5 Tempat Wisata di Tiong Bahru, Yuk Jelajah Pemukiman Tertua Singapura!

  • January 11, 2021
  • Dibaca 294 kali

Jelajah Singapura tidak akan ada habisnya. Ada banyak rekomendasi destinasi menarik yang siap memanjakan mata. Salah satunya kawasan Tiong Bahru yang merupakan pemukiman tertua di Singapura dan kini menjelma menjadi area populer dengan toko serta kafe instagenic. Tempat wisata di Tiong Bahru juga tidak sedikit. #SGB_Family bisa menemukan masjid, bangunan bersejarah hingga toko unik di sini. Penasaran lebih lengkapnya? Berikut rekomendasi tempat wisata di Tiong Bahru.

Gedung-gedung tua di Tiong Bahru (IG: kyubichann)

Tiong Bahru terkenal dengan bangunan bersejarah. Kawasan ini dikenal dengan Tiong Bahru Heritage Trail, yaitu jalur sepanjang 2,5 km yang melewati gedung-gedung tua. Sebagian besar arsitektur bangunan tersebut khas tahun 1930-an yang lebih dikenal dengan nama Streamline Moderne.

Tiong Bahru Heritage Trail (IG:filmbytoh)
Tiong Bahru Heritage Trail
65 Tiong Poh Rd, Singapore 160065
Tiong Bahru
roots.gov.sg/places/places-landing/trails/tiong-bahru-heritage-trail

Bird Singing Corner (IG:tanaka_jasminum)

Tidak jauh dari Tiong Bahru Heritage Trail, ada jalan yang dipenuhi dengan mural keren. Sebagian besar mural berceritakan tentang kehidupan warga Singapura di masa lalu. Mural ini dikenal dengan Mural : Tiong Bahru Pasar yang berlokasi di Eng Watt Street. Mural di sini tidak pernah sepi oleh wisatawan. Sebagian besar menghabiskan waktu di sini untuk berfoto dengan latar dinding bergambar. Selain di Eng Watt Street, mural keren juga bisa ditemukan di lokasi lain. Ada Mural : Bird Singing Corner di Seng Poh Lane dan Home di Tiong Poh Road

Mural rumah tua di Tiong Bahru (IG:kagechan9)
Mural : Tiong Bahru Pasar
Eng Watt Street
Tiong Bahru

Tiong Bahru Air Raid Shelter (IG: shanemardjuki)

Tiong Bahru Air Raid Shelter merupakan tempat bersejarah di Tiong Bahru. Dulunya, bunker ini menjadi tempat berlindung warga Singapura dari serang bom. Kejadian tersebut berlangsung dari tahun 1941 – 1942. Bunker yang jadi saksi bisu tersebut kini diubah menjadi wahana bermain untuk anak-anak. Tiong Bahru Air Raid Shelter juga memiliki beberapa spot untuk OOTD.

Interior Tiong Bahru Air Raid Shelter (IG:urbanxplorers)
Tiong Bahru Air Raid Shelter
78 Guan Chuan St, Singapore 160078
Tiong Bahru

Monkey God Festival di Qi Tian (IG:stanley_chee)

Tiong Bahru yang awalnya merupakan pemakaman dan disulap menjadi pemukiman merupakan tempat bersejarah yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satu tempat yang berdiri tegak dan sudah berusia 9 dekade adalah Tiong Bahru Qi Tian Gong Temple. Tempat beribadah ini dijuluki sebagai Kuil Kera Emas. Bangunan kuil ini masih terjaga dan bisa dikunjungi ketika jelajah kawasan Tiong Bahru.

Qi Tian Temple (IG:mariechoo)
Tiong Bahru Qi Tian Gong Temple
44 Eng Hoon St, Singapore 169786
Tiong Bahru
http://qitiangong.com

Masjid Jamiyah Ar-Rabitah (IG:tosifajar)

Rekomendasi tempat wisata di Tiong Bahru ini sangat cocok untuk wisatawan muslim. Selain berwisata juga bisa sekalian beribadah. Masjid Jamiyah Ar-Rabitah dibangun pada tahun 1962 dan digunakan oleh umat muslim di kawasan Redhill, Tiong Bahru, dan Alexandra untuk beribadah. Masjid di Singapura ini sempat dihancurkan hingga kembali dibangun pada tahun 1985 dengan bangunan lebih besar.  

Interior Masjid (IG:nuzhanhalim)
Masjid Jamiyah Ar-Rabitah
601 Tiong Bahru Rd, Singapore
Redhill

Tidak hanya jelajah tempat wisata di Tiong Bahru. #SGB_Family juga bisa menemukan banyak tempat makan bersertifikat halal di sini. Harganya juga masih terjangkau. Bagaimana, sudah siap untuk jelajah Tiong Bahru dan sekitarnya? #SGB_Family juga bisa gunakan rekomendasi Itineraries SGB untuk liburan lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×