fbpx

Polisi New Zealand Resmi Perkenalkan Seragam Berjilbab, Seperti Apa?

  • November 20, 2020
  • Dibaca 57 kali

Ada banyak cara untuk menghargai keberagaman beragama. Seperti di New Zealand yang memperkenalkan seragam berjilbab untuk polisi wanita. Dilansir dari NZ Herald, seragam baru tersebut untuk pertama kali dikenalkan kepada khalayak ramai sebagai tanda dukungan kepada komunitas Muslim. Seperti apa bentuk dari seragam ini? Dan fakta apa yang menarik dari pengenalan tersebut? Berikut ini ulasannya.

Bentuk Dukungan Kepada Komunitas Muslim

Seragam polisi New Zealand (mothership.sg)

Seragam polisi New Zealand dengan jilbab ini pertama kali dikenalkan oleh Zeena Ali. Perempuan tersebut merupakan polisi berusia tiga puluh tahun pertama yang diberi kesempatan untuk memakai baju dinas tersebut. Masih dari sumber yang sama, Ali menyebutkan jika pembuatan seragam hijab tersebut merupakan bentuk dukungan kepada komunitas muslim setelah serangan teror Christchurch pada tahun 2019 lalu.

Dilansir dari mothership.sg, Zeena Ali sendiri merupakan salah satu muslim yang memutuskan bergabung dengan kepolisian New Zealand semenjak teror Christchurch. Ia merasa bangga menjadi bagian dari kepolisian dan bisa menggunakan jilbab dalam bertugas. Seragam tersebut dinilai Ali memiliki dua fungsi yaitu peran sebagai polisi dan kewajiban terhadap agama. Dalam artian, Ali tidak perlu dilema dalam memilih agama atau pekerjaan. 

Kebanggaan untuk Memajukan Kepolisian di Masa Depan

Polisi New Zealand (mothership.sg)

Ali sebagai polisi berjilbab pertama juga menjelaskan jika selama ini banyak wanita muslim yang takut untuk berbicara kepada polisi. Bahkan tidak sedikit yang menutup pintu dengan rapat ketika seorang pria datang untuk berbicara kepada mereka. Adanya polisi wanita berjilbab, mereka berharap bahwa wanita muslim merasa aman dan terlindungi. 

Polisi perempuan yang baru saja mendaftar ini juga berharap jika banyak wanita muslim lainnya yang berminat untuk menjadi polisi. Ali juga juga berharap jika kehadiran seragam ini dapat memajukan kepolisian New Zealand dalam melindungi masyarakat.

Dirancang dengan Pelajar di Sekolah Bergengsi

Massey School (IG:nnm_pink)

Seragam polisi berjilbab ini merupakan hasil kerja sama dengan seorang pelajar muslim di salah satu universita bergengsi di New Zealand, yaitu Massey Design School. Bersama dengan ali, perancang tersebut menguji bahan hingga model sehingga nyaman dan aman untuk digunakan. 

Perkembangan Kasus Covid-19 di New Zealand

Perkembangan Covid-19 di New Zealand (unsplash)

Di balik berita mengenai seragam baru kepolisian untuk wanita muslim, ada kabar kurang baik dari negara satu ini. Seperti yang diberitakan oleh ChannelNewsAsia, Pemerintah New Zealand kembali mewajibkan penggunaan masker kepada pengguna transportasi umum di Kota Auckland serta semua penerbangan domestik. Himbauan pemakaian masker ini dimulai pada tanggal 19 November 2020 menyusul adanya kasus baru yang dilaporkan oleh masyarakat.

Aturan penggunaan masker ini berlaku untuk warga serta traveler yang berusia di atas 12 tahun, dan berada di transportasi umum yang masuk dan keluar Auckland. Hal tersebut juga berlaku pada pengemudi taksi online. New Zealand sendiri telah mencatat 1.645 infeksi dan 25 kematian akibat virus corona. Hasil tersebut menjadinya sebagai negara dengan kasus infeksi terendah di dunia. 

Nah, itulah kabar terbaru dari New Zealand dan beserta seragam baru kepolisian dengan hijabnya. Bagaimana tanggapan kamu mengenai inovasi baru satu ini? Sangat istimewa untuk tetap mendukung kepolisian dan menghormati keberagaman bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial