXIT B)
www.hillstreetcoffeeshop.com.sg

The Social Kitchen

Berlokasi di Supertree (IG: littledayout)

Pilihan lainnya adalah The Social Kitchen yang menyajikan menu-menu berbahan tanaman. #SGB_Family yang vegetarian wajib mencatat restoran yang satu ini. Cobain Buger NO Beef with Crispy Unions ($14) yang rasanya tetap enak meski tanpa daging. Atau cobain juga No Meatball & Mushroom Pasta ($9). Siap-siap kenyang perut dan mata karena pemandangan indah dari ketinggian.

Menu di The Social Kitchen (IG: foodee.shuyee)
THE SOCIAL KITCHEN
Mulai $8
18 Marina Gardens Dr, Gardens by the Bay, Singapore 018953
Bayfront (EXIT B)
new-thesocialkitchen

Nah, sudah melihat Supertree Observatory dengan jelas, kan? Apakah wisata Singapura ini masuk dalam daftar destinasi yang #SGB_Family ingin kunjungi? Kalau udah nggak tahan dengan kangennya, bisa lho langsung ikuti Virtual Tour SGB. Serasa berada di Singapura beneran! Ditunggu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×