fbpx

Itinerary 2D1N di Tiong Bahru Singapura, Cukup Sejutaan!

  • November 13, 2020
  • Dibaca 96 kali
Ilustrasi Tiong Bahru. Photo by Rayson Tan on Unsplash

Punya waktu liburan singkat jangan dilewatkan. #SGB_Family bisa jalan-jalan di area Tiong Bahru yang seolah membawa kembali ke Singapura di masa lalu. Siapkan budget Rp1.000.000-an untuk memenuhi itinerary 2 hari 1 malam di Tiong Bahru. Dengan modal segitu, bisa makan apa aja dan ke mana? Simak ulasan berikut, ya!

Itinerary di Tiong Bahru
Ilustrasi MRT di Singapura. Photo by Jia Wei Ng on Unsplash

MRT di Singapura sangat memadai dan tarifnya murah. Supaya lebih mudah dan murah, bikin aja EZ-link yang bisa dibeli di Passenger Service. Tersedia di semua stasiun MRT dengan harga $12 atau Rp126.000-an dengan saldo $7 atau Rp74.000-an. Bisa top-up minimal $10 atau Rp105.000-an. Bawa uang pas untuk top-up. Tarif MRT menggunakan EZ-Link $0,83-$1,95 sekali jalan

Hotel 81 Osaka. Instagram @mai_pittayarat
Hotel 81 Osaka. Instagram @mai_pittayarat

#SGB_Family bisa memilih penginapan dengan harga terjangkau yang berlokasi di Tiong Bahru. Bisa juga menginap di hotel yang berada nggak jauh dari Tiong Bahru dan masih bisa dicapai dengan MRT. Hotel 81 Osaka atau Royal Hostel Chinatown misalnya. Kelebihannya, Hotel 81 Osaka dekat bus stop Tiong Bahru dan punya 4 pilihan kamar. Tarif mulai dari Rp850.000 per malam. Di dalam kamar terdapat kulkas mini dan kamar mandinya dilengkapi shower air panas.

Sementara Royal Hostel tarif kamarnya lebih murah mulai dari Rp300.000 untuk kamar dorm. Namun, lokasinya berada di Chinatown MRT Station. Harus naik MRT kalau mau ke Tiong Bahru dengan tarif mulai dari Rp10.000. Fasilitasnya cukup standar seperti kamar mandi dan dapur bersama, ruang ber-AC, dan tentunya wi-fi. 

Hotel 81 Osaka
Sekitar Rp850.000
1 Eng Hoon St, Singapore 169753
Tiong Bahru
hotel81.com.sg

Itinerary di Tiong Bahru
Mee Siam di Ali Corner. Instagram @rachelbartholomeusz

Sarapan

Pilihan sarapan di Tiong Bahru cukup banyak, salah satu yang menjual makanan halal berada di Tiong Bahru Food Centre. Jalan kaki aja sejauh 350 meter, mungkin sekitar 5 menit udah sampai. Langsung aja menuju ke Ali Corner yang menjual makanan Melayu. Beberapa di antaranya adalah Mee Siam, Nasi Ayam Penyet, Nasi Lemak, Laksa, dan Lontong Sayur. Kalau pengin sarapan lebih ringan ada Roti John dan Tahu Goreng. Harga makanan di sini mulai dari $2,5 atau Rp26.000-an.

Ali Corner - Tiong Bahru Food Centre
Mulai $2,5 atau Rp26.000-an
#02-17 30 Seng Poh Rd, Singapore 168898
Selasa-Sabtu 6am-2pm
Tiong Bahru

Wisata

Itinerary di Tiong Bahru
Mural Bird Singing Corner. Instagram @hero.suri

Dua hal yang harus dilakukan saat berada di Tiong Bahru yaitu menikmati tempat kuliner tradisional sampai kekinian dan berfoto di spot mural populer. Langsung aja arahkan tujuan ke 73 Eng Watt Street, 71 Seng Poh Road, dan 74 Tiong Poh Road/Eu Chin Street. Mural indah di area Tiong Bahru merupakan karya Yip Yew Chong. Seniman ini dulunya besar di sekitar sini.

 #SGB_Family bisa jalan kaki sekitar 70 meter ke 71 Seng Poh Road. Mural Bird Singing Corner terkenal banget. Menggambarkan ratusan pencinta burung berkumpul untuk mengagumi peliharaan mereka yang berharga. Tembok di 73 Eng Watt Street penuh mural indah bertajuk Pasar and the Fortune Teller. Bercerita tentang riuahnya pasar zaman dulu. Lanjut ke 74 Tiong Poh Road/Eu Chin Street dengan mural bertema Home.

Mural: Bird Singing Corner
Gratis
73 Eng Watt St, Singapore 160073
24 jam
Tiong Bahru

Nongkrong

Kouign-amann. Instagram @seeingeating
Kouign-amann. Instagram @seeingeating

Lengkapi itinerary di Tiong Bahru dengan mampir ke Tiong Bahru Bakery, toko roti ala Prancis terkenal dengan sajian roti nikmat. Jangan lupa untuk pesan Kouign Amann, roti andalan di Tiong Bahru Bakery. Roti bundar bertekstur renyah dan rasa manis, coba dulu yang original. Harganya sekitar $4,5 atau Rp47.000-an. Jangan keburu pergi. Duduk dulu di luar sembari mengagumi indahnya bangunan lawas di area ini.

Itinerary di Tiong Bahru
Tiong Bahru Bakery. Instagram @utoka

Kalau udah kenyang. Keluarkan kamera dan berfoto aja di depan Tiong Bahru Bakery. Spot instagenic ini begitu populer. Gedung toko dengan dominan warna putih dan turquoise, bikin siapapun pengin mengabadikannya. Spot foto lainnya adalah ilustrasi croissant berwarna oranye di depan kaca lebar toko roti ini.

Tiong Bahru Bakery
Mulai dari $4 atau Rp43.000-an
56 Eng Hoon St, #01-70, Singapore 160056
8am-9pm
Tiong Bahru
tiongbahrubakery.com

Makan Siang

786 Char Kway Teow. Instagram @cosyburrito
786 Char Kway Teow. Instagram @cosyburrito

#SGB_Family bisa menemukan makanan halal di Bukit Merah View Market and Hawker Centre. Tepatnya 786 Char Kway Teow, pemiliknya seorang Muslim. Dari Tiong Bahru Bakery, jalan kaki sekitar 20 menit. Bisa sekalian menikmati area Tiong Bahru. Di sini, #SGB_Family bisa memesan Char Kway Teow berupa mie gandum kuning dengan saus hitam. Lengkap dengan chye sim, kerang, dan telur. Harganya mulai dari $3 atau Rp32.000-an.

786 Char Kway Teow - Bukit Merah View Market and Hawker Centre
Mulai dari $3 atau Rp32.000-an
#01-28, 115 Bukit Merah View, Singapore 151115
Senin-Kamis Sabtu-Minggu 12pm-8pm
Tiong Bahru

Makan Malam

Tongue Tip Lanzhou Beef Noodles. Instagram @thefoodtiles
Tongue Tip Lanzhou Beef Noodles. Instagram @thefoodtiles

Tongue Tip Lanzhou Beef Noodles di Tiong Bahru Plaza menjual lamian khas Lanzhou, China. Lamian ini mie daging sapi khas Muslim China yang menggabungkan daging halal dan kaldu sapi bening dengan bumbu sederhana. Serunya, biasanya penjual lamian membuat mie langsung di tempat. Bisa jadi atraksi seru, melihat bagaimana mereka menarik-narik mie. Di malam hari, #SGB_Family bisa menjajal Signature Beef Noodles dengan kuah hangat.

Tongue Tip Lanzhou Beef Noodles - Tiong Bahru Plaza
Mulai dari $8,9 atau Rp93.000-an
302 Tiong Bahru Rd, #02-107, Plaza 168732
11am-9.30pm
Tiong Bahru
instagram.com/tonguetipbeefnoodles

Sarapan

Roti isi kelapa parut. Instagram @buntimessingapore
Roti isi kelapa parut. Instagram @buntimessingapore

Kawasan Tiong Bahru ini punya beragam toko roti, termasuk di Tiong Bahru Plaza. #SGB_Family bisa menuju ke Bun Times. Cobain roti isi ikan atau ayam yang cocok buat sarapan. Pengin rasa yang lebih kuat, bisa menjajal Curry Bun. Tersedia juga kaya toast, tapi pakai bun alias roti bundar bukan toast. Masih belum kenyang? Bawa pulang aja Mini Buns isi kacang merah dan ubi. Boleh sekalian makan aneka pastry dan pie isi di sini.

Bun Times - Tiong Bahru Plaza
Mulai dari $1 atau Rp11.000-an
302 Tiong Bahru Rd, #B1-123 Tiong Bahru Plaza, Singapore 168732
10am-10pm
Tiong Bahru
buntimes.com.sg

Wisata

Qi Tian Gong Temple. Instagram @itinerarywoman
Qi Tian Gong Temple. Instagram @itinerarywoman

Berwisata di Tiong Bahru ini nggak perlu mengeluarkan budget besar, malah kebanyakan gratis. Hari pertama udah puas mengunjungi spot foto instagenic dan mural keren. Hari ke-2 saatnya tur jalan kaki ke area heritage di Tiong Bahru. #SGB_Family bisa mengikuti peta yang dibuat oleh National Heritage Board. Ada Grave Of Tan Tock Seng, Monkey God Temple, Seng Poh Garden & Dancing Girl Sculpture, dan rumah-rumah lawas di Tiong Bahru. Rute tur jalan kaki di Tiong Bahru sekitar 2,5 kilometer.

Monkey God Temple
44 Eng Hoon St, Singapore 169786
Tiong Bahru

Makan Siang

Wok Hey. Instagram @amk_hub
Wok Hey. Instagram @amk_hub

Masih di Tiong Bahru Plaza, #SGB_Family bisa makan siang setelah berwisata di Wok Hey. Di sini menjual Egg Fried Rice, Shanghai Fried Rice, Fresh Ramen, dan Fresh Udon. Tapi nggak ada tempat duduk di sini karena modelnya hanya stall. Jadi, setelah mendapatkan pesanan bawa ke spot lain. Harga makanan di sini sekitar $6 atau Rp63.000-an.

Wok Hey - Tiong Bahru Plaza
Mulai dari $6 atau Rp63.000-an
302 Tiong Bahru Rd, #B1-113, Singapore 168732
11am-10pm
Tiong Bahru
instagram.com/wokheysg

Nongkrong

House of Peranakan Petit. Instagram @sabrinainthewild
House of Peranakan Petit. Instagram @sabrinainthewild

Lengkapi itinerary 2D1N di Tiong Bahru dengan memasukkan House of Peranakan Petit ke dalam daftar. #SGB_Family bisa nongkrong sambil makan malam di restoran bergaya peranakan nan warna-warni sebagai penutupan di hari ke-2. #SGB_Family bisa menjajal menu andalan di sini berupa Ayam Buah Keluak. Ayam direbus bersama saus asam jawa pedas kental dengan buah keluak. Sebagai dessert, cicipi Pulut Hitam alias bubur ketan hitam..

House of Peranakan Petit
Mulai dari $10 atau Rp106.000-an
42 Eng Hoon St, Estate 169785
11.30am-3pm 6pm-10pm
Tiong Bahru
houseofperanakan.com.sg
Itinerary di Tiong Bahru
Ilustrasi Tiong Bahru. Photo by Rayson Tan on Unsplash

#SGB_Family bisa mencoba itinerary 2D1N di Tiong Bahru untuk liburan singkat dengan modal murah. Ada yang udah mengelilingi seluruh bagian Tiong Bahru dan mencoba makanan ikonik di sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial