Panduan Explore Kusu Island Singapura 2021

  • March 25, 2021
  • Dibaca 43 kali

Sudah bukan rahasia kalau Singapura menjadi salah satu destinasi favorit banyak turis dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ternyata, selain dikenal sebagai surganya belanja, Negeri Singa juga menyuguhkan wisata alam, lho. Nggak percaya? Yuk baca terus panduan explore Kusu Island Singapura satu ini. Catat, ya untuk rekomendasi liburanmu selanjutnya!

Wisata Alam dan Sejarah Singapura

Kusu Island (IG: claraeinarsson)

Kusu Island di Singapura ini ternyata mempunyai arti khusus. Namanya berarti kura-kura dalam bahasa Tionghoa. Pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Puncak atau Tembakul dalam bahasa melayu. Berlokasi di sebelah Selatan Singapura, pulau ini memiliki legenda. lho. Katanya, dulu ada kura-kura sihir yang mengubah dirinya menjadi sebuah pulau untuk menyelematkan dua nahkoda.

Pulau Kura-kura (IG: nataliia_danko_)

Dua nahkoda tersebut beragama Muslim dan Budha. Masing-masing membangun Kuil dan Kramat. Dan setiap tahun selama bulan Qamariyah, ribuan jamaah akan berkumpul untuk ziarah di pulau ini. Mereka memberi penghormatan agar sehat, damai, bahagia, beruntung, dan makmur.

Kuil Indah yang Terapung dan Tangga Kramat

Kuil yang terlihat seperti terapung (IG: mightyluuly)

Apa saja yang bisa dilakukan saat explore Kusu Island? Banyak banget! Pulau seluas 85.000 meter persegi ini memiliki tiga kuil Melayu dan kuil China, yaitu Da Bo Gong Temple, Guan Yin. Dari kejauhan tampak seperti melayang karena terletak tak jauh dari bibir pantai. Tempat ibadah ini didedikasikan untuk Dewa Kemakmuran Tiongkok dan Dewi Pengasih. Meski dibuka sepanjang tahun, tempat ini paling ramai pada September dan November, saat peziarah datang.

Tangga Kramat (IG: nenek_ita)

Di puncak, #SGB_Family akan menemukan tiga kramat yang dibangun untuk menghormati tokoh alim, Syed Abdul Rahman dan keluarganya. Banyak peziarah akan menaiki 152 anak tangga menuju kramat untuk berdoa. Biasanya mereka memohon diberi kelancaran pernikahan, kesehatan, hingga hidup makmur dan harmonis.

Pulau Kura-kura

Kusu Island (IG: chloe.shiin)

Seperti namanya, Kusu Island juga dipenuhi ratuasan kura-kura. Mereka ditempatkan pada penangkaran khusus yang disebut Tortoise Sanctuary. Kamu juga bakalan bisa melihat kura-kura lucu di kuil Tionghoa.

kura-kura (IG: lulu_pix)

Oiya, ada peraturan dilarang berkemah di pulau ini. Namun, #SGB_Family bisa berenang. Yaitu di laguna besar yang berada di dekat penangkaran kura-kura. Pemandangannya langsung menghadap daratan Singapura yang penuh dengan gedung-gedung tinggi. Tenang saja, di pulau ini juga sudah disediakan banyak kamar mandi dengan fasilitas shower untik kamu yang berenang.

Cara Menuju Kusu Island

Pulau Kusu Singapura (IG: mightyluuly)

Kusus Island terletak sekitar 5,6 kilometer dari Singapura. Jalan satu-satunya menuju pulaiu ini adalah dengan menggunakan kapal feri. #SGB_Family bisa berangkat dari Marina South Pier. Sesuai dengan aturan new normal, pastikan kamu membeli tiketnya dengan cara online, ya.

Bisa Piknik (IG: shuyi9216)

Ada dua pilihan feri yang bisa mengantarmu ke Kusu Island. Kapal ferry akan mengantarkan dari pulau ke pulau. Kamu bisa menggunakan kapal ini juga untuk menuju John island, Lazarus Island, dan Sisnter’s Island. Di antaranya adalah:

Oiya, selama masa pandemi seperti ini, food court di pulau ini tidak beroperasional. Pastikan kamu dan keluarga membawa makanan dan minuman sendiri, ya. Serunya lagi, kamu juga akan banyak menemukan pengunjung yang sedang berpiknik.

Itulah panduan untuk keliling Kusu Island Singapura. Siapa bilang Negeri Singa hanya untuk belanja? Beneran kangen sama Singapura, langsung ikut Virtual Tour SGB saja! Atau bisa rencanakan liburanmu selanjutnya dengan ikuti Itineraries SGB. Mau ajak siapa nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×