fbpx

Moderna Vaksin Covid-19 Sembuhkan Hampir Sempurna, Benarkah?

  • November 18, 2020
  • Dibaca 55 kali
tiket dari China ke Singapura naik

Menghadapi pandemi yang tengah berlangsung di berbagai belahan dunia ini, perusahaan-perusahaan medis di dunia terus berupaya untuk menemukan vaksin Covid-19 yang dapat menghambat penyebaran virus tersebut. Siapa nih yang udah nggak sabar bisa kembali bekerja, beraktivitas, juga liburan dengan aman dan nyaman? Kabarnya, Moderna Vaksin Covid-19 ini akan menyembuhkan hampir sempurna. Baca berita detailnya, ya!

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash)

Jika beberapa waktu lalu perusahaan Pfizer mengumumkan perkembangan menjanjikan vaksin Covid-19, kini Moderna juga turut mengumumkan hasil yang sama. Vaksin baru yang dihasilkannya diklaim menunjukkan keefektifan hampir sebesar 95 persen.

Dilansir dari mothership.sg, uji coba melibatkan sebanyak 30 ribu orang di Amerika Serikat. Setengah dari para subjek diberikan suntikan plasebo, sedangkan setengah lainnya diberikan dua dosis vaksin dalam jarak empat minggu.

Tes Covid-19 (unsplash)

Analisa tersebut didasarkan pada 95 kasus pertama yang menunjukkan gejala Covid-19. Dari beberapa kasus Covid-19 yang ditemukan tersebut, hanya 5 kasus yang ditemukan terjadi pada subjek yang diberikan vaksin, sedangkan 90 lainnya terjadi pada subjek yang diberikan plasebo.

Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa vaksin yang dihasilkannya melindungi sebanyak 94,5% orang. Data dari penelitian tersebut juga menemukan bahwa 11 kasus diantaranya merupakan kasus Covid-19 berat, namun tidak terjadi pada subjek yang sudah mendapatkan imunisasi. Wah, benar-benar berita yang melegakan ya, #SGB_Family!

Ilustrasi pembuatan obat (unsplash)

Perkembangan yang menjanjikan ini mendorong Moderna untuk segera mengajukan izin edar. Pihaknya menyebutkan akan segera mengajukan izin dalam beberapa minggu mendatang. Selanjutnya diharapkan sebanyak 20 juta vaksin akan tersedia di Amerika Serikat.

Selain mengupayakan vaksin untuk negaranya, Moderna juga menyebutkan harapannya untuk menyediakan sebanyak 1 milyar dosis vaksin untuk digunakan di seluruh dunia. Untuk Moderna juga akan berusaha mendapatkan izin di berbagai negara lainnya juga.

Ilustrasi orang sedang jalan-jalan di Marina Bay. Photo by Victor He on Unsplash
Ilustrasi orang sedang jalan-jalan di Marina Bay. Photo by Victor He on Unsplash

Meski sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan, masih belum diketahui berapa lama imunitas terhadap Covid-19 ini akan dapat bertahan. Tindak lanjut yang jauh lebih lama masih perlu dilakukan untuk mengetahui hasilnya. Walaupun demikian, vaksin ini terlihat menunjukkan perlindungan pada mereka yang berusia tua yang berada pada risiko tinggi meninggal karena Covid-19.

Selain itu, beberapa efek samping juga dirasakan oleh beberapa subjek. Beberapa efek sampingnya termasuk kelelahan, sakit kepala, dan nyeri. Meski demikian efek samping ini wajar terjadi dan menunjukkan bahwa vaksin tersebut bekerja.

Ilustrasi pemberian vaksin (unsplash)

Moderna mengembangkan suatu vaksin RNA. Bagian dari kode genetik virus corona disuntikkan ke dalam tubuh. Selanjutnya, protein virus akan terbentuk di dalam tubuh, namun bukan virus secara keseluruhan. Inilah yang nanti akan digunakan oleh sistem imun untuk berlatih menyerang virus tersebut.

Cara ini membantu tubuh untuk membentuk antibodi dan bagian lain sistem imun yang disebut T-cell untuk menyerang virus corona. Baik Pfizer maupun Moderna menggunakan pendekatan eksperimental untuk mengembangkan vaksinnya. Hasil positif yang ditunjukkan kedua perusahaan tersebut semakin meningkatkan kepercayaan diri bahwa vaksin akan mampu mengakhiri pandemi ini.

Nah itulah kabar baik yang bisa menjadi secercah harapan bagi kita semua. Sabar dan tetap menjaga diri jika harus beraktivitas di luar rumah, ya. Semoga Moderna Vaksin Covid-19 dan obat Coronavirus lainnya bisa segera diresmikan dan dibagikan. Siapa nih yang udah kangen banget liburan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial