Panduan Berkunjung ke Red Lotus Sea, Danau Instagenic di Thailand

  • December 2, 2020
  • Dibaca 98 kali
FI Memandang indahnya danau penuh teratai merah muda. Instagram @elviratyt

Desember merupakan saat yang tepat untuk berkunjung ke danau instagenic di Thailand. Kenapa bisa disebut instagenic? Soalnya, bunga teratai merah sedang mekar. Jadi, terlihat indah banget. Pengin lihat juga? Ikuti panduan berkunjung ke Red Lotus Sea Thailand berikut. Ikuti juga informasi wisata dan kuliner Thailand di Instagram @thailandguidebook.

Red Lotus Sea penuh teratai merah muda. Instagram @imokurokabocha
Red Lotus Sea penuh teratai merah muda. Instagram @imokurokabocha

Menurut tatnews.org, teratai merah muda mekar setiap November sampai Februari setiap tahun. #SGB_Family dapat menyaksikan keindahan bunga ini di Nong Han Kumphawapi atau disebut Red Lotus Sea. Danau ini luasnya 3 meter dengan panjang 7 kilometer, kedalamannya sekitar 2 meter.

Lokasi Red Lotus Sea di Desa Ban Diam. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Kota Udon Thani, ibu kota provinsi paling utara Thailand. Kalau mau ke sini, sebaiknya pada pukul 6am-11am. Waktu tersebut sebelum matahari bersinar terik yang membuat bunga teratai menutup kuncupnya.

Red Lotus Sea di Thailand. Instagram @stephhhshawww
Red Lotus Sea di Thailand. Instagram @stephhhshawww

Bunga teratai merah muda ini menutupi hampir seluruh permukaan danau. Tapi kalau dari pinggir, #SGB_Family mungkin nggak bisa melihatnya dengan jelas. Jadi, kebanyakan pengunjung pergi ke tengah danau untuk menikmati keindahan teratai sekaligus berfoto. Nggak perlu khawatir, #SGB_Family bisa menyewa perahu di area danau. Perahu plastik berkapasitas 8 orang, sedangkan perahu kayu untuk 2 orang.

Harga menyewa perahu kayu sekitar Rp70.000-an per orang, sudah termasuk pengemudi, kanopi biar penumpang nggak kepanasan, dan jaket pelampung. Perjalanan dari pinggir danau menuju kumpulan teratai ini sekitar 10 menit. Nanti di tengah danau, perahu bakal berhenti. Memberi kesempatan bagi pengunjung untuk berfoto. Trip menggunakan perahu biasanya berjalan 45-90 menit.

Jelajah Red Lotus Sea dengan perahu. Instagram @kkookkik
Jelajah Red Lotus Sea dengan perahu. Instagram @kkookkik

Dari Bangkok, #SGB_Family bisa mencapai Udon Thani menggunakan pesawat, kereta, maupun bus. Kalau naik pesawat, harga tiket dari Bandara Suvarnabhumi ke Bandara Udon Thani Rp300.000-an sekali jalan.

Menyewa kendaraan mobil atau motor dari Udon Thani ke Red Lotus Sea lebih praktis dan nggak jauh, perjalanan 35-50 menit. Rutenya pun kebanyakan lurus dan tersedia petunjuk jalan yang jelas ke Red Lotus Sea. Namun, #SGB_Family perlu SIM internasional. Cara lainnya, #SGB_Family bisa menyewa taksi dari Udon Thani City. Tarif pergi-pulang sekitar Rp700.000-an, udah termasuk bensin dan waktu menunggu untuk sopir.

#SGB_Family juga bisa ikut tur grup apalagi kalau menginap di hotel di Udon Thani. Pihak hotel biasanya akan membantu mencari dan menghubungi pihak yang menyediakan tur grup untuk berkunjung ke Red Lotus Sea. Tarifnya mulai dari Rp250.000-an udah termasuk transportasi pergi-pulang dan sewa perahu.

Red Lotus Sea
Rp70.000-an (sewa perahu)
บ้านเชียงแหว, Unnamed Rd, Tambon Chiang Wae, Chiang Haeo, Kumphawapi District, Udon Thani 41110, Thailand
6am-11am (waktu terbaik)

Memandang indahnya danau penuh teratai merah muda. Instagram @elviratyt
Memandang indahnya danau penuh teratai merah muda. Instagram @elviratyt

Kalau #SGB_Family menginap di Udon Thani, sempatkan untuk berkunjung ke tempat wisatanya. Berada di Thailand tentu harus berkunjung ke kuil Buddha yang khas. Di Udon Thani, #SGB_Family bisa ke Wat Tung Toomkam Temple. Di sini juga ada gua tempat biksu bertapa yang bisa juga dikunjungi oleh orang umum, namanya Tham Chang. Merasakan kehidupan malam di Thailand juga jadi atraksi tersendiri. Kunjungi Samphan Thamit Alley.

Menikmati keindahan danau teratai di Thailand. Instagram @natsukioro
Menikmati keindahan danau teratai di Thailand. Instagram @natsukioro

Saat ini Thailand membuka pariwisatanya untuk turis asing dengan 2 jenis visa yaitu Tourist Visa dan Special Tourist Visa Long. Durasi tinggal visa turis sampai 60 hari, sedangkan visa turis spesial sampai 90 hari. Turis asing dari semua negara bisa mengajukan visa turis, tapi hanya negara tertentu yang dapat mengajukan visa turis spesial dan ini nggak termasuk Indonesia.

Turis yang masuk ke Thailand harus menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan nggak lebih dari 72 jam sebelum kedatangan. Selain itu, harus melakukan karantina mandiri dengan biaya sendiri selama 14 hari. Visa dan Certificate of Entry (COE) juga diperlukan. Ketika masuk ke Thailand, turis asing akan menjalani tes PCR untuk kedua kalinya.

Itulah panduan berkunjung ke Red Lotus Sea, Thailand. Apabila ingin berkunjung khusus untuk melihat teratai mekar, coba datang saat awal Januari. Inilah puncak mekarnya lotus merah muda. #SGB_Family rencana ke Red Lotus Sea? Kunjungi Instagram @thailandguidebook buat informasi wisata dan kuliner di Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×