Jelajah ArtScience Museum Singapore 2021, Catat Ada Apa Saja!

  • April 9, 2021
  • Dibaca 183 kali

Hampir semua wisata Singapura selalu punya keistimewaan tersendiri. Dari wisata belanja, wisata religi, hingga musuem pum memiliki pesona yang menarik bagi wisatawan. Ada banyak museum instagramable di Singapura, salah satunya adalah ArtScience Museum Singapore yang terkenal dengan spot space. #SGB_Family pasti pernah melihat fotonya seliweran di sosial media. Nah, selain itu ada apa lagi sih?

Gedung ArtScience Museum (IG:@law_lens )

ArtScience Museum Singapore berada di kawasan resort Marina Bay Sands. Museum cantik ini sudah berdiri sejak tahu 2011 lalu. Seperti namanya, ArtScience Museum adalah yang pertama menyuguhkan pameran yang memadukan seni, budaya, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

Arsitektur ArtScience Museum (IG:@katrina_artworks)

Seperti yang terlihat, gedung museum instagenic ini merupakan salah satu gedung ikonik di Singapura. Arsitekturnya yang unik dirancang oleh Moshe Safdi dan memiliki 21 galeri dengan luas total lebih dari 64 ribu meter persegi. Nggak cuma indah, ternyata gedung ini bisa menampung air hujan dengan desainnya yang seperti mangkuk. Air kemudian didaur ulang untuk digunakan di toilet gedung.

ArtScience Museum Singapore memiliki menyuguhkan pameran yang permanen dan sementara. Pameran permanen di musuem ini ternyata berhasil menarik minat banyak orang karena super keren dan canggih. Pameran bertajuk Future World ini adalah persembahan dari TeamLab.

City in the Garden (IG:@tarabarkerlow )

Pameran ini menyuguhkan beberapa tema lagi di dalamnya. Di antaranya adalah City in the Garden yang memamerkan bunga-bunga. Permainan digital, senimal, program, animator, hingga arsitektur bergabung menciptakan karya luar biasa.

Garden in the City (IG:lanirunisansa)

Tema lainnya adalah Sanctuary yang menyuguhkan pergerakan acak dan misterius dari burung-burung. Permainan cahaya membuat pertunjukkan ini sangat magis. Burung-burung seolah benar-benar terbang di dalam ruangan karena mereka tahu akan keberadaan pengunjung. Super keren!

Park – Future World (IG:@carminaluzp)

Ada juga tema Park yang instagenic dengan bola warna-warni. Selain itu, tema Space yang jadi favorit banyak orang. Partikel cahaya yang terbatas di Crystal Universe tampak megah dan gemerlap. Sangat cantik karena terbuat dari 170.000 lampu dengan teknologi 4D. Seperti tidak sedang berada di bumi.

Space – Future World (IG:@bpchua_photography)
FUTURE WORLD
$19 (dewasa), $14 (anak-anak)
Setiap hari, 10am-7pm

Museum ini juga menyuguhkan pameran sementara. Saat ini ada dua pameran yang sedang berlangsung, di antaranya adalah:

Planet or Plastic

Planet or plastic (IG: artsciencemuseumsg)

Pameran Planet or Plastic ini merupakan yang pertama setelah ArtScience Museum Singapore dibuka kembali setelah Circuit Breaker. Makna dari pameran ini adalah mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap ketergantungan terhadap plastik. Karya yang ditampilkan di antaranya penyu yang terjebak plastik saat berenang di laut. Karya lainnya adalah sebuah gunung es yang terbuat dari plastik.

Planet or Plastic IG:@prisquek)
PLANET OR PLASTIC
$19 (dewasa), $14(anak-anak)
12 Sep 2020 – 28 Mar 2021

Star Wars Identities: The Exhibition

Pameran Star Wars (IG: artsciencemuseumsg)

Pameran lainnya adalah Star Wars Identities: The Exhibition. Pecinta film ini wajib mencatat tanggalnya, ya. #SGB_Family bisa melihat properti asli seperti yang digunakan di filmnya. Dari Karya seni, kostum, hingga kapal luar angkasa ternama. Kamu juga bisa melihat bagaimana proses kreatif film super keren ini.

Pameran Star Wars (IG: artsciencemuseumsg)
STAR WARS IDENTITIES: THE EXHIBITION
$25 (dewasa), $20 (khusus), $80 (keluarga)
30 Jan- 13 Juni 2021

Pameran Future World (IG:@amebeverly)

Sayang banget kan kalau #SGB_Family sampai melewatkan museum yang satu ini? Seruanya lagi, lokasi dari ArtScience Museum ini berada di jantung kota. Dekat dengan tempat makan dan banyak atraksi lainnya. #SGB_Family bisa naik MRT dan turun di Stasiun MRT Bayfront (Exit D) kemudian cukup berjalan 7 menit untuk sampai di musuem.

Pilihan lain, kamu juga bisa naik bus dengan no SBS: 97, 97E, 133, 133M, 502, 518 atau SMRT: 106, kemudian berhenti di pemberhentian Bus Marina Bay Sands Theater, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama delapan menitan.

Itulah serba-serbi tentang ArtScience Musuem Singapore. Pameran-pamerannya terlalu menarik untuk ditinggalkan begitu saja, kan? Kalau nggak tahan dengan rasa rindu Singapura, #SGB_Family juga bisa ikut Virtual Tour SGB. Serasa liburan beneran. Yakin nggak mau coba?

ARTSCIENCE MUSEUM SINGAPORE
Mulai $16
6 Bayfront Ave, Singapore 018974
Bayfront (EXIT D: 7 menit jalan kaki)
www.marinabaysands.com/museum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×