fbpx

Tips Hadapi Kecelakaan Lalu Lintas di Singapura, Ambil Bukti Foto!

  • November 13, 2020
  • Dibaca 45 kali
tips hadapi kecelakaan di Singapura

Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi di mana saja dengan beragam faktor penyebabnya. Apabila tidak dapat dihindarkan, #SGB_Family dapat melakukan sejumlah tindakan saat menghadapi kecelakaan lalu lintas di Singapura. Tips hadapi kecelakaan lalu lintas di Singapura berikut ditujukan kepada #SGB_Family yang mungkin terlibat langsung. Simak ulasan berikut, ya.

Ilustrasi mobil rusak. Photo by Michael Jin on Unsplash
Ilustrasi mobil rusak. Photo by Michael Jin on Unsplash

Menurut singaporelegaladvice.com, apabila mengalami kecelakaan lalu lintas, sebaiknya minta informasi diri pihak lain yang juga terlibat dalam kecelakaan. Lakukan hal ini kalau pihak tersebut tidak terluka parah dan masih bisa diajak berkomunikasi. Mintalah nama lengkap, nomor NRIC atau FIN, nomor telepon, alamat rumah, nomor kendaraan, dan detail asuransi. 

Informasi tersebut berguna untuk membuat laporan terkait nantinya. Misalnya pihak yang terlibat kecelakaan ada penumpang, pejalan kaki atau saksi, maka informasi data diri mereka sebaiknya #SGB_Family minta.

Ilustrasi foto TKP. Photo by Matthew T Rader on Unsplash
Ilustrasi foto TKP. Photo by Matthew T Rader on Unsplash

Kumpulkan bukti kecelakaan di tempat kejadian perkara (TKP). Tujuannya sebagai bukti jika nantinya muncul perselisihan tentang kewajiban pihak yang terlibat kecelakaan. #SGB_Family dapat mengumpulkan data berikut ini:

  • Foto lokasi TKP dan sekitarnya. Dalam satu frame sebaiknya menangkap seluruh bagian termasuk marka jalan, marka selip, dan atau reruntuhan bangunan di sekitar.
  • Foto kerusakan kendaraan sendiri dan kendaraan lain yang terlibat, kalau bisa dalam satu frame mencakup nomor plat kendaraan. Kalau terjadi tabrakan beruntun, foto kendaraan dengan kontak langsung misalnya kendaraan depan atau belakang.
  • Cata semua nomor plat kendaraan.
  • Catat tanggal, waktu, dan lokasi tempat kejadian. Sekalian cuaca dan kondisi jalan pada saat itu.
  • Simpan salinan rekaman kamera dasbor yang merekam kejadian.
  • Kalau tidak membawa kamera, buatlah gambar sketsa TKP yang detail termasuk posisi kendaraan dan landmark terdekat.

tips hadapi kecelakaan di Singapura
Ilustrasi ambulans. Photo by Nate Isaac on Unsplash

Setelah kecelakaan terjadi, segera periksa apakah ada pihak yang terluka. Kalau diperlukan, segera panggil ambulans untuk darurat medis di nomor 995. Sementara menunggu ambulans datang, jangan menggerakkan atau memindahkan tubuh maupun kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Ilustrasi dua mobil polisi lalu lintas sedang siap siaga. Photo by Arthur White on Unsplash
Ilustrasi dua mobil polisi lalu lintas sedang siap siaga. Photo by Arthur White on Unsplash

#SGB_Family sebaiknya segera panggil polisi di nomor 999 kalau kecelakaan melibatkan kematian, pejalan kaki atau pengendara sepeda, kasus tabrak lari, korban luka yang harus dibawa ke rumah sakit, kerusakan properti pemerintah, dan kendaraan asing. 

Beri semua informasi yang dimiliki kepada polisi, karena bisa menjadi acuan untuk catatan resmi kecelakaan itu. Informasi detail yang #SGB_Family juga dapat digunakan oleh perusahaan asuransi, polisi, dan pengacara saat membuat atau membela klaim kecelakaan.

tips hadapi kecelakaan di Singapura
Ilustrasi lokasi kecelakaan. Photo by Macau Photo Agency on Unsplash

Berdasarkan gia.org.sg, #SGB_Family juga harus menghubungi pihak asuransi dalam jangka waktu 24 jam atau pada hari kerja berikutnya setelah kecelakaan terjadi. Apabila tidak melaporkan kecelakaan kepada pihak asuransi, maka mereka mungkin akan menolak kewajiban. Selain itu, diskon tanpa klaim mungkin akan ditangguhkan sampai perpanjangan polis. Tidak menutup kemungkinan juga perusahaan asuransi akan membatalkan atau menolak memperbarui polis.

Ilustrasi mobil penyok. Photo by Marc Noorman on Unsplash
Ilustrasi mobil penyok. Photo by Marc Noorman on Unsplash

Biarkan pihak lain memeriksa seberapa parah kerusakan kendaraan kalau #SGB_Family ingin mengajukan klaim atas kerusakan kendaraan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk transparansi dalam pengajuan klaim kerusakan pihak ketiga. Perusahaan asuransi pihak lain yang terlibat kecelakaan akan melakukan pemeriksaan pra-perbaikan dalam waktu 2 hari kerja sejak waktu pemberitahuan.

tips hadapi kecelakaan di Singapura
Ilustrasi truk derek resmi milik polisi. Photo by Macau Photo Agency on Unsplash

Selama berada di TKP, #SGB_Family sebaiknya tidak melakukan 3 hal krusial yang dapat memengaruhi investigasi. Jangan memindahkan kendaraan yang terlibat kecelakaan sebelum mengambil foto lokasi kecelakaan. Kalau ada pihak yang terluka atau terjadi kecelakaan fatal, jangan memindahkan orang atau kendaraan yang terlibat. 

Menurut Motor Claims Framework (MCF), pengendara sangat disarankan untuk tidak berurusan dengan operator truk derek yang tidak resmi selama di lokasi kecelakaan. Jika membutuhkan truk derek untuk mengangkut kendaraan yang terlibat kecelakaan, minta pihak asuransi untuk menghubungi operator truk derek resmi.

Itulah tips apabila #SGB_Family hadapi dalam kecelakaan lalu lintas di Singapura. Hubungi ambulans dan polisi, foto TKP, dan bikin laporan kepada pihak asuransi. Ada yang pernah punya pengalaman terkait kecelakaan lalu lintas di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial