fbpx

UPDATE Wisata Singapura: Turis China Masuk Singapura sampai City Tour!

  • November 10, 2020
  • Dibaca 78 kali
Ilustrasi kapal pesiar World Dream. Instagram @lesleslin

Wisata domestik Singapura sudah mulai berjalan. Beberapa event ada yang berjalan secara langsung dengan menjalani protokol kesehatan. Ada berbagai update terkait wisata di Singapura yang patut #SGB_Family ketahui. Mulai dari harga tiket pesawat ke Singapura naik sampai serunya warga Singapura naik kapal pesiar tanpa tujuan. Mau tahu informasi selengkapnya? Simak ulasan berikut.

update wisata Singapura
Ilustrasi turis di Jewel Changi Aiport. Photo by Bady Abbas on Unsplash

Tepat pada 6 November 2020 sebanyak 22 turis China tiba di Singapura, seperti dikutip dari straitstimes.com. Hal ini terjadi setelah perjalanan udara kembali dibuka pada 1 September 2020. Singapura telah membuka perbatasan bagi turis di sejumlah negara, yang terbaru dari China. Turis dari China yang hasil tes PCR-nya negatif, tidak perlu memberikan laporan kepada pihak Singapura. Aturan ini juga berlaku bagi warga negara dan penduduk tetap Singapura yang baru kembali dari China.

Syaratnya, turis China yang tiba di Singapura harus melakukan tes PCR. Apabila hasil tes positif, maka tidak perlu melakukan karantina mandiri. Dengan adanya aturan ini, turis dari China untuk tujuan wisata maupun bisnis bisa masuk ke Singapura. Namun, sebelumnya mereka harus karantina di China selama 14 hari karena perbatasan keluar China masih belum sepenuhnya buka.

Ilustrasi Hong Kong. Photo by Bantersnaps on Unsplash
Ilustrasi Hong Kong. Photo by Bantersnaps on Unsplash

Berdasarkan straitstimes.com, gelembung perjalanan udara (travel bubble) antara Singapura dan Hong Kong diumumkan bulan lalu. Dengan adanya aturan ini, turis dapat melakukan perjalanan udara antara dua hub udara tanpa perlu melakukan karantina. Selain itu, tidak perlu juga memberikan laporan kepada pihak Singapura, maupun melaporkan rencana perjalanan yang harus dikontrol.

Penumpang yang akan melakukan penerbangan Singapura-Hong Kong harus berada di Singapura atau Hong Kong 14 hari sebelum melakukan perjalanan. Tentunya, hasil tes PCR mereka harus negatif. Travel bubble diperkirakan akan mulai akhir bulan ini. Namun, tarif tiket pesawat sudah melonjak 30-40 persen. 

update wisata Singapura
Ilustrasi Singapore Airlines. Photo by Martin Widenka on Unsplash

Bulan ini, Singapore Airlines (SIA) dan SilkAir memiliki 10 penerbangan mingguan. Namun, berikutnya antara dua hub udara turun dari 49 penerbangan mingguan sebelum pandemi. Rencananya, penerbangan akan ditambahkan setelah peraturan secara resmi dimulai.

Ilustrasi kapal pesiar World Dream. Instagram @lesleslin
Ilustrasi kapal pesiar World Dream. Instagram @lesleslin

Untuk pertama kalinya setelah circuit breaker, warga Singapura akhirnya bisa liburan naik kapal pesiar. Berawal dari Marina Bay Cruise Centre, kapal pesiar World Dream akan berangkat pada 6 November, seperti dilansir dari straitstimes.com. Penumpang diperbolehkan check-in pada pukul 2pm dan kapal akan berlayar tanpa tujuan sekitar jam 9pm.

Jadi penumpang bisa menikmati pemandangan dari atas kapal pesiar selama dua malam. Untuk bisa menikmati pelayaran ini, penumpang bisa dikenai biaya mulai dari $1.400. Tidak sampai penuh, kapasitas kapal pesiar akan dikurangi sampai 50%. Total akan ada sekitar 1.700 penumpang yang bakal menaiki kapal pesiar World Dream.

Turis berada di Marina Bay Cruise Centre Singapore. Instagram @aakritiranaofficial
Turis berada di Marina Bay Cruise Centre Singapore. Instagram @aakritiranaofficial

Selain pengurangan kapasitas penumpang, beberapa upaya lain sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan adalah mewajibkan penumpang registrasi sebelum masuk dan diuji untuk Covid-19. Penumpang juga diwajibkan menggunakan masker dan jaga jarak selama berada di kapal pesiar. Meja dipisahkan dan beberapa tempat diberi batasan, seperti hanya 26 penumpang yang diperbolehkan berada di kolam renang di waktu yang bersamaan.

Ilustrasi Chinatown Singapura. Photo by Lily Banse on Unsplash
Ilustrasi Chinatown Singapura. Photo by Lily Banse on Unsplash

Update wisata Singapura selanjutnya cocok untuk kegiatan weekend, nih. Pada 9 November kemarin, Singapore Press Holdings’ Chinese Media Group (CMG) dan Heartland Enterprise Centre Singapore (HECS) telah meluncurkan City Tour di Singapura. Akan ada 80 tempat tur yang beberapa di antaranya adalah situs sejarah dan budaya di sekitar Ang Mo Kio Town Central dan Kebun Baru Neighborhood Centre. Acara ini didukung oleh  Federation of Merchants’ Associations Singapore (FMAS) dan Enterprise Singapore.

Kegiatan ini akan dilakukan pertama kali pada tanggal 29 November dengan 10 tur. Dengan mengeluarkan biaya sebesar $10/orang per perjalanan, pengunjung sudah bisa melakukan perjalanan selama 3,5 jam. Dalam perjalanan ini, akan ada 8 grup yang tidak lebih dari 10 orang. Tempat bersejarah yang akan dikunjungi beberapa di antaranya adalah seni mural dan bangunan toko tua yang sudah ada selama puluhan tahun di Ang Mo Kio.

Ilustrasi Masjid Sultan Singapura. Photo by Zhu Hongzhi on Unsplash
Ilustrasi Masjid Sultan Singapura. Photo by Zhu Hongzhi on Unsplash

Kalau di Kebun Baru, pengunjung bakal mengunjungi tempat yang dulunya kontes burung diadakan. Nggak hanya itu, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner saat perjalanan mampir ke Mayflower Market and Hawker Centre dan Ang Mo Kio Central Market and Food Centre. Pengunjung juga bakal merasakan asiknya keliling jantung sampai sudut Singapura naik bus tingkat dengan atap terbuka.

Supaya tidak ketinggalan berbagai update wisata Singapura, #SGB_Family bisa terus mengikuti berita di situs ini dan Instagram @singaporeguidebook. Dari berbagai update di atas, bagaimana pendapat #SGB_Family? Ada yang mungkin ikut naik kapal pesiar atau city tour?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial