15 Pekerjaan di Singapura untuk Fresh Graduate, Gaji 21 Jutaan!

  • November 24, 2020
  • Dibaca 179 kali
Ilustrasi corporate secretary. Photo by You X Ventures on Unsplash

Setelah lulus kuliah S1, ada yang bertujuan untuk bekerja di perusahaan tertentu. Sejumlah perusahaan menerima lulusan baru dan atau berpengalaman kerja kurang dari 1 tahun, bahkan ada juga yang menerima kandidat tanpa pengalaman kerja. Berikut #SGB_Team bocorkan 15 pekerjaan di Singapura yang cocok untuk fresh graduate S1 dikutip dari berbagai situs pencarian kerja.

Ilustrasi tim creative marketing. Photo by Brooke Cagle on Unsplash
Ilustrasi tim creative marketing. Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Creative marketing, pekerjaan di Singapura yang mengharuskan untuk memasarkan barang dengan melibatkan berbagai aspek seni mulai dari fotografi, musik, desain, sampai sastra. Lulusan ilmu komunikasi atau marketing biasanya banyak dicari untuk posisi ini. Creative marketing berhubungan erat dengan media sosial mulai dari pembuatan konten sampai pemeliharaan. 

Rincian tugas creative marketing di antaranya menghidupkan platform media sosial seperti posting di feed, IGs, membalas komen, dan lainnya. Juga merencanakan event dan melaporkan hasilnya dilihat dari ukuran media sosial. Bekerja di bidang ini harus mempunyai ilmu dasar tentang media sosial dan merupakan penggunanya. Gaji creative marketing sekitar $2.500-$3.500 per bulan.

Ilustrasi seorang software engineer sedang melakukan coding. Photo by Christina on Unsplash
Ilustrasi seorang software engineer sedang melakukan coding. Photo by Christina on Unsplash

Software engineer biasanya berasal dari background pendidikan ilmu komputer atau teknik komputer. Sebab pekerjaan ini berhubungan dengan sistem operasi seluler seperti iOS dan Android, desain pengembangan, kode, pengujian aplikasi, debug, dan segala proses pembuatan aplikasi seluler lain. Gaji software engineer di perusahaan situs jual-beli online sekitar $4.000-$6.000 per bulan.

Tugasnya di antaranya adalah mengembangkan dan memberikan platform perangkat lunak yang digunakan di berbagai produk dan unit organisasi. Jadi software engineer harus punya pengalaman langsung dengan aplikasi web dan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, JQuery, dan API. Juga mengetahui tentang layanan RESTful dan mampu menggunakannya.

Ilustrasi Customer service specialist sedang menerima keluhan pelanggan. Photo by Patrick Tomasso on Unsplash
Ilustrasi Customer service specialist sedang menerima pelanggan. Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Customer service specialist bertugas mempertahankan loyalitas maupun mencari pelanggan. Misalnya memberikan informasi terkini produk perusahaan dan menerima/menampung feedback. Umumnya semua progress dari pelanggan dilaporkan secara tertulis. Pekerjaan di Singapura ini biasanya berhubungan langsung dengan divisi sales dan atau marketing perusahaan itu. Gaji customer service specialist kira-kira $2.500-$3.500 per bulan.

Ilustrasi tim software engineer sedang rapat. Photo by Christina on Unsplash
Ilustrasi tim software engineer sedang rapat. Photo by Christina on Unsplash

Fresh graduate engineer di perusahaan telekomunikasi biasanya berasal dari lulusan teknik komputer atau teknik listrik karena harus sangat memahami tentang desain database, struktur data, administrasi database, dan konsep big data. Pekerjaannya untuk mengidentifikasi, merancang, dan menerapkan peningkatan proses internal. Di antaranya mengotomatiskan proses manual, mengoptimalkan pengiriman data, dan merancang ulang infrastruktur. Gaji fresh graduate engineer sekitar $2.500-$3.000.

Ilustrasi karyawan sedang mengikuti management trainee. Photo by Airfocus on Unsplash
Ilustrasi karyawan sedang mengikuti management trainee. Photo by Airfocus on Unsplash

Management trainee merupakan program kerja yang biasanya memang ditujukan untuk fresh graduate. Istilahnya bekerja sambil belajar. Perusahaan multinasional dan atau bank biasanya membuka kesempatan management trainee. Jurusan bukan syarat utama program ini, umumnya yang penting lulusan fresh graduate S1 dengan pengalaman kerja kurang dari 1 tahun dengan prestasi akademik dan non-akademik yang baik. Gaji management trainee di perusahaan multinasional $3.000-$5.000 per bulan.

Ilustrasi administrative officer. Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash
Ilustrasi administrative officer. Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Sesuai namanya, administrative officer bertugas mengurus segala pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan. Misalnya bertugas di perusahaan investasi maka pekerjaannya adalah menangani laporan pengeluaran, pembayaran faktur, mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan administratif, dan entri data. Jurusan biasanya tidak terlalu dipermasalahkan karena ada pelatihan kerja dulu. Gaji administrative officer sekitar $2.500-$4.000.

Ilustrasi marketing officer sedang brainstorming. Photo by Clayton Cardinalli on Unsplash
Ilustrasi marketing officer sedang brainstorming. Photo by Clayton Cardinalli on Unsplash

Marketing officer melapor secara langsung kepada manajer dan memberikan dukungan untuk semua bisnis atau proyek yang ditugaskan. Bertanggung jawab juga atas pelaksanaan berbagai proyek pemasaran untuk meningkatkan citra perusahaan dan penjualan produk. Juga merancang dan meluncurkan kampanye pemasaran untuk proyek bisnis atau peluncuran produk. Lulusan ilmu komunikasi, marketing, dan bisnis biasanya banyak dicari di bidang ini. Gaji marketing officer sekitar $3.000-$4.500 per bulan.

Ilustrasi data scientist bekerja. Photo by Myriam Jessier on Unsplash
Ilustrasi data scientist bekerja. Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Tugas junior data scientist mengembangkan, mengimplementasikan, dan memantau pipeline data dari berbagai sumber. Selain itu juga menerapkan analisis kuantitatif untuk mendapatkan wawasan di luar angka dan menerapkan visualisasi data untuk memantau data dan model AI. Juga membantu mengelola dan mengoptimalkan data lake dan database. Selain itu, junior data scientist bertugas membantu persiapan, penerapan, dan pemantauan model AI.

Demi bisa mendapatkan pekerjaan di Singapura satu ini, harus mempunyai kemampuan coding sangat baik dengan Python dan SQL, punya pengetahuan statistik inti dan pembelajaran Mesin. Tentunya juga berpengalaman di bidang teknik data/ analitik/ sains. Pekerjaan ini cocok untuk fresh graduate lulusan matematika, statistik, teknik, dan ekonomi. Gaji junior data scientist kira-kira $3.000-$6.000 per bulan. 

Ilustrasi tim human resource sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash
Ilustrasi tim human resource sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash

Human resource executive bertugas untuk melakukan headhunt alias mencari kandidat pekerja yang cocok melalui job posting, media sosial, dan platform lain. Bertanggung jawab untuk memilah resume, menangani proses rekrutmen, menindaklanjuti pendaftaran kontrak kerja dan proses orientasi kandidat yang berhasil lolos. Divisi human resources biasanya dipenuhi lulusan ilmu psikologi. Gaji human resource executive antara $2.800-$3.200 per bulan.

Ilustrasi tim events management sedang rencanakan acara. Photo by You X Ventures on Unsplash
Ilustrasi tim events management sedang rencanakan acara. Photo by You X Ventures on Unsplash

Events management executive/assistant biasanya lulusan dari ilmu komunikasi, media, seni, maupun periklanan. Rincian pekerjaannya seperti merencanakan dan melaksanakan pertemuan pra-acara dan pasca-acara, bekerja sama dengan venue untuk memastikan acara dikelola dengan benar, dan menghasilkan proposal acara yang detail. Selain itu juga mengelola dan mengkoordinasikan pemasok dan semua logistik acara seperti venue, katering, dan transportasi.

Tidak terbatas pada itu juga events management executive/assistant juga harus membuat rencana perjalanan, reservasi, dan pemesanan akomodasi serta memberikan dukungan di tempat acara berlangsung. Juga, memantau acara untuk memastikan acara berjalan lancar. Gaji events management executive/assistant antara $2.000-$3.500 per bulan.

Ilustrasi tim financial sales, Photo by Tim Van Der Kuip on Unsplash
Ilustrasi tim financial sales, Photo by Tim Van Der Kuip on Unsplash

Pekerjaan di Singapura untuk fresh graduate S1 selanjutnya financial sales executive. Pekerjaannya adalah melakukan distribusi penjualan langsung tatap muka yang ditargetkan di bidang perencanaan dan layanan keuangan. Selain itu juga memberikan nasihat keuangan yang baik dengan pemahaman yang tepat tentang profil pelanggan dan meninjau tujuan keuangan pelanggan.

Financial sales executive harus mampu mencapai target penjualan dengan meminta prospek dan melaporkan hasil penjualan. Juga menyediakan layanan pasca penjualan seperti tinjauan kebijakan dan permintaan administratif lainnya. Perusahaan biasanya mencari lulusan bisnis, ekonomi, maupun perbankan. Gaji financial sales executive $2.500-$5.000 per bulan.

Ilustrasi admin assistant. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi admin assistant. Photo by Austin Distel on Unsplash

Ada juga pekerjaan sebagai admin assistant di perusahaan keuangan. Lulusan yang dicari biasanya dari bisnis, ekonomi, atau perbankan. Tugas dari pekerjaan ini adalah entri data, memindai dan mengajukan dokumen, verifikasi data, dan tugas administratif lain. Pekerjanya biasanya harus sangat menguasai MS Excel dan MS Word. Gaji admin assistant antara $1.800-$2.800.

Ilustrasi news editor sedang mengedit berita. Photo by Andrew Neel on Unsplash
Ilustrasi news editor sedang mengedit berita. Photo by Andrew Neel on Unsplash

News editor di Singapura biasanya menjadi tujuan lulusan ilmu komunikasi, jurnalis, atau media massa. Tugas utamanya membantu penugasan wartawan dan mengedit berita wartawan. Juga membuat berita utama harian dan membuat berita apabila diperlukan dari sumber akurat dan terpercaya. News editor juga harus meninjau berita utama sebelum naik tayang dan selalu update tentang informasi dan kejadian terbaru.

Bukan sebatas itu saja, seorang news editor juga harus memantau audience, aktivitas kompetitif, dan memperhatikan feedback dari audience. Tak lupa juga melakukan perencanaan tugas atau proyek penting dan membantu meningkatkan kemampuan wartawan. Tentunya harus patuh pada kebijakan dan aturan kantor serta mengikuti pedoman editorial. Gaji news editor $2.000-$7.000 per bulan.

Ilustrasi corporate secretary. Photo by You X Ventures on Unsplash
Ilustrasi corporate secretary. Photo by You X Ventures on Unsplash

Corporate secretary juga menjadi salah satu pekerjaan buat fresh graduate S1 di Singapura terutama dari jurusan kesekretariatan. Apabila menjadi sekretaris di firma hukum yang khusus melayani pembukaan perusahaan baru. Maka rincian kerjaannya adalah membantu klien dengan aplikasi visa kerja, penggabungan perusahaan, maupun perubahan perusahaan. 

Selain itu, corporate secretary bertugas membantu klien untuk membuka rekening bank, mengirim faktur untuk tagihan dan pembaruan untuk layanan klien, dan mengirim pengingat kepada klien untuk mengisi tenggat waktu. Gaji corporate secretary di perusahaan seperti ini sekitar $2.000-$3.000 per bulan.

Ilustrasi bank associate sedang training. Photo by CoWomen on Unsplash
Ilustrasi bank associate sedang training. Photo by CoWomen on Unsplash

Pekerjaan berikutnya adalah bank associate di perusahaan konsultan rekrutmen pekerja. Tugasnya menghubungi pelanggan untuk penyelesaian / klarifikasi uji tuntas dan meminta dokumen pendukung. Tak ketinggalan, harus bisa mengelompokkan calon kandidat ke dalam daftar khusus misalnya calon yang recommended, blacklist, dan lainnya. Tentunya juga membuat laporan manajemen yang detail dan lengkap. Gaji bank associate $2.000-$2.400.

Itulah 15 pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate S1 di Singapura. Tidak sedikit perusahaan yang mempunyai program pelatihan sebelum bekerja bagi lulusan yang belum punya pengalaman. #SGB_Family punya pengalaman cari kerja yang seru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×