Vaksinasi di Singapura Sudah Dimulai, Baca Keterangan Lengkapnya!

  • December 31, 2020
  • Dibaca 122 kali

Seperti yang sudah banyak diberitakan, vaksin Covid-19 sudah mencapai tahap akhir dan siap didistribusikan pada masyarakat. Vaksinasi di Singapura dimulai hari ini, yaitu 30 Desember 2020. Hal ini ternyata menjadinya Negeri Singa sebagai yang pertama memulainya di ASIA. Baca terus untuk tahu tentang kelengkapannya.

Ilustrasi turis di Jewel Changi Aiport. Photo by Bady Abbas on Unsplash
Ilustrasi turis di Jewel Changi Aiport. Photo by Bady Abbas on Unsplash

Dilansir dari cnbcindonesia.com, vaksinasi di Singapura menargetkan pada 5,7 juta warganya pada kuartal ketiga tahun 2021. Perlu diperhatikan, vaksin tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan warga dengan usia di bawah 16 tahun. Meski begitu, vaksin tetap diizinkan untuk lansia.

Selain untuk warga negara, vaksinasi di Singapura juga disiapkan untuk warga asing yang memiliki izin tinggal tetap. Vaksin ini pun juga akan diterima secara cuma-cuma atau gratis.

Perdana Menteri Singapura (IG: leehsienloong)

Meski vaksin Covid-19 jaminan hampir 100%, namun tidak sedikit warga yang meragukannya. Sebagai salah satu cara meyakinkan masyarakat dan membuktikan bahwa vaksi aman, Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang berusia 68 tahun menjadi salah satu penerima vaksin yang pertama.

Vaksin untuk petugas kesehatan (IG:leehsienloong)

Vaksinasi di Singapura ini diawali dengan pemberian vaksi pada lebih dari 30 petugas kesehatan di National Center for Infectious Diseases (NCID). Dilansir dari channelnewsasia.com, Sarah Lim, seorang staf perawat senior menjadi salah satu orang pertama di Singapura yang menerima vaksin.

Para petugas kesehatan mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Amerika Serikat Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech. Vaksin ini membutuhkan dua kali suntikan dengan selang waktu 12 hari.

Vaksin Covid-19 (channelnewsasia.com)

Langkah-langkah vaksinasi di Negeri Singa, warga akan menerima lembar informasi vaksin dan formulir pemeriksaan. Lalu akan diminta untuk mengisi data pribadi, informasi dan penyataan medis serta persetujuan pada formulir pemeriksaan vaksin.

Sebelum vaksin diberikan, pemberi vaksin akan bertanya serangkaian pertanyaan terkait dengan kelayakan vaksin. Jika warga dapat mengambil vaksin, pemberi vaksin akan menyiapkan vaksin dan memberikannya secara instramuskular ke lengan penerima. Setelahnya, mereka akan menerima kartu vaksinasi dan akan mendapat perhatian selama 30 menit untuk memastikan penerima bisa mentolerir vaksin dengan baik.

Vaksin untuk Lansia (unsplash)

Kementerian Kesehatan Singapura juga bertujuan untuk mulai mempraktekkan vaksinasi untuk lansia. Program ini akan dimulai dengan lansia dengan usia 70 tahun ke atas, pada Februari 2021.

Setelah itu, dilanjutkan dengan warga Singapura lain dengan penduduk jangka panjang yang memenuhi syarat secara medis untuk mendapatkan vaksin. Perlu diingat, vaksinasi di Singapura ini gratis untuk semua warga dan penduduk jangka panjang, termasuk pemegang izin kerja jangka panjang.

llustrasi vaksin (unsplash)

Sebagaimana diuraikan dalam rekomendasi lengkap komite pada pemerintah, tujuan akhir dari vaksinasi di Singapura terhadap Covid-19 adalah untuk mencapai tingkat cakupan populasi setinggi mungkin. Pendekatan ini dimaksudkan untuk melindungi sebanyak mungki individu dan secara nyata akan mengurangi proporsi keseluruhan masyarakat yang rentan terhadap penyakit.

“Cakupan vaksinasi yang tinggi pada populasi juga secara tidak langsung melindungi orang lain yang mungkin belum cocok untuk vaksinasi. Ketika vaksin tersedia lebih luas, setiap orang yang tinggal di Singapura yang secara medis memenuhi syarat untuk vaksinasi harus divaksinasi, meskipun vaksinasi harus tetap sukarela, ”kata komite.

Sungguh merupakan kabar yang menggembirakan, khususnya untuk #SGB_Family yang ada di Singapura. Semoga keadaan segera terkendali dan Singapura kembali membuka perbatasan untuk turis internasional. Siapa nih yang udah kangen banget sama Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×