fbpx

Vaksin Covid-19 Jaminan Hampir 100%, Apakah Ada Efeknya?

  • November 10, 2020
  • Dibaca 51 kali

Pandemi Coronavirus telah berlangsung hampir satu tahun. Hingga kini belum ditemukan obat Covid-19 untuk bisa mengatasi virus menular ini. Meski demikian, upaya pembuatan vaksin terus dilakukan untuk menghambat penyebaran virus berbahaya ini. Namun kabar terbarunya, vaksin Covid-19 pertama sudah berhasil dibuat dan menjamin hampir 100% lho. Bagaimana keterangan lengkapnya? Baca terus artikel ini, ya.

Ilustrasi seseorang berada di laboratorium. Photo by CDC on Unsplash
Ilustrasi seseorang berada di laboratorium. Photo by CDC on Unsplash

Dilansir dari bbc.com, Pfizer dan BioNTech merupakan dua dari beberapa perusahaan atau lembaga di dunia yang mengembangkan vaksin Covid-19. Merupakan obat virus Corona pertama yang berhasil dibuat. Vaksin ini dilaporkan mampu memberikan perlindungan hingga 90% orang pada analisis awal. Hal ini tentu merupakan terobosan yang melegakan dan dianggap sebagai perkembangan yang baik bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Ilustrasi vaksin (Photo by Chang Duong on Unsplash)

Vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer dan BionNTech ini telah diuji coba pada sebanyak 43.500 orang di enam negara. Hingga saat ini tidak ada masalah keamanan maupun keselamatan yang dilaporkan dari pemakaian vaksin tersebut. Wah, pasti jadi kabar gembir bagi #SGB_Family di mana pun, ya?

Perusahaan tersebut kini tengah berencana untuk mengajukan izin darurat untuk bisa menggunakan vaksin tersebut pada akhir bulan. Hingga saat ini, belum ada vaksin lain yang terbukti sangat efektif dalam waktu sesingkat itu. Beberapa bahkan berpendapat bahwa masyarakat akan bisa kembali hidup secara normal seperti sebelum pandemi terjadi pada musim semi nanti. Jadi makin nggak sabar!

Ilustrasi obat untuk Covid-19 (Photo by Science in HD on Unsplash)

Penggunaan vaksin yang disertai dengan perawatan dianggap sebagai cara terbaik untuk segera mengakhiri berbagai keterbatasan kehidupan new normal seperti sekarang ini. Data dari hasil uji coba menunjukkan bahwa diperlukan dua dosis vaksin yang diberikan dalam jarak tiga minggu. Bisa lepas masker, nih?

Uji coba tersebut dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Brazil, Argentina, Afrika Selatan dan Turki. Hasilnya menunjukkan bahwa perlindungan sebesar 90% dapat dicapai dalam waktu tujuh hari setelah diberikannya dosis kedua. Hasil tersebut baru dicoba pada 94 sukarelawan pertama yang terjangkit Covid, sehingga keefektifan pasti dari vaksin tersebut masih dapat berubah jika hasil keseluruhannya dianalisa kembali.

Meski demikian, Dr Albert Bourla selaku kepala Pfizer mengatakan bahwa pihaknya telah satu langkah lebih dekat dalam upaya menghasilkan terobosan yang sangat penting ini bagi masyarakat di dunia demi mengakhiri krisis kesehatan global ini. Wah, semoga hasilnya terus membaik dan bisa segera dipasarkan, ya? Siapa yang udah nggak sabar?

Ketersediaan Vaksin (Photo by Louis Reed on Unsplash)

Kedua perusahaan menyebutkan bahwa mereka akan mampu menyupai sebanyak 50 juta dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun ini dan sekitar 1,3 juta dosis pada akhir tahun 2021. Setiap orang akan membutuhkan dua dosis. Inggris akan mendapatkan 10 juta dosis pada akhir tahun dengan 30 juta dosis lainnya sudah dipesan.

Jumlah vaksin memang masih terbatas dan kedua perusahaan menyebutkan bahwa sampai vaksin tersebut belum mendapatkan izin, maka kampanye vaksinasi tidak akan bisa dilakukan terlebih dahulu. Meski demikian, pihaknya menyebutkan bahwa pada minggu ketiga November, mereka sudah akan mendapatkan cukup data untuk bisa mengajukan izin penggunaan vaksin tersebut.

Ilustrasi prioritas vaksin (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)

Meski udah nggak sabar, #SGB_Family harus sabar dulu. Nggak semua orang akan langsung mendapatkan vaksin Covid-19. Setiap negara harus memutuskan siapa yang menjadi prioritas. Staf rumah sakit akan berada di urutan atas prioritas mengingat mereka berisiko tinggi. Selain itu, mereka yang lanjut usia dan memiliki risiko karena penyakit berat juga akan mendapatkan prioritas utama.

Vaksin Covid-19 pertama dengan jaminan hampir 100 persen ini dan terbukti ampuh pada 94 sukarelawan terinfeksi. Semoga bisa segera bisa diproduksi massal dan dibagikan secara merata. Siapa nih yang nggak sabar bisa traveling lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial