Daftar Hari Libur 2021, Ada Long Wekend, Segera Rencanakan Liburan!

  • November 27, 2020
  • Dibaca 100 kali

Setelah melewati libur akhir tahun, kita akan memasuki tahun baru 2021. Rencana liburan pada 2020 mungkin ada yang tertunda, #SGB_Family bisa merencanakan ulang untuk dilaksanakan pada 2021. Tentunya dengan mempertimbangkan daftar hari libur pada 2021. Apakah mau memilih liburan singkat atau long weekend? Yuk, intip daftar tanggal merah yang dikutip dari web.kominfo.go.id berikut.

Ilustrasi bersantai di rumah. Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash
Ilustrasi bersantai di rumah. Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Mengawali tahun dengan bersantai sejenak bisa banget. #SGB_Family mempunyai 3 hari libur yaitu mulai tanggal 1 yang jatuh pada Jumat sampai tanggal 3. Kalau pada malam 31 Desember 2020 udah seharian merayakan pergantian tahun sampai pagi. Saatnya untuk beberes, lanjut dengan membuat rencana liburan satu tahun ke depan. Anggap aja momen ini sebagai staycation di rumah.

Hari Libur 2021
Ilustrasi Kopi Es Tak Kie, kedai kopi legendaris di Jakarta. Photo by Anthoni Askaria on Unsplash

Hari libur nasional pada Februari 2021 hanya pada tangal 12 untuk merayakan Hari Raya Imlek. Tapi perayaan ini jatuh pada Jumat, jadi bisa liburan sampai Minggu. Buat itinerary 2D1N, #SGB_Family bisa cobain liburan ke kota terdekat yang jaraknya nggak sampai 3 jam ditempuh naik kereta. Sebelumnya pesan dulu kamar hotel dan pastikan bisa check-in agak terlambat.

Pada hari pertama berangkat pagi sekitar pukul 6am, sampai tujuan cari sarapan dekat stasiun. Lanjutkan meletakkan barang di hotel, istirahat sejenak dan mandi menyegarkan badan. Barulah petualangan dimulai.

Ilustrasi martabak piring. Photo by Fauzan on Unsplash
Ilustrasi martabak piring. Photo by Fauzan on Unsplash

Pergi dulu ke tempat wisata yang nggak jauh dari hotel. Pilih juga yang mudah dijangkau transportasi umum atau ojek online. Pastikan juga berada nggak jauh dari tempat makan. Lalu, malam hari kembali ke hotel untuk istirahat. Hari ke-2 sekalian check-out, baru jalan-jalan ke tempat wisata sekitar stasiun. Supaya nggak ketinggalan kereta.

Hari Libur 2021
Ilustrasi jalan-jalan ke subak di Bali. Photo by Maid Milinkic on Unsplash

Asyik akhirnya ada long weekend juga pada 2021! Pada 11-12 Maret 2021 merupakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada Kamis-Jumat. Jadi bisa liburan sampai Minggu sekalian. Selain itu, 14 Maret 2021 juga Hari Suci Nyepi.

Mumpung ada libur panjang, #SGB_Family bisa manfaatkan untuk ke luar kota naik pesawat misalnya ke Lombok atau Bali. Kalau mau liburan 4D3N, bisa sekalian menginap di hotel yang punya promo staycation. Jangan lupa membuat itinerary biar liburan berasa maksimal. Sebaiknya berangkat pada 11 Maret pagi, pulangnya 13 Maret siang atau sore supaya masih ada waktu untuk istirahat di rumah.

Ilustrasi WFH di hotel. Photo by Tim Trad on Unsplash
Ilustrasi WFH di hotel. Photo by Tim Trad on Unsplash

Pada Jumat 2 April 2021 ada hari libur untuk rayakan Wafat Isa Almasih. #SGB_Family lagi-lagi punya kesempatan liburan 2D1N. Kalau lagi banyak deadline dan nggak sempat pergi jauh, mendingan staycation aja di dalam kota. Coba kepoin promo WFH dari hotel. Walaupun sembari bekerja tapi lumayan ganti suasana yang lebih tenang dan nyaman.

Ilustrasi makan bersama keluarga. Photo by National Cancer Institute on Unsplash
Ilustrasi makan bersama keluarga. Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Yes! Ini dia hari libur panjang yang ditunggu sepanjang tahun, Lebaran! Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis-Jumat 13-14 Mei 2021, Senin-Rabu 17-19 Mei 2021 merupakan cuti bersama Idul Fitri. Bagi #SGB_Family yang mudik, biasanya hari pertama sampai ketiga bakal sibuk ke rumah saudara dan kerabat di kampung halaman. Setelah itu, sempatkan buat menjelajahi wisata dan spot kuliner di kampung halaman yang mungkin udah lama nggak dikunjungi.

Sebelum Lebaran, ada hari libur nasional pada Sabtu 1 Mei 2021 yang memperingati Hari Buruh Internasional. Buat yang lagi puasa, sebaiknya simpan energi buat menyiapkan keperluan Lebaran dan menyambut long weekend. Lalu, pada Rabu 26 Mei 2021 ada Hari Raya Waisak. Manfaatkan waktu ini untuk pemulihan usai liburan panjang.

Hari Libur 2021
Ilustrasi ragam kuliner Indonesia. Photo by Haryo Setyadi on Unsplash

Pada Selasa 1 Juni 2021 ada libur untuk merayakan Hari Lahir Pancasila. Berhubung hanya libur satu hari, #SGB_Family bisa menghabiskan waktu seharian buat kulineran di area yang nggak jauh dari rumah. Misalnya aja pagi nyobain bubur atau pecel, siangnya ke kafe, malam lanjut makan nasi goreng atau lalapan lamongan.

Ilustrasi memasak di rumah. Photo by Matt Seymour on Unsplash
Ilustrasi memasak di rumah. Photo by Matt Seymour on Unsplash

Selasa 20 Juli 2021 merupakan Hari Raya Idul Adha. Berhubung jatuh di awal minggu, #SGB_Family yang merayakan mungkin seharian bakal sibuk mengurusi penyembelihan. Sore harinya, bisa dimanfaatkan untuk masak-masak mengolah daging bareng keluarga atau sahabat di rumah.

Hari Libur 2021
Ilustrasi naik roller coaster. Photo by Matt Bowden on Unsplash

Libur nasional merayakan Tahun Baru Islam 1443 H juga jatuh pada awal minggu tepatnya Selasa 10 Agustus 2021. Ada sejumlah daerah yang mempunyai tradisi berkumpul dan makan bersama. Tapi kalua nggak ada, bisa coba bermain seharian di theme park buat nyobain sebanyak mungkin wahana.

Ada lagi Hari Kemerdekaan RI pada Selasa 17 Agustus 2021. Kalau nggak ada agenda lomba di sekitar rumah. #SGB_Family bisa melipir ke atraksi wisata terdekat atau di rumah aja buat bersantai sambil menghabiskan daftar tonton film Netflix.

Ilustrasi seseorang menikmati secangkir kopi. Photo by Kaylah Matthews on Unsplash
Ilustrasi seseorang menikmati secangkir kopi. Photo by Kaylah Matthews on Unsplash

Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021. Jatah libur satu hari ini, bisa #SGB_Family manfaatkan untuk nyobain kafe baru di sekitar rumah, sekalian ajak sahabat. Bisa juga sendirian ke kafe buat menyelesaikan deadline sambil menyesap secangkir cappuccino.

Hari Libur 2021
Ilustrasi bersantai di kafe pinggir sawah Yogyakarta. Photo by Gradikaa Aggi on Unsplash

Akhirnya akhir tahun ada lagi long weekend! Hari Raya Natal jatuh pada Sabtu 25 Desember 2021, sedangkan 24, 26, dan 27 merupakan cuti bersama Natal. Lagi-lagi bisa liburan 4D1N. Mumpung akhir tahun, manfaatkan diskon tiket pesawat dan promo staycation di hotel. Coba aja pergi ke Lombok. Tapi kalau lagi hemat budget, bisa ke Yogyakarta. Siapkan itinerary 4D1N yang lengkap supaya liburan akhir tahun jadi berkesan.

Kalau diperhatikan ada beberapa hari libur 2021 yang jatuh pada Jumat, jadi bisa sekalian libur Sabtu-Minggu. Namun, banyak juga yang jatuh pada awal minggu. Nggak masalah, #SGB_Family bisa tetap liburan selama segera membuat perencanaan. Pengin liburan ke mana tahun depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×