Panduan Keliling Sekitar Esplanade, Teater Terkenal di Singapura

  • December 5, 2020
  • Dibaca 293 kali
Teater Esplanade Singapura

Teater Esplanade adalah tempat pertunjukan beragam seni yang terkenal banget di Singapura. Menariknya, ada banyak tempat wisata dan kuliner di area Esplanade. Jadi, abis nonton di Teater Esplanade, #SGB_Family bisa keliling ke sekitarnya. Bebas deh mau foto-foto di spot wisata atau kulineran. Ikuti panduan lengkapnya berikut, ya.

Teater Esplanade Singapura
Esplanade – Theatres on the Bay, Singapore. Instagram @irablockphoto

Teater Esplanade Singapura adalah ruang pertunjukan seni yang terletak di Marina Bay. Nggak begitu susah untuk mengenali gedung teater satu ini, karena punya penampilan yang mirip dengan durian. Nggak heran kalau tempat ini dijuluki oleh orang Singapura sebagai “Durian”.  Teater Esplanade mampu menampung 2.000 tempat duduk di teater dan 1.600 kursi di Concert Hall. Pertunjukan di Teater Esplanade tidak hanya teater, tapi juga seni musik dan seni tari. Ada pula pameran visual yang nggak kalah keren.

Teater ini sudah ada sejak 16 tahun lalu, nggak heran kalau sudah puluhan ribu pertunjukan yang pernah berlangsung di sini. Salah satu pertunjukan keren yang pernah berlangsung di Teater Esplanade adalah musik klasik Les Miserables. Untuk membeli tiket, #SGB_Family bisa memesan online di website resmi mereka, Box Office Esplanade, atau di Information Counter.

Teater Esplanade Singapura
National Museum of Singapore. Instagram @mandyymiz

Di Esplanade, #SGB_Family nggak cuma bisa menikmati kerennya pertunjukan seni di Teater Esplanade. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, baik itu menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan atau menikmati gemerlap malam. Seperti membiarkan anak-anak berkreasi dengan kerajinan tangan di PIP’s PLAYbox. Sedangkan di sekitar Esplanade, masih banyak pula wisata yang wajib dikunjungi.

Beberapa wisata di sekitar Esplanade adalah Fort Canning Park, National Museum of Singapore, The Grand St Andrew’s Cathedral, dan Victoria Theatre and Concert Hall. Di Fort Canning Park, #SGB_Family bisa jelajah sejarah. Di taman ini dulunya menjadi benteng saat Perang Dunia II. Ada spot-spot instagenic di sekitarnya yang bisa dijadikan latar foto biar makin keren. Pengin mengunjungi katedral terbesar di Singapura? Jelajahi salah satu warisan budaya Singapura yaitu The Grand St Andrew’s Cathedral.

National Museum of Singapore
Mulai $14
93 Stamford Rd, Singapore 178897
10am-19pm
Bencoolen
nhb.gov.sg/nationalmuseum

Chilli Crab di Jiak Modern Tzechar. Instagram @gninethree
Chilli Crab di Jiak Modern Tzechar. Instagram @gninethree

#SGB_Family bakal menemukan sejumlah tempat kuliner halal di area Esplanade yang tersebar di Esplanade Mall, Esplanade Xchange, maupun Marina Square Mall. Tujuan paling dekat tentunya Esplanade Mall. Di sini ada Jiak Modern Tzechar alias restoran keluarga khas China yang tentunya menjual makanan khas China-Singapura. Menu andalannya Curry Fish Head yang dibuat dari bahan-bahan segar dan rempah pilihan. Harganya $26.

Pencinta mie bisa makan di Noosh Noodle Bar and Grill. Pilihan mienya ada lebih dari 15, mulai dari laksa sampai spageti. Cobain menu mereka yang terbilang unik yaitu Balinese Ayam Satay Pasta dan Noosh Udon Dry Sambal Noodle. Harga keduanya sekitar $15. Kalau pengin ngopi dan ngeteh langsung aja ke The Coffee Bean & Tea Leaf yang lokasinya di Teater Esplanade. Harga kopi mulai dari $6, teh $5, dan ice blend kopi $8,5.

Jiak Modern Tzechar
Mulai $5
8 Raffles Ave, #02-14 The Esplanade Mall, Singapore 039802
11.30am-9.30pm
Esplanade
jiak.com.sg

Hotel NuVe Heritage. Instagram @speishi
Hotel NuVe Heritage. Instagram @speishi

Kalau mau menginap di dekat Teater Esplanade Singapura, ada sejumlah hotel yang jaraknya dekat cukup jalan kaki sekitar 15 menit. Populous Hotel, Ascott Raffles Place Singapore, Hotel NuVe Heritage City Hall, dan lyf Funan. Kalau pengin menginap dengan suasana jadul dan tenang, tapi punya sentuhan modern maka Hotel NuVe jadi pilihan tepat. Berada di bangunan dan kawasan heritage tepatnya City Hall, bikin betah menginap di sini. Tarifnya mulai $225 per malam.

Lebih suka menginap di hotel bintang 5 dengan fasilitas mewah dan lengkap? Bisa bermalam di Ascott Raffles Place Singapore. Tarif kamarnya mulai dari $200 per malam, ini khusus harga promo. Normalnya $330 per malam. Buat #SGB_Family yang liburan hemat budget menginap aja di lyf Funan, dengan harga $100. Hotel ini cocok buat anak muda, konsepnya milenial dan minimalis.

Hotel NuVe Heritage
Mulai dari $250
13 Purvis St, Singapore 188592
Esplanade
hotelnuveheritage.com

Teater Esplanade Singapura
Esplanade Bridge. Instagram @teasandbeaches

Cara menuju teater Esplanade bisa menggunakan bus No. 02061. Nantinya bakal berhenti di depan Esplanade Mall. Bisa juga naik Bus Stop No. 02111 berhenti di Esplanade Drive. Selain itu, bisa naik MRT menuju ke Esplanade MRT jalur Circle Line. Keluar dari Exit D, naik eskalator ke Esplanade Xchange, menuju Marina Square, lalu jalan sampai ke Esplanade. Pulangnya juga melewati jalur yang sama. Kalau mau naik taxi bisa dari Esplanade Mall. 

Esplanade Bridge
1 Esplanade Dr, Singapore 038981
12pm–8.30pm
Esplanade
esplanade.com

Kalau tujuannya emang liburan di sekitar Teater Esplanade atau Civic District, #SGB_Family bisa mengikuti panduan di atas. Udah lengkap dari tempat wisata, hotel, dan kuliner halal. Budget ketiganya juga bisa disesuaikan, liburan mewah bisa dan hemat pun mungkin banget. Gimana pengalaman #SGB_Family waktu keliling Esplanade?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×