Cara Mendapat Keringanan Pajak Barang buat Pindahan ke Singapura, Susah Nggak?

  • November 23, 2020
  • Dibaca 154 kali
Ilustrasi Jewel Changi Airport.Photo by Marvin Chandiary on Pexels

Mengimpor barang bekas rumah tangga dan barang pribadi ke Singapura akan dikenai Pajak Barang dan Jasa (GST). Namun, terdapat cara untuk mendapat keringanan pajak barang buat #SGB_Family yang mau pindahan ke Singapura. Sejumlah syarat harus dipenuhi, dokumen penting juga harus lengkap. Menurut customs.gov.sg, begini cara mengajukan keringanan pajak barang dan jasa (GST) bagi orang yang mau pindahan.

Ilustrasi pengiriman barang impor via laut. Photo by Diego Fernandez on Unsplash
Ilustrasi pengiriman barang impor via laut. Photo by Diego Fernandez on Unsplash

#SGB_Family harus mengajukan izin Customs In-Payment (GST) alias pembayaran bea cukai untuk memperhitungkan impor dan pembayaran GST. Apabila ingin keringanan pajak barang buat pindahan ke Singapura, #SGB_Family harus seorang warga negara atau penduduk tetap Singapura yang tinggal di luar negeri dan kembali tinggal di Singapura. Atau, orang asing yang pindah tempat tinggal/migrasi ke Singapura.

Syarat selanjutnya bagi orang yang bisa mendapat keringanan pajak barang adalah sebagai berikut:

  • Mengubah tempat tinggal ke Singapura. Maksudnya benar-benar akan tinggal di Singapura, bukan hanya berkunjung.
  • Pemilik dari barang pribadi, barang yang telah dipakai, maupun hewan peliharaan yang akan dipindah ke Singapura. Jadi, yang mengajukan keringanan pajak harus sang pemilik barang bukan orang lain.
  • Barang yang akan dipindah ke Singapura telah dimiliki atau dipakai minimal 3 bulan, jadi bukan barang baru.
  • Barang pribadi dan barang bekas rumah tangga dikirim melalui kargo udara maupun laut.
keringanan pajak barang
Ilustrasi kargo dipindah ke dalam pesawat. Photo by Patrick Campanale on Unsplash

Selain itu, barang pribadi maupun hewan peliharaan harus dikirim dalam waktu 6 bulan sejak kedatangan pertama #SGB_Family di Singapura. Jangan membuang barang yang dikirim dalam waktu 3 bulan sejak tanggal impor. Sementara itu, bagi warga negara dan penduduk tetap Singapura yang ingin mendapat keringanan GST harus sudah tinggal di negara asing minimal 6 bulan.

keringanan pajak barang
Ilustrasi kargo laut. Photo by Tolga Turkmenoglu on Unsplash

Sebelum mengirim barang untuk pindahan sebaiknya periksa dulu daftar barang yang boleh diimpor maupun dibatasi ke Singapura. Terdapat sejumlah barang yang tidak bisa mendapatkan keringanan pajak barang. Di antaranya produk alkohol yang memabukkan, produk tembakau, kendaraan bermotor, pesawat pribadi, kapal, kapal pesiar, dan barang komersial.

Barang-barang tersebut akan dikenakan GST dan bea (apabila berlaku). Perlu diketahui bahwa terdapat dua izin bea cukai yang harus diketahui yaitu Customs In-Payment untuk mengimpor barang kena bea. Kedua In-Payment (GST) untuk mengimpor barang yang tidak kena bea.

Ilustrasi spot wisata di Singapura. Photo by Palu Malerba on Pexels
Ilustrasi spot wisata di Singapura. Photo by Palu Malerba on Pexels

Cara mengajukan keringanan pajak barang yang dikirim oleh kargo yang ditunjuk langsung oleh pemilik barang harus mengisi formulir Declaration of Facts (DOF) secara online ke Singapore Customs. Sertakan juga salinan data paspor yang akurat (bukan fotokopi), kartu izin kerja, surat izin masuk, dan nomor resi pengiriman. Data ini berguna bagi Singapore Customs untuk memeriksa kelayakan penerimaan keringanan GST. 

keringanan pajak barang
Ilustrasi pemeriksaan dokumen penting. Photo by Oleg Magni on Pexels

Apabila kartu izin kerja masih berada di Ministry of Manpower (MOM), tetap harus mengisi dan mengirim DOF. Sertakan fotokopi aplikasi permohonan izin kerja yang diajukan ke MOM atau surat pernyataan dari perusahaan tempat bekerja yang mengonfirmasi pekerjaan. Serahkan juga surat perjanjian dari perusahaan yang menyatakan akan membayar bea cukai apabila izin kerja tidak disetujui MOM atau jika pekerjaan di Singapura nantinya tidak diambil.

keringanan pajak barang
Ilustrasi orang di Singapura. Photo by Adhitya Andanu on Pexels

Jika tidak berada di Singapura, perusahaan atau kerabat terdekat dapat memberikan surat perjanjian kepada Bea Cukai Singapura. Isinya menyatakan bahwa GST akan dibayarkan ke Bea Cukai jika ditetapkan setelah impor bahwa pemilik tidak memenuhi syarat untuk keringanan GST. Seluruh dokumen dikirim ke customs_documentation@customs.gov.sg. Sementara formulir DOF, unggah di sini.

Ilustrasi kargo udara untuk impor barang. Photo by David Preston on Unsplash
Ilustrasi kargo udara untuk impor barang. Photo by David Preston on Unsplash

Setelah mengajukan DOF dan dokumen pendukung, status pengajuan dapat dilihat TradeNet. Langkah selanjutnya:

  • Ajukan izin Customs In-Non Payment (keringanan GST) via TradeNet 5 hari setelah pengajuan keringanan GST disetujui.
  • Apabila ada barang yang kena bea, segera ajukan izin In-Payment (bea dan GST).

Agen yang ditunjuk harus mengambil barang atas nama #SGB_Family usai mendapatkan izin Customs In-Non-Payment (GST Relief). Barang yang diimpor melalui laut diambil di area pelabuhan PSA, sedangkan yang melalui udara diambil di Changi Airfreight Center. Di titik masuk, tunjukkan barang yang diimpor, izin Customs In-Non Payment (GST Relief), dan dokumen pendukung lain.

keringanan pajak barang
Ilustrasi suasana di bandara. Photo by Connor Danylenko on Pexels

Namun, jika tidak memenuhi syarat untuk mendapat keringanan GST, maka aplikasi DOF akan ditolak. Sampaikan kepada agen pengiriman untuk mengajukan izin In-Payment (GST) agar dapat mengimpor barang pribadi #SGB_Family.

Ilustrasi barang bawaan pribadi. Photo by Gustavo Fring on Pexels
Ilustrasi barang bawaan pribadi. Photo by Gustavo Fring on Pexels

Barang pribadi yang dibawa langsung juga bisa mendapat keringanan pajak. Syaratnya, isi formulir minimal 3 hari sebelum tiba di Singapura. Formulirnya Application for GST Relief for Hand-Carried Used Household Articles and Personal Effects and Personal Pets, unduh di sini. Bagi warga negara dan penduduk tetap Singapura yang kerja di luar negeri, sertakan fotokopi paspor/NRIC dan bukti kerja di luar negeri seperti visa izin kerja, kartu izin kerja, atau surat penugasan.

Ilustrasi Jewel Changi Airport.Photo by Marvin Chandiary on Pexels
Ilustrasi Jewel Changi Airport.Photo by Marvin Chandiary on Pexels

Bagi warga negara atau penduduk tetap Singapura yang belajar di luar negeri, sertakan juga fotokopi paspor atau NRIC dan bukti sekolah di luar negeri seperti visa pelajar atau kartu pelajar. Bagi orang asing, sertakan fotokopi paspor, bukti pindah tempat tinggal seperti kartu izin kerja/kartu pelajar/dependant pass, dan dokumen pendukung lain misalnya surat kerja atau surat tugas dari perusahaan atau surat persetujuan dari MOM.

Proses mendapat keringanan pajak barang buat pindahan ke Singapura memang cukup panjang dan detail. Maka, perhatikan setiap dokumen dan syarat yang tertera supaya tidak ada kekeliruan. #SGB_Family ada yang punya pengalaman pindahan ke Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×