Standar Gaji di Singapura, Berapa Upah Minimumnya?

  • November 28, 2020
  • Dibaca 508 kali
Singapore Flyer. Instagram @anamorawab

Upah atau gaji pekerja di Indonesia diatur dalam aturan pemerintah dengan yang namanya UMR, UMK, dan atau UMK. Ketiganya merupakan upah minimum yang berlaku mulai tingkat kota/kabupaten sampai regional. Jadi, perusahaan memberikan gaji dengan melihat standar tersebut. Sementara itu, bagaimana dengan sistem standar gaji di Singapura? Apakah serupa dengan Indonesia atau tidak? Simak ulasan berikut untuk informasi lebih lengkap.

Ilustrasi pekerja asing. Photo by Ewien van Bergeijk Kwant on Unsplash
Ilustrasi pekerja asing. Photo by Ewien van Bergeijk Kwant on Unsplash

Melansir mom.gov.sg, Ministry of Manpower (MOM) atau Kementerian Tenaga Kerja Singapura tidak menetapkan minimum wage alias upah minimum di Singapura. Ketetapan ini berlaku bagi semua pekerja di Singapura, baik warga negara dan penduduk tetap Singapura serta pekerja asing. Menurut pemerintah Singapura, kenaikan maupun penurunan upah pekerja sebaiknya ditentukan oleh permintaan pasar dan penawaran tenaga kerja.

Pengusaha atau perusahaan harus membayar upah karyawan baik lokal maupun asing berdasarkan keterampilan, kapabilitas, dan kompetensi masing-masing. MOM menyatakan bahwa struktur gaji yang kompetitif dapat membantu perusahaan memotivasi karyawan untuk bekerja secara dedikatif. Selain itu, juga mempertahankan karyawan yang berprestasi.

Ilustrasi pekerja di bar. Photo by Kyryll Ushakov on Unsplash
Ilustrasi pekerja di bar. Photo by Kyryll Ushakov on Unsplash

Terdapat program khusus terkait standar gaji bagi warga negara Singapura berusia 35 tahun yang bekerja di Singapura bernama Workfare Income Supplement (WIS). Syaratnya, penghasilan kotor bulanan (gross monthly income) tidak lebih dari $2.300 dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Penerima WIS akan mendapatkan mulai $1.700 per tahun, berlaku mulai 2020. Nominal WIS disesuaikan dengan umur masing-masing pekerja, selengkapnya bisa lihat di sini.

Ilustrasi pekerja konstruksi. Photo by Oleksii Drozdov on Unsplash
Ilustrasi pekerja konstruksi. Photo by Oleksii Drozdov on Unsplash

Walaupun tidak menerapkan upah minimum, tapi pemerintah Singapura mempunyai program bernama Progressive Wage Model (PWM). Berdasarkan mom.gov.sg, tujuan program ini untuk membantu meningkatkan upah pekerja melalui peningkatan keterampilan dan peningkatan produktivitas. PWM ini untuk warga negara dan penduduk tetap Singapura di bidang kebersihan dan keamanan, begitu pula perusahaan gardening di NParks’ Landscape Company Register.

Ilustrasi petugas kebersihan. Photo by mkjr on Unsplash
Ilustrasi petugas kebersihan. Photo by mkjr on Unsplash

Sektor Kebersihan

Perusahaan kebersihan harus memenuhi upah PWM dan syarat pelatihan bagi karyawannya yang merupakan warga negara Singapura atau penduduk tetap. PWM untuk sektor kebersihan dikembangkan oleh Tripartite Cluster for Cleaners (TCC). PWM berada di bawah skema Cleaning Business Licence yang dikelola oleh National Environmental Agency (NEA). Perusahaan kebersihan harus memenuhi syarat dan ketentuan PWM untuk mendapatkan atau memperbarui izin mereka.

Petugas kebersihan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu gedung perkantoran dan komersial (grup 1), perusahaan makanan dan minuman (grup 2), dan sektor konservasi seperti kantor dewan kota (grup 3). Terdapat standar gaji tersendiri untuk ketiga kelompok perusahaan kebersihan di Singapura tersebut. Mereka mendapatkan upah sesuai dengan aturan PWM mulai 1 Juli setiap tahun terhitung mulai 2020. Rinciannya sesuai dengan gambar berikut:

PWM 2020

Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2020. Photo by mom
Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2020. Photo by MOM

PWM 2021

Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2021. Photo by mom
Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2021. Photo by MOM

PWM 2022

Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2022. Photo by mom
Upah minimum pekerja sektor kebersihan di Singapura 2022. Photo by MOM
Ilustrasi petugas keamanan. Photo by Bantersnaps on Unsplash
Ilustrasi petugas keamanan. Photo by Bantersnaps on Unsplash

Sektor Keamanan

Perusahaan keamanan harus memenuhi upah PWM dan syarat pelatihan untuk petugas keamanan yang merupakan warga negara Singapura atau penduduk tetap. PWM untuk petugas keamanan dikembangkan oleh Security Tripartite Cluster (STC). PWM adalah persyaratan perizinan untuk badan keamanan di bawah Police Licensing and Regulatory Department (PLRD). Sejak 1 September 2016, badan keamanan harus memenuhi persyaratan PWM untuk mendapatkan atau memperbarui lisensi mereka.

Petugas keamanan harus memenuhi pelatihan Singapore Workforce Skills Qualifications for Security (Security WSQ). Tujuannya untuk memastikan bahwa petugas keamanan dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka. Upah progresif ditetapkan untuk setiap tingkat yang berlaku di perusahaan keamanan. Bertujuan agar petugas keamanan digaji sesuai dengan keterampilan dan produktivitas mereka. Rinciannya sesuai gambar berikut:

Gaji karyawan sektor keamanan di Singapura. Photo by mom
Gaji karyawan sektor keamanan di Singapura. Photo by MOM
Ilustrasi pekerja taman. Photo by Gigi on Unsplash
Ilustrasi pekerja taman. Photo by Gigi on Unsplash

Sektor Lanskap (Gardening)

Perusahaan lanskap harus memenuhi upah PWM dan syarat pelatihan untuk karyawan pemeliharaan lanskap yang merupakan warga negara Singapura atau penduduk tetap. PWM untuk karyawan pemeliharaan lanskap dikembangkan oleh Cluster Tripartit untuk Industri Lansekap (TCL). PWM adalah syarat pendaftaran untuk NParks’ Landscape Company Register (LCR). Sejak 30 Juni 2016, perusahaan lanskap harus memenuhi persyaratan PWM untuk mendapatkan atau memperbarui status LCR mereka.

Gaji petugas lanskap di Singapura. Photo by mom
Gaji petugas lanskap di Singapura. Photo by MOM

Petugas lanskap harus mengikuti pelatihan khusus oleh  Singapore Workforce Skills Qualifications for Landscape (Landscape WSQ). Upah progresif untuk petugas lanskap ini dibagi ke dalam 4 tingkat, rinciannya seperti gambar berikut:

Simulasi kenaikan gaji petugas lanskap di Singapura. Photo by mom
Simulasi kenaikan gaji petugas lanskap di Singapura. Photo by MOM

Ilustrasi barber shop tradisional. Photo by Cheng Feng on Unsplash
Ilustrasi barber shop tradisional. Photo by Cheng Feng on Unsplash

Saat ini sedang terjadi perbincangan hangat terkait standar gaji di Singapura. Berdasarkan pernyataan yang tercantum di theindependent.sg, seharusnya terdapat upah minimum sebesar $1.300 per bulan untuk pekerja full time di Singapura. Nominal tersebut merupakan jumlah perkiraan yang dibutuhkan untuk biaya hidup di Singapura. Namun, topik ini masih dalam tahap diskusi. Belum terdapat pernyataan resmi terkait standar gaji di Singapura.

Ilustrasi orang sedang meeting. Photo by Van Tay Media on Unsplash
Ilustrasi orang sedang meeting. Photo by Van Tay Media on Unsplash

Di Singapura ada istilah monthly gross rate (penghasilan kotor bulanan) dan basic salary (gaji pokok).Gaji pokok ukurannya upah kerja pada hari istirahat atau hari libur. Tingkat gaji pokok mencakup penyesuaian dan kenaikan gaji yang menjadi hak karyawan berdasarkan kontrak kerja.

Penghasilan kotor bulanan ini dihitung dari gaji pengganti pemberitahuan kerja, pengganti cuti tahunan, dan pemotongan gaji untuk ketidakhadiran yang tidak sah dari pekerjaan. Selain itu juga hari libur berbayar dan cuti berbayar yang disetujui, termasuk cuti tahunan, cuti rawat inap, dan cuti melahirkan. Penghasilan kotor bulanan termasuk tunjangan yang menjadi hak karyawan berdasarkan kontrak kerja.

Ilustrasi orang memakai jas dan dasi. Photo by Hunters Race on Unsplash
Ilustrasi orang memakai jas dan dasi. Photo by Hunters Race on Unsplash

Baik penghasilan kotor bulanan maupun gaji pokok tidak termasuk upah lembur, bonus, annual wage supplements (AWS), reimbursement, pembayaran insentif produktivitas, serta tunjangan perjalanan, makanan, dan rumah. Kalau mau menghitung penghasilan kotor bulanan dapat menggunakan kalkulator dari MOM.

Ilustrasi orang sedang bekerja. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi orang sedang bekerja. Photo by Austin Distel on Unsplash

Selain gaji pokok, terdapat sejumlah upah tambahan dalam bekerja seperti gaji 13 atau di Singapura disebut annual wage supplements (AWS), bonus, dan insentif. Menurut aturan MOM, variabel selain gaji pokok tersebut tidak wajib kecuali tertera dalam kontrak kerja antara perusahaan dengan karyawan. 

Untuk AWS, perusahaan tidak dapat membayar AWS lebih dari gaji 1 bulan apabila mereka belum pernah memberikan AWS sebelum 26 Agustus 1988. Sementara itu, bonus merupakan pembayaran satu kali untuk memberikan penghargaan kepada karyawan atas kontribusinya bagi perusahaan. Biasanya diberikan pada akhir tahun. Kalau insentif bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Umumnya diberikan dengan syarat tertentu misalnya memenuhi target penjualan produk.

Ilustrasi dua orang tengah diskusi. Photo by Amy Hirschi on Unsplash
Ilustrasi dua orang tengah diskusi. Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Sementara itu menurut guidemesingapore.com, benefit lain yang berlaku bagi pekerja di Singapura ada cuti sakit, cuti tahunan, cuti melahirkan, dan bantuan relokasi. Selain itu, ada juga tunjangan kesehatan, iuran dana pensiun, tunjangan perumahan, tunjangan pendidikan anak, tunjangan pengasuhan anak, penggantian transportasi.

Ilustrasi pekerja paruh waktu. Photo by Ali Yahya on Unsplash
Ilustrasi pekerja paruh waktu. Photo by Ali Yahya on Unsplash

Menurut Employment Act atau Undang-undang Ketenagakerjaan Singapura, perusahaan harus membayar gaji karyawan setidaknya 1 bulan sekali dalam kurun waktu 7 hari setelah akhir periode gaji. UU Ketenagakerjaan ini berlaku bagi pekerja lokal maupun asing di Singapura. Baik pekerja penuh waktu, paruh waktu, sementara, dan kontrak. 

Namun, khusus bagi pekerja paruh waktu dengan durasi kerja kurang dari 35 jam seminggu mengikuti aturan dari Employment of Part-Time Employees Regulations. Sementara itu, UU Ketenagakerjaan ini tidak berlaku bagi pelaut, pekerja domestik, dan pegawai dewan hukum atau pegawai negeri. Apabila karyawan tidak dilindungi UU Ketenagakerjaan, syarat dan ketentuan kerja disesuaikan dengan kontrak kerja.

Ilustrasi CEO sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash
Ilustrasi CEO sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash

Dikutip dari salaryexplorer.com, gaji bulanan di Singapura berkisar $2.140-$37.700. Gaji bulanan rata-rata (gaji median) adalah $8.790. Median mewakili nilai gaji menengah, artinya sebagian pekerja diberi upah lebih dari gaji median, setengahnya lagi kurang dari gaji median. Kalau dihitung per jam, gaji rata-rata di Singapura adalah $49. Berbagai faktor menentukan standar gaji yang diberikan perusahaan di Singapura, seperti pengalaman, pendidikan, dan level pekerjaan.

Umumnya, karyawan yang memiliki pengalaman 2-5 menghasilkan rata-rata 32% lebih banyak daripada mahasiswa baru dan junior. Profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun biasanya penghasilannya rata-rata 36% lebih banyak daripada yang memiliki pengalaman kerja 5 tahun atau kurang. Bagi pekerja dengan pengalaman 10 tahun, gaji meningkat sebesar 21% dan tambahan 14% bagi yang lebih dari 15 tahun.

Ilustrasi fresh graduate. Photo by Vasily Koloda on Unsplash
Ilustrasi fresh graduate. Photo by Vasily Koloda on Unsplash

Sementara terkait tingkat pendidikan, pekerja dengan ijazah atau diploma mempunyai penghasilan rata-rata 17% lebih tinggi daripada rekan mereka yang hanya mencapai tingkat sekolah menengah. Karyawan yang memperoleh gelar sarjana mendapatkan penghasilan 24% lebih banyak daripada yang hanya memperoleh sertifikat atau diploma. 

Sementara bagi pekerja yang mencapai gelar master gajinya 29% lebih banyak daripada yang bergelar sarjana. Barulah pekerja bergelar PhD mendapatkan 23% lebih banyak dari rata-rata pemegang gelar master untuk pekerjaan yang sama.

Ilustrasi seorang CEO. Photo by Christina on Unsplash
Ilustrasi seorang CEO. Photo by Christina on Unsplash

Terdapat sejumlah pekerjaan di Singapura yang mendapatkan gaji median maupun lebih tinggi. Biasanya posisi pekerja yang mendapatkan gaji minimal $8.790 di hampir semua sektor pekerjaan adalah manajer atau eksekutif. Misalnya Accounting Manager gajinya $12.600, Bank Branch Manager $13.900, Project Manager $10.100, Customer Service Manager $10.400, dan Chief Executive Officer $18.300.

Ilustrasi manajer. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi manajer. Photo by Austin Distel on Unsplash

Menurut mom.gov.sg/employment-practices, definisi manajer atau eksekutif bukan sekadar dari title di perusahaan. Secara umum manajer dan eksekutif adalah karyawan dengan fungsi eksekutif dan supervisor. Tugas dan wewenang mereka dapat mencakup satu atau semua hal berikut:

  • Membuat keputusan tentang masalah seperti rekrutmen, disiplin, pemutusan hubungan kerja, penilaian kinerja dan penghargaan.
  • Merumuskan strategi dan kebijakan perusahaan.
  • Mengelola dan menjalankan bisnis.

Manajer atau eksekutif juga termasuk para profesional dengan pendidikan tinggi dan pengetahuan atau keterampilan khusus. Mereka mempunyai rincian pekerjaan pekerjaan seperti para manajer atau eksekutif. Misalnya advokat dan pengacara, akuntan, dan dokter serta dokter gigi.

Sebelum bekerja di Singapura, pelajari dulu standar gaji di Singapura dan segala ketentuannya. Misalnya ada yang bertanya, berapa upah minimum di Singapura. Maka, jawabannya tidak ada. Semua ditentukan oleh perusahaan tapi tetap di bawah UU Ketenagakerjaan. #SGB_Family ada yang punya pengalaman menarik ketika kerja di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×