7 Aktivitas Seru Buat Liburan Akhir Tahun di Singapura, di Rumah Juga Bisa!

  • November 27, 2020
  • Dibaca 116 kali
Ilustrasi jalan-jalan keliling wisata Singapura. Photo by Palu Malerba on Unsplash

Liburan Natal dan Tahun Baru akan segera tiba. #SGB_Family bisa melakukan berbagai aktivitas seru buat liburan akhir tahun ini di Singapura. Mulai dari nggak perlu keluar rumah sampai memenuhi daftar kunjung wisata dan kuliner yang belum tercapai. #SGB_Team bakal memberikan rekomendasi kegiatan menyenangkan apa yang dapat dilakukan buat liburan. Simak, ya!

Ilustrasi staycation di hotel. Photo by Roberto Nickson on Unsplash
Ilustrasi staycation di hotel. Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Bisa dibilang bahwa liburan akhir tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk staycation di hotel. Soalnya tarif kamar hotel di Singapura sedang murah-murahnya. Selain itu, sejumlah hotel juga memberikan promo staycation yang cukup menggiurkan. Rata-rata promo ini berlaku untuk minimum menginap 2-3 malam. Biaya yang dikeluarkan bakal lebih banyak, jadi siapkan budget dari sekarang.

Capri by Fraser, Changi City merupakan salah satu hotel yang memberikan 3 promo staycation salah satunya Capri Great Escapade. Tarifnya mulai $208 untuk kamar tipe studio deluxe, dengan minimal menginap 2 malam. Benefitnya, sarapan untuk maksimal 2 orang, check-out lebih lambat sampai 4pm, akses wi-fi berkecepatan tinggi, dan aktivitas ala Capry by Fraser yaitu Spot the Spot. Maksudnya, tamu cukup memfoto tempat ikonik di sekitar hotel.

aktivitas liburan akhir tahun Singapura
Ilustrasi bersantai di pinggir kolam renang hotel. Photo by Armin Rimoldi on Pexels

M Social Singapore di area Chinatown juga menawarkan staycation bertajuk We Clean. We Care. We Welcome Staycation. #SGB_Family dapat menginap minimal 1 malam dengan tarif $144 di kamar tipe Alcove Cosy Room. Sejumlah benefit untuk promo ini adalah check-in kapan saja (tergantung ketersediaan), diskon makan hingga 25%, upgrade kamar gratis, dan merasakan pengalaman bertemu binatang lucu secara virtual (tergantung ketersediaan).

Ilustrasi orang di kebun buah. Photo by Irina Gorskaia on Unsplash
Ilustrasi orang di kebun buah. Photo by Irina Gorskaia on Unsplash

Aktivitas satu ini cocok buat #SGB_Family yang menghabiskan liburan akhir tahun di Singapura. Coba aja berkunjung ke perkebunan atau peternakan sekalian juga belajar tentang alam di sana. Misalnya aja pergi ke peternakan lebah, #SGB_Family bisa melihat proses panen madu. Sementara kalau pergi ke perkebunan sayur atau buah, jangan lupa buat memetik beberapa untuk dibawa pulang ke rumah.

Ilustrasi orang sedang memanen madu. Photo by Annie Spratt on Unsplash
Ilustrasi orang sedang memanen madu. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Atau memutuskan buat pergi ke peternakan yang agak nggak biasa yaitu katak bareng anak kecil. Di sini, biasanya bakal diajarin cara membedakan katak dari suaranya. Nggak ketinggalan juga bakal diizinkan buat memegang dan bermain bareng katak. Sebaiknya sih membawa pakaian ganti karena dijamin bakal basah-basahan. Perkebunan atau peternakan di Singapura seperti The Sundowner Farm & Speakeasy, Jurong Frog Farm, dan Hay Dairies Goat Farm.

aktivitas liburan akhir tahun Singapura
Ilustrasi jalan-jalan keliling wisata Singapura. Photo by Palu Malerba on Unsplash

Terdapat 2 cara seru buat mengelilingi wisata Singapura, jalan kaki maupun menggunakan sepeda. Kebetulan banget Singapura ini ramah pesepeda karena tersedia jalur khusus sepeda di jalan-jalan utama dan taman. Kalau mau sepedaan, ada baiknya bikin dulu itinerary buat mengetahui jalur mana aja yang ramah dilalui sepeda seperti taman di bawah National Parks Board.

Sementara itu, #SGB_Family bisa membuat rute jalan kaki mengelilingi 1 area aja di Singapura. Alternatif lain, walking tour beberapa area yang berdekatan. Beberapa area yang menyenangkan ditelusuri dengan jalan kaki adalah Tiong Bahru, Kampong Glam, Bugis, Chinatown, dan Little India. Kalau berpindah dari area yang terlalu jauh untuk jalan kaki, tinggal naik MRT.

aktivitas liburan akhir tahun Singapura
Ilustrasi wisata kuliner di Singapura. Photo by Lily Banse on Unsplash

Aktivitas buat liburan akhir tahun yang nggak kalah seru adalah menyantap berbagai kuliner di Singapura. Apalagi kalau dilakukan bareng sahabat. Sama halnya dengan membuat rute keliling wisata di Singapura, kulineran pun harus ada jalurnya tersendiri. Biar daftar kuliner terpenuhi tapi perut nggak kekenyangan dan dompet nggak jebol.

Serunya, setiap area di Singapura ini selalu punya macam-macam makanan bahkan dalam satu hawker centre sekalipun. #SGB_Family nggak cuma bisa mencicipi makanan tradisional melainkan juga kuliner kekinian di Singapura. Misalnya untuk sarapan makan kaya toast, buat brunch nyobain burger lobster, lanjut ngopi di coffee shop favorit, dan malamnya menyantap kari kepala ikan.

Ilustrasi memasak di rumah. Photo by Le Creuset on Unsplash
Ilustrasi memasak di rumah. Photo by Le Creuset on Unsplash

Siapa bilang liburan harus keluar rumah? Malah #SGB_Family bisa melakukan beragam kegiatan menyenangkan di rumah. Sekarang ini sedang tren memasak simpel sendiri di rumah dan menanam tanaman sayuran di pot. #SGB_Family dapat mempraktikkan kedua kegiatan tersebut. Coba buka Instagram atau TikTok, banyak banget resep-resep simpel tapi enak. Ada juga beragam tips & trik menanam sisa bonggol sayur.

Kalau pengin kegiatan yang lebih santai, bisa aja me-time di rumah. Awali dengan membersihkan dan menata ulang kamar. Siapkan makanan kesukaan, lanjutkan dengan menonton film atau membaca buku yang belum sempat terlaksana sebelumnya. Selain me-time, #SGB_Family juga bisa mengadakan pesta bersama sahabat atau keluarga. Cukup dekor rumah dengan sederhana dan sajikan camilan. Kalau mau makanan berat, bisa sekalian masak bareng.

Glamping di Changi Airport. Instagram @changiairport
Glamping di Changi Airport. Instagram @changiairport

#SGB_Family juga bisa banget pergi ke event buat Natal dan Tahun Baru di Singapura. Misalnya aja di Changi Airport yang sedang mengadakan Changi Festive Village. Dalam acara ini, ada 10 kegiatan seru. Di antaranya ikutan kursus bikin hiasan khas Natal, kemah di Changi Experience Studio Play, piknik di dalam glamping, dan arena bermain salju. Nggak ketinggalan ada beragam atraksi bertema dinosaurus. Ada yang bisa diakses secara gratis dan membayar sejumlah tiket.

Ilustrasi bermain jenga. Photo by Cottonbro on Pexels
Ilustrasi bermain jenga. Photo by Cottonbro on Pexels

Setelah makan malam bareng keluarga, sempatkan buat main games. Coba siapin permainan simpel yang mengundang tawa seperti UNO, jenga, atau monopoli. Kalau sampai ada yang ketinggalan menyebut kata “UNO” pasti bakalan heboh, nih. Pengin yang seru sekaligus mengasah kemampuan otak? Ada scrabble. Bikin aja aturan sendiri supaya makin seru. Misal mainnya berkelompok dan ada hukuman buat yang kalah.

Daftar di atas cuma segelintir dari banyaknya aktivitas seru yang bisa #SGB_Family lakukan saat liburan akhir tahun di Singapura. Jadi, #SGB_Family udah ada rencana mau ngapain liburan Natal dan Tahun Baru ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×