Cloud Forest di Gardens by the Bay – Panduan Lengkap 2021

  • January 7, 2021
  • Dibaca 256 kali

Mana nih #SGB_Family yang kangen sama Singapura? Gardens by the Bay termasuk wisata Singapura ikonik. Ada banyak wahana di dalamnya, salah satunya adalah Cloud Forest yang merupakan hutan hujan buatan. Bagaimana menuju sana, ada kuliner apa saja, berapa tiketnya? Baca artikel ini sampai habis, ya.

Jembatan di GBTB (IG:@tylomere)

Masuk ke Gardens by the Bay tidak dipungut biaya apapun. Namun, untuk #SGB_Family yang berencana memasukkan Cloud Forest sebagai salah satu atraksi Singapura yang ingin dikunjungi pada liburan selanjutnya, perhatikan harga tiketnya berikut ini.

  • Outdoor Garden buka dari jam 5.00 -02.00 dengan tiket masuk GRATIS
  • Flower Dome dan Cloud Forest buka mulai 09.00 – 21.00, dengan tiket $28 (dewasa) dan $15 (anak-anak 3-12 tahun)

Supertree Grove Gardens by the Bay. Instagram @flying_scout
Supertree Grove Gardens by the Bay. Instagram @flying_scout

Gardens by the Bay memiliki beberapa wahana. Di antaranya adalah Cloud Forest, Flower Dome, Splendid Supertree, juga OCBC Skyway. Jangan khawatir, atraksi keren ini juga punya beberapa wahan yang gratis, seperti Light & Sound Show, Far East Organization’s Garden.

Gardens by the Bay (IG: ladymarilyn_in_dreamland)

Ternyata, nggak cuma Jewel yang punya air terjun dalam ruangan. Cloud Forest memiliki Clound Mountain dengan tinggai 42 meter yang berada di tengah wahana. Gunung ini menyerupai aslinya, dilengkapi dengan tumbuh-tumbuhan yang menghiasi permukaannya. Mirip banget dengan hutan hujan tropis.

Kerennya lagi, The Fall telah dinobatkan sebagai World Tallest Indoor Waterfall. Serunya, di waktu-waktu tertentu, Cloud Forest akan mengeluarkan kabut sehingga #SGB_Family akan merasa sedang berada di hutan sesungguhnya. Perlu diketahui juga, seluruh tanaman di sini juga didatangkan langsung dari penjuru dunia.

The Fall (IG:mrsjoyful)

Ada banyak cara menuju Gardens by the Bay. #SGB_Family disarankan menggunakan kendaraan umum. Beberapa jalur yang bisa dipilih di antaranya:

  • MRT jalur Circle Line atau Downtown Line, turun di Bayfront Station MRT. Ambil Exit B, ikuti underground link way. #SGB_Family tinggal menyeberang Dragonfly Bridge dan masuk ke Garden sby the Bay.
  • MRT East-West Line dan pilih Tanjong Pagar Station MRT. Pilih Exit C dan lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis no 400 dari halte bis 03223 di International Plaza. #SGB_Family bisa turun di bus stop 03371 di Marina Gardens Drive.
  • Jika #SGB_Family ada di kisaran Marina Bay, bisa melanjutkan dengan jalan kaki melalui Helix Bridge ke arat ArtScience Museum. Lalu lanjutkan melewati waterfront dan masuk ke gerbang Gardens by the Bay.
  • #SGB_Family juga bisa menyeberangi dari Marina Bay Sands ke Lions Bridge lantai 6 (buka hingga 23.00 saja). Kamu akan keluar di Dragonfly Bridge dan masuk ke GBTB.
Peta Gardens by the Bay (GBTB)

Untuk menuju Cloud Forest, #SGB_Family bisa naik kereta dari MRT Orchard menuju Marina Bay, setelah melewati 5 pemberhentian kemudian turun di Marina Bay, di MRT Marina Bay ganti ke jalur melingkar, 1 pemberhentian kemudian turun di depan Bay. Flower Dome dan Cloued Forest dapat dilalui dengan berjalan kaki (1000 m) dari Bay di depan stasiun MRT.

#SGB_Family nggak perlu khawatir kelaparan. Ada banyak pilihan makanan di Gardens by the Bay. Selain fastfood, seperti McDonalds, kamu juga bisa menemukan kafe atau restoran dengan berbagai pilihan menu. Di antaranya adalah:

Cafe Crema

Pasta di Cafe Crema (IG:wheretogoh)

Pecinta kopi bisa mampir di kafe satu ini dan cobain espreso-nya yang diolah dari biji kopi Arabica. Untuk makanannya, cafe ini menyuguhkan pasta dan gourmet sandwich yang bisa banget jadi pilihan camilan sambil jelajah Cloud Forest.

Interior Cafe (IG:_jaydyer)
CAFE CREMA
Mulai dari $10
Arrival Square, Gardens by the Bay, 18 Marina Gardens Drive
Buka Setiap hari 08.00 - 21.30
www.cafecrema.com.sg

Majestic Bay Seafood

Menu di Majestic (IG:majesticbayrestaurantsg)

Majestic Bay Seafood menyuguhkan masakan laut terbaik yang cocok disantap bersama dengan keluarga. Datang bersama rombongan besar pun nyaman karena tempatnya yang luas. Coba Roti Daging Kepiting Cabai ($12)yang jadi menu andalannya. Chef di sini mendapat pengharagaan Yong Bing Ngen karena berhasil menggabungkan inovasi baru, lho. Jangan lupa juga mencicipi Kopi Crab!

Menu di Majestic (IG:majesticbayrestaurantsg)
MAJESTIC BAY SEAFOOD
Mulai dari $60
#01-10 Flower Dome, Gardens by the Bay, 18 Marina Gardens Drive
Buka Setiap hari 11.30-15.00 - 17.45-21.00
majesticbay.sg

Pollen

Pollen Restaurant (IG:pollenrestaurantsg)

Restoran lain yang berlokasi di Cloud Forest adalah Pollen Resto. Tempat makan ini menawarkan menu Eropa di Singapura. Suguhan mewah yang cocok untuk keluarga. Menu yang wajib dicoba saat #SGB_Family berkunjung ke restoran ini adalah Risotto, Finger Sandwhich, dan Smoked and Grilled Beets. Coba juga high tea instagramable di sini, ya!

High Tea in Pollen (IG:leslie.koh)
POLLEN
Mulai dari $116/person
#01-09 Flower Dome, Gardens by the Bay, 18 Marina Gardens Drive, 018953
Mon, Wed-Sun: 12:00-15:00 & 18:00-22:00
www.pollen.com.sg

Itulah serba-serbi Cloud Forest yang harus #SGB_Family ketahui sebelum berkunjung. Siapkan rencana dari sekarang, menabung, dan siap-siap bersenang-senang saat liburan selanjutnya. Cek-cek Itineraries SGB juga untuk rekomendasi liburan lainnya. Stay safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×