Sudah Vaksin? Bisa Masuk Singapura Lho! Cek Fakta Vaksinasi di Indonesia!

  • January 8, 2021
  • Dibaca 575 kali

Seperti yang diketahui, hingga kini Singapura masih menutup perbatasan bagi wisatawan asing. Turis asing yang diizinkan masuk Singapura hanya mereka yang sedang melakukan perjalanan bisnis, atau pejabat yang sedang melakukan kunjungan negara. Tapi ada kabar gembira nih! #SGB_Family yang sudah vaksin bakalan bisa masuk Singapura. Benarkah? Baca terus untuk tahu update vaksin di Indonesia.

Vaksin Pfizer untuk Singapura (channelnewsasia.com)

Dilansir dari cnnindonesia.com, Lawrence Wong, sebagai Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Singapura menyatakan akan mempertimbangkan beberapa relaksasi untuk kebijakan stay home notice dan turis asing yang sudah divaksin.

“Jika ada bukti yang jelas bahwa risiko penularan dapat berkurang secara signifikan setelah vaksin, kami pasti akan mempertimbangkan beberapa relaksasi untuk kebijakan untuk Stay at Home Notice bagi pelancong yang divaksinasi.” jelas Lawrence Wong.

Merlion Statue in Singapore
Bisa Masuk Singapura Setelah Vaksin (unsplash)

#SGB_Family berencana masuk dan eksplor Singapura di tahun 2021 ini? Yuk coba cek update vaksinasi di Indonesia. Dilansir dari healthdetik.com, jadwal vaksinasi direncanakan mulai pertengahan Januari 2021 dan bakalan dibagi menjadi empat tahapan. Perlu diketahui, vaksin Covid-19 akan diberikan hanya kepada warga yang berusia di atas 18 tahun.

Inilah jadwal vaksinasi di Indonesia:

  1. Periode 1 (Januari – April 2021)
    Pada tahapan ini, vaksin Covid-19 akan diberikan pada para tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokteran dan sudah bekerja di Fasyankes.
  2. Periode 2 (Januari – April 2021)
    Pada tahap 2, vaksin akan diberikan pada petugas pelayanan publik, seperti TNI/POLRI, aparat hukum, juga petugas pelayanan umum di instansi seperti bandara, terminal, perbankan, dll. Selain itu, pada tahap ini juga dikhususkan untuk pemberikan vaksin pada kelompok usia lanjut (di atas 60 tahun)
  3. Periode 3 (April 2021 – Maret 2022)
    Vaksinasi tahap 3 ini dikhususkan untuk masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.
  4. Periode 4 (April 2021 – Maret 202)
    Baru pada periode ke empat ini vaksin diberikan pada masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Vaksinasi di Singapura

Pemerintah Indonesia akan melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 yang pertama mulai 13 Januari 2021. Dilansir dari cnbcindonesia, Presiden Jokowi dan para Menteri Kabinet Maju akan disuntik vaksin yang pertama. Selain para pejabat publik, pejabat pusat, dan daerah, kelompok pimpinan kunci instansi dan tokoh agama juga akan mendapat giliran vaksinasi perdana.

Vaksin Singapura (channelnewsasia.com)

Vaksin yang akan digunakan di Indonesia adalah Sivonac. Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk bersabar, pemerintah masih melakukan proses akhir sebelum memulai vaksinasi. Vaksin yang akan digunakan sudah tersedia. Sebagian dosis vaksin Sinovac juga telah didistribusikan ke 34 provinsi.

Vaksin sedang menunggu penerbitan izin penggunakan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, Sinovac juga sedang melalui uji kehalalan oleh Majelis Ulama Indonesia. #SGB_Family harap bersabar, ya. Masuk Singapura sudah di depan mata nih!

Vaksin untuk lansia (unsplash)

Dilansir dari situs Covid19.go.id, saat ini uji klinis vaksin Covid-19 dibatasi pada usia 18-59 tahun yang merupakan kelompok usia terbanyak dalam terpapar COvid-19. Pengembangan vaksin untuk anak-anak masih direncanakan pada beberapa kandidat vaksin.

Selain itu, ada juga kandidat vaksin yang dapat diberikan untuk mereka yang berusia 60-89 tahun. Dibutuhkan waktu untuk uji klinis tambahan untuk bisa mengidentifikasi kesesuaian vaksin Covid-19 untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun dan dengan penyakit penyerta.

Covid19 di Singapura (unsplash)

Itulah update singkat tentang bagaimana vaksinasi di Indonesia. Cek terus update-nya biar bisa rencanakan untuk liburan selanjutnya. Jangan lupa juga cek-cek Itineraries SGB untuk rekomendasi liburan yang lebih praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×