Pesona Sri Krishnan Temple, Wisata Bersejarah di Jantung Distrik Bugis

  • December 23, 2020
  • Dibaca 57 kali

Jelajah Bugis memang selalu mengesankan. Tidak hanya pusat kuliner atau wisata belanja, distrik ini juga punya wisata bersejarah yang masih mengesankan hingga saat ini. Apalagi kalau bukan Sri Krishnan Temple yang merupakan kuil hindu di Singapura. Seperti apa sejarah berdiri dan bagaimana cara berkunjung ke sini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kuil di Singapura (IG:doreentravels)

Sri Krishnan Temple merupakan kuil Hindu yang dibangun pada tahun 1870. Bangunan tersebut resmi dijadikan monumen nasional Singapura pada tahun 2014. Kuil tertua di Singapura ini dibangun sebagai bentuk dedikasi kepada Krishna dan istrinya, Rukmini.

Hingga saat ini, kuil ini dikelola oleh keturunan keluarga Hanuman Beem Singh, seorang pedagang kaya yang membangun Sri Krishnan Temple. Kuil tersebut juga digunakan sebagai tempat beribadah oleh umat Hindu yang ada di Singapura.

Kuil Hindu di Singapura (IG : tylomere)

Sri Krishnan Temple terbilang memiliki tampilan dan desain yang unik. Kuil ini juga terkenal kokoh karena tidak mengalami kerusakan, meski pernah terjadi kebakaran di sekitarnya. Kuil ini memiliki luas 1008 meter persegi yang berisikan bangunan dengan luas 220 meter persegi dengan kubah. Di bagian atasnya terdapat garbhagriha atau tempat paling suci dan dikeramatkan. Bangun dari kuil ini juga memiliki jendela atas. Desain tersebut untuk memudahkan jamaah untuk melihat kubah. Ada pula paviliun yang berisi ruang bawah tanah serbaguna. 

Koleksi patung di kuil (IG:jeronimoloco)

Selain desain bangunan yang unik, Sri Krishnan Temple juga memiliki menara gerbang yang dihiasi oleh patung-patung khas budaya dan tradisi India. Hiasan patung bertatahkan batu semi mulia tersebut menggambarkan pernikahan Padmavathi dan Srinivasar. Di lokasi ini pula banyak wisatawan yang menghabiskan waktu untuk memotret atau berfoto dengan latar patung mengagumkan tersebut.

Kolekksi Patung (IG:sg_cityscapes)

Sri Krishnan berlokasi di Waterloo Street. Untuk sampai di sini sangatlah mudah. Jika naik MRT, bisa melakukan perjalanan menuju Stasiun MRT Rochor. Sesampai di stasiun tersebut dilanjutkan berjalan kaki sekitar 4 menit dari Exit A. Nah, jika menggunakan transportasi bus, bisa naik bus 980 atau 56. Kemudian turun di halte bus B07518. Hanya perlu waktu 1 menit untuk sampai di Kuil Sri Krishnan.

Bugis Street
Bugis Junction x Bugis (Instagram @gypsyfork)

Kuil ini juga dekat dengan beberapa destinasi menarik di Bugis. Kamu bisa mudah menjangkau kuil ini dari Bugis Junction. Hotel dekat kuil Sri Krishnan juga tidak sedikit. Kamu juga mudah menemukan tempat makan enak dan halal di sekitar wisata di Singapura satu ini.

Kuil Sri Krishnan (IG:magical_travel_journal)

Kapan sih waktu terbaik berkunjung ke kuil Sri Krishnan? Seperti yang diketahui, Singapura adalah tempat tinggal untuk warganya yang multiras, termasuk hindu. Kuil ini sudah terlihat indah di hari biasa. Namun, jika #SGB_Family mau menikmati yang lebih, bisa datang pada saat hari besar Hindu, salah satunya adalah Deepavali pada bulan November setiap tahunnya.

Pada hari raya ini, Little India akan dihiasi dekorasi yang meriah. Ada berbagai bazar dan perayaan. Pastinya akan membuat liburan #SGB_Family menjadi jauh lebih berkesan. Catat di kalendermu, ya!

SRI KRISHNAN TEMPLE
FREE
152 Waterloo St, Singapore 187961
Bugis
heb.org.sg/srikrishnantemple

Itulah ulasan tentang Sri Krishnan Temple yang berada di Bugis. Rencana jelajah Bugis makin sempurna dengan berkunjung ke kuil Hindu di Singapura ini. Segera rencanakan perjalananmu. Mau ajak siapa, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×