fbpx

Tips Cari Kerja Buat Fresh Graduate di Singapura, Cita-cita Banget!

  • November 12, 2020
  • Dibaca 81 kali
Ilustrasi para pekerja sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash

Setelah kuliah di Singapura, nggak ada salahnya sekalian melanjutkan bekerja di sini. Mencari kerja sebagai fresh graduate mungkin nggak mudah, tapi bisa kok. Apalagi kalau sebelumnya udah punya pengalaman kerja misalnya part time atau magang di perusahaan yang sejalan dengan kantor tujuan. Coba ikuti sejumlah tips cari kerja buat fresh graduate di Singapura berikut. Simak, ya!

Tips cari kerja fresh graduate Singapura
Ilustrasi memperbarui informasi CV. Photo by Bram Naus on Unsplash

Resume dan CV (curriculum vitae), bisa dibilang sebagai ‘senjata’ utama untuk melamar pekerjaan. Isi resume dan CV harus yang paling terbaru dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Mencantumkan pengalaman kerja atau projek yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar menggambarkan bahwa #SGB_Family memahami prioritas pekerjaan. 

Menurut blog.moneysmart.sg, #SGB_Family tetap bisa mencantumkan skill utama yang menonjol di CV walaupun nggak memiliki pengalaman kerja full time. Bisa mencantumkan skill yang dipelajari di kampus, magang, atau pekerjaan part time

Ilustrasi resume cetak. Photo by Joao Ferrao on Unsplash
Ilustrasi resume cetak. Photo by Joao Ferrao on Unsplash

Biasanya orang HRD akan mencari kata kunci tertentu di resume. Misalnya mau melamar sebagai social media strategist, maka mereka bisa aja langsung mencari kata tersebut. Tujuannya mengetahui apakah pelamar memiliki pengalaman di bidang tersebut. Maka, #SGB_Family bisa mencoba memasukkan kata kunci itu di dalam resume. Tentunya kalau memang ada pengalaman serupa, ya.

Tips cari kerja fresh graduate Singapura
Ilustrasi sedang mengisi data LinkedIn. Photo by Burst on Unsplash

LinkedIn tempatnya pencari kerja berkumpul, begitu juga dengan job hunter. #SGB_Family dapat membuat profil LinkedIn yang kuat jadi bisa muncul ketika job hunter memasukkan keyword tertentu. Salah satunya dengan mengupdate setiap pekerjaan atau projek. Minta partner kerja atau atasan untuk memberikan rekomendasi di halaman LinkedIn. 

Berdasarkan dollarsandsense.sg, informasi pribadi seperti pengalaman dan pengalaman volunteer juga dapat membantu meningkatkan profil. Terutama kalau #SGB_Family terlibat secara signifikan misalnya sebagai ketua projek atau partisipan reguler. Jangan lupa untuk menulis detail pekerjaan menggunakan istilah yang terkait kata kunci pekerjaan. Tentunya, profil LinkedIn harus sesuai dengan resume. Jangan sampai membingungkan job hunter.

Ilustrasi daftar via situs resmi perusahaan. Photo by Sincerely Media on Unsplash
Ilustrasi daftar via situs resmi perusahaan. Photo by Sincerely Media on Unsplash

Banyak banget portal pencari kerja yang mencantumkan informasi lowongan kerja. Namun, portal ini bukan satu-satunya jalan untuk melamar pekerjaan. #SGB_Family bisa menentukan mau melamar pekerjaan di perusahaan apa, kunjungi situs resminya. Biasanya ada halaman Career atau Recruitment. Nggak usah ragu, langsung kirim resume dan portofolio kalau sedang ada lowongan pekerjaan.

Tips cari kerja fresh graduate Singapura
Ilustrasi UX designer sedang bekerja. Photo by Christina on Unsplash

Perusahaan multinasional besar seperti bank di Singapura sering mengadakan program manajemen training buat fresh graduate. Tapi biasanya cuma diumumkan di universitas tertentu dengan kuota terbatas. Peran ini memang cukup bergengsi dan gajinya besar. Kalau belum berhasil menduduki posisi trainee manajemen, pertimbangkan untuk peran kerjaan khusus. Misalnya software developer, UX designer, public relations executive, dan marketing executive.

Ingin melamar pekerjaan spesifik tapi belum punya pengalaman? Coba dulu menjadi intern. Setelah mendapatkan pengalaman kerja yang cukup memadai untuk daftar sebagai pekerja full time, sudahi menjadi intern.

Tips cari kerja fresh graduate Singapura
Ilustrasi para pekerja sedang meeting. Photo by Christina on Unsplash

Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang mempekerjakan pekerja kontrak. Jadi, mereka lebih leluasa untuk merombak kebutuhan bisnis baik merampingkan maupun meningkatkan. Walaupun benefit pekerja kontrak nggak sebanyak pekerja tetap, tapi masih beberapa perusahaan malah menawarkan gaji yang sedikit lebih tinggi, bonus, dan kenaikan gaji setelah perpanjangan kontrak.

Selain itu, di Singapura ada kebijakan yang menetapkan kondisi kerja lebih baik bagi pekerja kontrak berjangka. Pekerja kontrak bisa cuti dan notice period jadi kalau mau berhenti atau diberhentikan ada pemberitahuan lebih awal. Pekerja pun punya waktu untuk mencari pekerjaan lain. Di industri tertentu, pekerjaan kontrak adalah cara untuk memulai karir. Hal ini terutama berlaku untuk perusahaan besar dan bergengsi seperti bank multinasional.

Ilustrasi rapikan konten media sosial. Photo by Windows on Unsplash
Ilustrasi rapikan konten media sosial. Photo by Windows on Unsplash

Udah bukan rahasia lagi kalau media sosial juga menjadi bagian dari portofolio. Sekarang ini, pekerjaan kebanyakan meminta pelamar mencantumkan media sosial yang mereka gunakan. Kalau #SGB_Family melakukan hal itu, maka pastikan untuk merapikan media sosial. Bakal lebih baik lagi kalau konten di media sosial berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya mau kerja sebagai penulis perjalanan, maka unggah foto liburan dengan caption menarik.

Ilustrasi uang kertas. Photo by Blogging Guide on Unsplash
Ilustrasi uang kertas. Photo by Blogging Guide on Unsplash

Walaupun sebagai fresh graduate, tetap perhatikan permintaan gaji. Beberapa tempat kerja mungkin memberikan gaji nggak standar kepada mahasiswa yang baru lulus. Nggak menjanjikan juga mereka akan menaikkan gaji untuk periode selanjutnya. Riset dulu standar gaji di bidang pekerjaan yang #SGB_Family lamar. Bisa juga tanya kepada senior di kampus yang bekerja di bidang serupa. Minta gaji standar. Kalau punya pengalaman kerja sebelumnya, malah bisa minta gaji di atas standar.

Ilustrasi meja kerja. Photo by Dan Dimmock on Unsplash
Ilustrasi meja kerja. Photo by Dan Dimmock on Unsplash

Pekerjaan di luar sana memang kebanyakan menuntut pelamar untuk memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun. Tapi itu tergantung pada jenjang pekerjaan. Ada juga pekerjaan untuk entry level atau fresh graduate. Beberapa pekerjaan untuk awal karir dengan bayaran tertinggi di Singapura adalah akuntan senior dengan pengalaman 3-6 tahun, seperti dikutip dari blog.moneysmart.sg. Gajinya $5.000 sampai $8.000.

Begitu juga dengan analis perbendaharaan senior atau analis perbendaharaan. Gajinya $5.000 sampai $8.000, dengan pengalaman 3-6 tahun. Ada juga manajer layanan teknis di bidang teknologi dengan syarat pengalaman 4-6 tahun, gajinya $6.500 sampai $9.500. 

Itulah tips cari kerja buat fresh graduate di Singapura. Kalau #SGB_Family bukan warga negara atau penduduk tetap Singapura, pastikan untuk ajukan visa kerja di Singapura. Soalnya, visa kerja bakal jadi syarat buat melamar pekerjaan sebagai warga negara asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial