4 Daftar Beasiswa di Korea Selatan, Ada Studi Pendek dan Kuliah Penuh

  • December 1, 2020
  • Dibaca 430 kali
Ilustrasi Changdeokgung di Seoul. Photo by Arrigo Lupori on Unsplash

#SGB_Family ada yang berencana melanjutkan kuliah di Korea Selatan? Terdapat sejumlah universitas ternama seperti Korea University, Seoul National University, KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology, dan Ewha Womans University. #SGB_Family bisa mengikuti beasiswa di Korea Selatan buat menghemat biaya kuliah seperti daftar berikut, dilansir dari studyinkorea.go.kr. Ikuti juga Instagram @koreaguidebook untuk informasi wisata di Korea Selatan.

beasiswa di Korea Selatan
Ilustrasi bagian dalam Istana Gyengbokgung. Photo by Bundo Kim on Unsplash

Global Korea Scholarship (GKS) terbuka untuk program sarjana dan pascasarjana. Beasiswa kuliah di Korea Selatan ini hanya menerima 170 orang untuk program sarjana dan 700 orang untuk program pascasarjana. Penerima beasiswa nantinya harus mengambil kursus Bahasa Korea Selama 1 tahun di lembaga bahasa. Penerima beasiswa yang telah mencapai skor Bahasa Korea lebih dari level 5 di TOPIK (Test of Proficiency in Korean) boleh tidak mengikuti kursus bahasa.

beasiswa di Korea Selatan
Ilustrasi Namsan Seoul Tower. Photo by Tom Hill on Unsplash

Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini, pemohon dan kedua orang tuanya harus bukan warga negara Korea Selatan. Usia pemohon di bawah 25 tahun pada saat masuk untuk program sarjana, di bawah 40 tahun untuk pascasarjana. Pengumuman biasanya berlangsung pada September untuk S1, mulai kuliah pada akhir Februari tahun berikutnya. Sementara pengumuman S2 pada Februari, mulai kuliah akhir Agustus tahun yang sama.

beasiswa di Korea Selatan
Ilustrasi rumah tradisional Korea di Jongno, Seoul. Photo by Bundo Kim on Unsplash

Beasiswa penuh ini mencakup tiket pesawat, uang saku, uang kuliah, asuransi kesehatan, uang riset, uang mencetak disertasi, dan kursus bahasa. Penerima mendapatkan uang beasiswa lebih dari 8.000.000 won atau sekitar Rp101.000.000. Misalnya untuk uang kuliah akan mendapatkan tidak lebih dari 5.000.000 won per semester dan uang saku 800.000 won untuk S1 dan 900.000 untuk S2.

Ilustrasi gazebo tradisional Korea. Photo by Markus Winkler on Pexels
Ilustrasi gazebo tradisional Korea. Photo by Markus Winkler on Pexels

Beasiswa satu ini khusus untuk mahasiswa teknik dan sains, mereka akan melakukan pelatihan kerja di Korea Selatan. Syaratnya, harus mahasiswa teknik dan sains pada tahun ketiga atau keempat di universitas atau perguruan tinggi di 10 negara ASEAN. Selain itu, pemohon harus warga negara dari salah satu 10 negara ASEAN. Program ini biasanya berlangsung pada Juli-Agustus tiap tahun dengan menerima 120 mahasiswa.

GKS for ASEAN countries’ Science and Engineering Students bertanggung jawab atas tiket pesawat pergi-pulang, tempat tinggal, dan asuransi perjalanan. Sementara penerima beasiswa mengeluarkan biaya sendiri untuk biaya transportasi di negara asal dan biaya visa. Nantinya, penerima beasiswa harus memilih 1 dari 5 universitas terdaftar yang jadwalnya biasa muncul pada Maret.

Ilustrasi rumah tradisional Korea. Photo by Tranmautritam on Pexels
Ilustrasi rumah tradisional Korea. Photo by Tranmautritam on Pexels

Ingin melakukan pertukaran pelajar? #SGB_Family bisa mengikuti program dari pemerintah Korea Selatan bertajuk Korean Government Support Program for Foreign Exchange Students. Periodenya selama 4 bulan (1 semester) dan 10 bulan (2 semester), pilih salah satu. Beasiswa ini menerima sekitar 200 mahasiswa asing. Syarat untuk ikut, harus berstatus mahasiswa minimal semester 2. Selanjutnya, harus memilih 1 universitas yang terdaftar.

Ilustrasi gerbang kuil di Korea Selatan. Photo by Pan Zhen on Unsplash
Ilustrasi gerbang kuil di Korea Selatan. Photo by Pan Zhen on Unsplash

Penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku sebesar 500.000 won per bulan dan tunjangan ketika datang ke Korea Selatan 200.000 untuk sekali saja. Juga mendapatkan asuransi kesehatan 20.000 won yang diberikan oleh universitas masing-masing. Tiket pesawat pergi-pulang juga akan ditanggung dengan sistem reimbursement.

Ilustrasi Namsan Seoul Tower saat musim gugur. Photo by Aleksandar Pasaric on Pexels
Ilustrasi Namsan Seoul Tower saat musim gugur. Photo by Aleksandar Pasaric on Pexels

Banyak universitas di Korea Selatan memberikan kesempatan beasiswa bagi siswa internasional. Biasanya beasiswa tersebut diberikan sesuai dengan tingkat IPK pemohon. Terdapat dua jenis beasiswa kuliah di universitas swasta yaitu tipe A dan tipe B. 

Beasiswa tipe A untuk mahasiswa yang kuliah di universitas yang lokasinya di Seoul metropolitan area. Benefitnya, bisa mencakup biaya kuliah penuh atau 80% dari total biaya kuliah untuk program sarjana. Sementara untuk program pascasarjana, mencakup 30% dari total biaya kuliah.

beasiswa di Korea Selatan
Ilustrasi Changdeokgung di Seoul. Photo by Arrigo Lupori on Unsplash

Beasiswa tipe B untuk mahasiswa yang kuliah di universitas yang lokasinya di luar Seoul metropolitan area. Penerima beasiswa program sarjana bisa bebas biaya kuliah penuh, 80% dari total biaya kuliah, atau 50% dari total biaya kuliah tidak termasuk biaya registrasi. Beasiswa tipe B mencakup 50% dari total biaya kuliah untuk program pascasarjana. Atau 30%-70% dari total biaya kuliah tapi tergantung IPK semester sebelumnya.

Daftar di atas bisa jadi bekal untuk #SGB_Family yang berminat mengajukan beasiswa untuk studi pendek atau kuliah penuh di Korea Selatan. Ada yang udah rencana melanjutkan studi di Negeri Ginseng? Kunjungi juga Instagram @koreaguidebook untuk informasi spot wisata dan kuliner menarik di Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×