Cara Bikin Lisensi Toko Makanan di Singapura, Siap Berbisnis?

  • November 24, 2020
  • Dibaca 149 kali
Ilustrasi Potato Head di Chinatown. Photo by David Kubovsky on Unsplash

Apabila #SGB_Family mau membuka toko makanan di Singapura, harus mendapatkan lisensi dari pemerintah Singapura di bawah Singapore Food Agency (SFA). Pemilik harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh SFA terkait toko makanannya. Nantinya, setelah lisensi disetujui akan ada verifikasi apabila toko sudah direnovasi dan dipasangi alat. Berikut selengkapnya cara bikin lisensi toko makanan di Singapura berdasarkan sfa.gov.sg

lisensi toko makanan Singapura
Ilustrasi tempat pengolahan ikan. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Pengajuan lisensi secara online dapat dilihat di sini. Langkah pertama untuk bikin lisensi toko makanan di Singapura, siapkan surat persetujuan dari pihak terkait dan dokumen pendukung. Dokumen penting yang harus dipunya adalah surat persetujuan dari badan pertanahan misalnya Urban Redevelopment Authority (URA) dan HBD. Selanjutnya, surat perjanjian sewa yang akan diserahkan pada tahap akhir permohonan lisensi dan data diri pemohon.

Ilustrasi coffee shop di Geylang. Photo by Laurentiu Morariu on Unsplash
Ilustrasi coffee shop di Geylang. Photo by Laurentiu Morariu on Unsplash

Terkait kebersihan dan higienitas juga menjadi syarat utama. Harus punya sertifikat kebersihan makanan dasar atau sertifikat kebersihan makanan penyegar dari penanggung jawab makanan. Kemudian punya program kebersihan. Bagi usaha katering, restoran, foodcourt, atau kantin harus serahkan sertifikat petugas kebersihan makanan. Selain itu, berikut dokumen yang harus dipenuhi:

  • Rencana tata letak tempat dalam satuan metrik berskala.
  • Surat kuasa, jika pengajuan aplikasi dilakukan oleh selain penerima lisensi.
  • Kontrak pengendalian hama, termasuk pengendalian hewan pengerat, kecoa, dan lalat dalam jangka waktu lisensi selama satu tahun. Pemeriksaan adanya hama harus dilakukan minimal satu bulan sekali.
  • Formulir Supplementary Information yang berisi nama bisnis, jenis makanan yang dijual, jam operasional toko, dan detail toko lainnya.
  • Food Safety Management Plan atau bukti registrasi untuk kursus WSQ Apply FSMS for Food Service Establishments.
  •  Foto kendaraan katering bagian luar dan dalam.
  • Kartu log kendaraan atau perjanjian sewa kendaraan sebagai bukti kepemilikan kendaraan katering.
  • Program pembersihan kendaraan katering.

lisensi toko makanan Singapura
Ilustrasi menyiapkan makanan untuk katering. Photo by Elle Hughes on Pexels

Proses dari pengajuan sampai mendapatkan lisensi beragam, bisa hitungan hari maupun bulan. Durasi tersebut tergantung pada waktu renovasi toko untuk memenuhi standar. Nanti, ada petugas pra-lisensi yang mengecek lokasi untuk memastikan semua syarat terpenuhi. Kelengkapan dokumen dan pembayaran tarif lisensi juga memengaruhi lama penerimaan lisensi.

lisensi toko makanan Singapura
Ilustrasi food truck. Photo by Anthony Fomin on Unsplash

Apabila pemohon mengambil alih outlet makanan yang sudah ada, pastikan bahwa pemilik sebelumnya membatalkan lisensi toko makanan miliknya. Kalau tidak, SFA akan memberitahukan kepada pemilik sebelumnya untuk mengonfirmasi bahwa lisensinya dapat dibatalkan. Proses ini akan memundurkan waktu penerimaan lisensi #SGB_Family sampai 2 minggu. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • SFA akan merespons dalam 5 hari kerja setelah menerima aplikasi.
  • Apabila aplikasi tidak lengkap tanpa data diri dasar pemohon dan rencana tata letak, pemohon harus membenahi aplikasi dalam 2 minggu.
  • Pemohon bisa mulai merenovasi atau mengatur toko makanan sesuai rencana tata letak yang telah disetujui oleh SFA.
  • Setelah selesai renovasi, petugas SFA akan mengecek kembali kelayakan untuk proses verifikasi.
  • Apabila telah sesuai syarat dan ketentuan, SFA akan mengeluarkan surat persetujuan dalam waktu 5 hari setelah verifikasi. Surat ini juga berisi pemberitahuan pembayaran lisensi sebesar $195 dan valid untuk 1 tahun.
  • Pemohon akan menerima lisensi dalam waktu 7 hari setelah pembayaran biaya lisensi. Setelah membayar, pemohon dapat melanjutkan operasional toko.

Ilustrasi meja bertanda silang, jaga jarak aman. Photo by Hanson Lu on Unsplash
Ilustrasi meja bertanda silang, jaga jarak aman. Photo by Hanson Lu on Unsplash

Aturan terkait Covid-19 berlaku mulai 13 April 2020 baik bagi pemohon baru maupun pemilik lisensi lama. Semua personel yang terlibat dalam penjualan dan persiapan makanan/minuman harus pakai masker atau pembatas fisik lainnya. Pemilik toko harus berlakukan jaga jarak aman di toko makanan. Penanggung jawab makanan/karyawan yang sakit tidak boleh bekerja. 

Juga harus patuhi aturan Sanitation and Hygiene Advisory for Food Establishment oleh NEA and SFA. Kalau melanggar akan kena denda $5.000 atau penangguhan lisensi atau pembatalan lisensi.

Ilustrasi Potato Head di Chinatown. Photo by David Kubovsky on Unsplash
Ilustrasi Potato Head di Chinatown. Photo by David Kubovsky on Unsplash

Apabila ingin melanjutkan bisnis toko makanan maka segera perbarui lisensi paling awal 2 bulan sebelum kedaluwarsa. Pembaruan lisensi dapat dilakukan melalui portal GIRO, AXS, atau GoBusiness. Kalau lisensi telanjur kedaluwarsa, tidak bisa memperbarui melainkan mengajukan lisensi baru. Pemilik toko makanan yang tidak mempunyai lisensi valid dan tetap menjalankan bisnisnya akan kena denda sampai $10.000.

Tanda SG Clean. Instagram @natmuseum_sg
Tanda SG Clean. Instagram @natmuseum_sg

Terpisah dari lisensi toko makanan, pemerintah Singapura di bawah National Environment Agency (NEA) meluncurkan kampanye SG Clean yang diterapkan untuk individu maupun pemilik bisnis dalam bidang apapun. Apabila tertarik untuk mendapatkan sertifikasi atau tanda SG Clean dapat menghubungi SGClean_Programme@enterprisesg.gov.sg. Terkait checklist yang harus dipenuhi dapat dilihat di sgclean.gov.sg/join/for-owners/.

Singapore Food Agency Headquarters Address
52 Jurong Gateway Road JEM Office Tower, #14-01, Singapore 608550
Senin-Jumat 8.30am-5.30pm
Jurong East
sfa.gov.sg

Cara bikin lisensi toko makanan di Singapura butuh syarat dan ketentuan yang detail. Prosesnya pun cukup panjang. Maka, kalau ingin mempunyai lisensi, segera ajukan lisensi dari sekarang. #SGB_Family juga bisa mengajukan sertifikasi halal untuk bisnis kuliner kepada MUIS. Ada yang mau buka toko makanan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×