5 Wisata di Clementi dan Sekitarnya, Jalan-jalan Abis Cari Rumah

  • December 8, 2020
  • Dibaca 486 kali
Canopy Walk di Kent Ridge Park. Instagram @lai_chenling @khookaykeat

Clementi adalah daerah yang terkenal sebagai kawasan tempat tinggal seperti apartemen HDB. Kalau #SGB_Family tinggal di sekitar sini atau usai mencari rumah untuk tinggal di Clementi, bisa berwisata sejenak. Spot wisata di Clementi sendiri ada Clementi Woods Park dan Ang Chee Sia Ong Temple. Selain itu, #SGB_Family, bisa melipir ke Jurong. Lokasi Clementi ini memang antara Jurong dan Bukit Timah. Bisa jalan ke mana aja?

wisata Clementi
Ang Chee Sia Ong Temple. Instagram @ollive_young

Ang Chee Sia Ong Temple berlokasi di West Coast Drive, stasiun MRT terdekat dari kuil ini adalah Clementi. #SGB_Family harus jalan kaki sekitar 20 menit. Awalnya, Ang Chee Sia Ong Temple berlokasi di Pasir Panjang. Tapi ada pembangunan di area ini. Akhirnya kuil ini dipindah ke West Coast Drive dan diresmikan pada 1997. 

Ang Chee Sia Ong Temple ini mempunyai gaya bangunan Tiongkok kuno. Di dalamnya #SGB_Family dapat melihat Green Dragon Pond yang punya ukiran rumit, Longyun Bridge, dan Green Dragon Fountain Pond. Spot paling menarik berupa ukiran dinding yang menggambarkan kisah klasik Tiongkok tentang wajib berbakti kepada orang tua kandung, orang lain yang berusia tua, dan leluhur. Nama karya ini dalah Twenty-Four Filial Exemplars.

Ang Chee Sia Ong Temple
131 W Coast Drive, Singapore 128014
6.30am-8pm
Clementi

wisata Clementi
Fosil dinosaurus di Lee Kong Chian Natural History Museum. Instagram @yiyi_fan

Tempat wisata di sekitar Clementi selanjutnya adalah Lee Kong Chian Natural History Museum. Lokasinya di area National University of Singapore. Kalau mau ke sini bisa naik MRT menuju ke Clementi MRT Station. Kemudian pergi ke Clementi Bus Terminal, harus lanjut naik Bus 96. Luas galeri museum sekitar 2.500 meter persegi yang punya 15 zona. Fokus museum ini tentang kehidupan di bumi sampai ada juga Pohon Kehidupan.

Fitur yang nggak boleh terlewat pas ke sini tentunya zona Dinosaurs. Soalnya di sini ada 3 fosil sauropoda diplodosida yang termasuk hewan terbesar dan terberat di darat. Menariknya, 3 fosil ini hampir 80 lengkap, bahkan dua di antaranya lengkap dengan tengkoraknya. Jarang banget, nih! Fosil ini dulu ditemukan di sebuah tambang di Ten Sleep, Amerika Serikat antara 2007 dan 2010. Zona menarik lain Singapore Sperm Whale, Slice Of The Changi Tree, dan Neptune’s Cup Sponge.

Lee Kong Chian Natural History Museum
$21 (dewasa) | $13 (anak-anak, siswa, dan warga senior)
National University of Singapore 2 Conservatory Dr, Singapore 117377
Rabu-Minggu 10am-6pm
Clementi
lkcnhm.nus.edu.sg

Bukit Batok Nature Reserve Park. Instagram @oksana_domoratskaya
Bukit Batok Nature Reserve Park. Instagram @oksana_domoratskaya

Berikutnya Bukit Batok Nature Park yang berada di bawah National Parks Singapore. Kalau dari Clementi, bisa naik MRT ke Bukit Batok MRT Station selama 25 menit. Siapa sangka wisata alam ini dulunya bekas situs tambang yang terbengkalai. Pada 1988 akhirnya dikembangkan dan diubah menjadi spot alam. Sewaktu masuk, berhenti dulu di pintu masu ktaman, ada kolam indah yang letaknya di kaki dinding tebing tinggi.

Abis itu coba naik ke titik pengamatan buat melihat pemandangan sekitar, tapi harus kuat karena tingginya setara 10 tingkat. Kalau lagi di sini, puasin buat jalan-jalan di jalur setapak, melintasi hutan sekunder. #SGB_Family juga bakal menemukan monumen peringatan mengenang tentara dan korban yang gugur pada Perang Dunia II.

Bukit Batok Nature Park
Cnr Bukit Batok East Avenue 2, Bukit Batok East Ave 6, and, Singapore 659761
24 jam
Bukit Batok
nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/bukit-batok-nature-park

Canopy Walk di Kent Ridge Park. Instagram @lai_chenling @khookaykeat
Canopy Walk di Kent Ridge Park. Instagram @lai_chenling @khookaykeat

Kent Ridge Park bisa dicapai dari Clementi MRT Station menuju Pasir Panjang, dari sini masih harus jalan kaki sekitar 20 menit. Taman ini merupakan tempat bersejarah karena jadi salah satu tempat pertempuran terkahir Singapura selama Perang Dunia II. Jadi, nggak heran kalau ada Reflections Bukit Chandu. Spot buat mengenang korban Perang Dunia II.

Kent Ridge Park juga berada di bawah National Parks Singapore. Fitur yang paling populer di taman ini adalah Canopy Walk, jembatan yang berada di tengah hutan. Kamu bisa jogging santai di sini, sekalian mampir ke spot olahraga. Di sini ada sejumlah peralatan olahraga yang bisa dipakai secara bebas. Pencinta bird-watching kudu bawa binokular biar bisa melihat Brahminy Kites dan Greater Racquet-tailed Drongos, dua burung yang termasuk langka.

Kent Ridge Park
Vigilante Dr, Singapore 118176
24 jam
Pasir Panjang
nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/kent-ridge-park

Singapore Botanic Gardens, wisata alam di Singapura. Instagram @viajaentusofa
Singapore Botanic Gardens, wisata alam di Singapura. Instagram @viajaentusofa

Kalau mau agak jauhan, #SGB_Family bisa sekalian ke Singapore Botanic Gardens yang nggak jauh dari Orchard Road. Saking luasnya taman ini sampai dibagi menjadi 4 pintu masuk yaitu di Tanglin Entrance, Tyersall Gallop Entrance, Nassim Entrance, dan Bukit Timah Entrance. Tiap zona punya lebih dari 5 area wisata. Misalnya di Tyersall Gallop Entrance, ada  National Orchid Garden tempat riset dan perkembang biakan anggrek. Tiket masuknya $5 buat dewasa.

Ada juga Ginger Garden di Tyersall Gallop Entrance yang menumbuhkan lebih dari 25 spesies jahe. Nah, di tengah kebun ini ada restoran bersertifikasi halal bernama The Halia Restaurant. Jadi, abis keliling kebun bisa langsung makan. Kalau di Bukit Timah Entrance ada Eco-Garden and Eco-Lake. Di danaunya, #SGB_Family bakal ketemu angsa hitam asli dari Australia Barat. Sedangkan di tamannya, tumbuh banyak pohon buah, rempah, bambu, dan bugenvil.

Singapore Botanic Gardens
Gratis-$5
1 Cluny Rd, Singapore 259569
5am-12am
MRT
sbg.org.sg

Itulah 5 tempat wisata di Clementi dan sekitarnya. Memang nggak semua dekat dari pusat Clementi, tapi masih bisa dijangkau sama MRT dan nggak terlalu jauh. Buat #SGB_Family yang emang tinggal di Singapura dan abis cari rumah di Clementi, bisa nih mampir. #SGB_Family biasanya ngapain di Clementi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×