Fase 3 Singapura, Apa Saja Perubahan yang Akan Diberlakukan? Cek Di Sini, Ya!

  • December 18, 2020
  • Dibaca 226 kali

Sebuah kabar gembira nih. Seperti yang banyak diberitakan, Fase 3 Singapura akan segera dimulai. Wah, harapan baru nih. Kira-kira perubahan apa saja yang akan diberlakukan? Apakah perbatasan Singapura juga akan dibuka untuk turis internasional. Baca keterangan lengkapnya di artikel ini, ya!

Pasien Covid-19 di Singapura

Dilansir dari straitstimes.com, pada tanggal 14 Desember 2020, Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyatakan informasi terbaru tentang situasi Covid-19 di Singapura. Yang paling ditunggu-tunggu adalah Fase 3 Singapura.

Fase 3 Singapura akan dimulai pada 28 Desember 2020. Disampaikan juga bahwa fase ini kemungkinan akan berlangsung cukup lama, mungkin satu tahun atau lebih. Perdana Menteri juga menyatakan, “langkah yang dikalibrasi dan hati-hati”, dan bahwa warga Singapura harus tetap waspada karena kemungkinan besar virus masih ada di masyarakat.

tiket dari China ke Singapura naik
Ilustrasi turis di Singapura. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Pada Fase 3 Singapura, batasan kapasitas di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, tempat ibadah, juga berbagai tempat wisata akan dikurangi pada tahap ketiga. Kalau sebelumnya hanya boleh berkumpul maksimal lima orang, pada fase 3 Singapura akan diizinkan hingga delapan orang.

PM Lee menyatakan bahwa nantinya delapan orang bisa makan bersama atau mengunjungi rumah kerabat. Hal ini akan memudahkan untuk mengadakan perayaan.

Vaksin Covid-19

Kabar baik lainnya adalah vaksin Covid-19. Vaksinasi Covid-19 akan gratis untuk semua warga Singapura dan penduduk jangka panjang yang saat ini ada di sini. Seluruh warga dewasa di Negeri Singa akan ditawarkan vaksinasi.

PM Lee berkata: “Saya dan rekan-rekan kabinet saya, termasuk yang lebih tua, akan divaksinasi lebih awal. Ini untuk menunjukkan kepada Anda, terutama manula seperti saya, bahwa kami yakin vaksin itu aman.”

Vaksin Covid-19 pertama yang disetujui oleh Otoritas Ilmu Kesehatan adalah vaksin Pfizer-BioNTech. Vaksin ini perlu disimpan di suhu minus 70 derajat C dan Singapura memiliki infrastruktur dan personel yang terampil untuk menangani penyimpanan dan pengankutannya.

Percobaan obat Covid19

Pengiriman vaksin Covid-19 pertama akan tiba pada akhir bulan Desember 2020. Ternyata, Singapura adalah negera pertama yang mendapatkan vaksin ini, lho. Vaksin lain diharapkan tiba di Singapura dalam beberapa bulan mendatang.

Diharapkan jumlah vaksin akan cukup untuk semua orang pada kuartal ketiga tahun depan. Semoga semuanya sesuai dengan rencana dan menjadikan kondisi kembali menjadi normal, ya.

Merlion Statue in Singapore
Singapore

Disampaikan juga bahwa lebih dari $1 miliar disisihkan pemerintah Singapura untuk menandatangani perjanjian pembelian di muka dan membayar uang muka lebih awal untuk kandidat vaksin yang paling menjanjikan, termasuk Moderna, Pfizer-BioNTech dan Sinovac.

“Kami membuat perjanjian dengan perusahaan farmasi untuk memfasilitasi uji klinis dan pengembangan obat mereka di Singapura, dan menarik beberapa orang untuk membangun kemampuan pembuatan vaksin di sini,” kata PM Lee.

Itulah update mengenai Fase 3 Singapura dan kabar lainnya. Dengan kabar gembira seperti ini, semoga keadaan terus membaik dan Singapura bisa kembali membuka pintu untuk wisatawan internasional, ya. Ada amin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×