fbpx

Good Bye Kucing di Masjid Hagia Sophia Turki, Sang Legendaris!

  • November 9, 2020
  • Dibaca 56 kali
FI Kucing di Hagia Sophia. Instagram @yashastliwa @laitha_moment

Hagia Sophia di Istanbul, Turki, merupakan tempat wisata bersejarah yang sangat terkenal di penjuru dunia. Tempat ini telah mengalami berbagai perubahan sejak pertama kali dibangun. Selain bangunannya, ada penjaga Hagia Sophia yang juga tidak kalah terkenal yaitu Gli, seekor kucing betina yang lucu. Namun, kabar duka datang, Gli sudah mati. Informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

Kucing lucu di Hagia Sophia. Instagram @jayflyyy
Kucing lucu di Hagia Sophia. Instagram @jayflyyy

Gli, nama kucing terkenal yang tinggal di Hagia Sophia meninggal dunia. Menurut Anadolu Agency, situs berita Turki, Gli mati pada 7 November 2020 pukul 20.27 waktu setempat. Masyarakat mengetahui tentang kepergian Gli melalui cuitan di akun Twitter Wali Kota Metropolis Turki Ali Yerlikaya pada 8 November 2020. Berdasarkan postingan Yerlikaya, Gli dirawat di klinik hewan di Istanbul sejak 24 September 2020. Gli mati karena usia yang sudah tua, 16 tahun.

Hagia Sophia jadi masjid lagi. Instagram @daniellenava
Menjadi masjid lagi. Instagram @daniellenava

Sebenarnya dari mana datangnya Gli sampai begitu terkenal sebagai penjaga gedung cantik ini? Berdasarkan hagiasophiaturkey.com, Gli lahir dari induk kucing bernama Sofi pada 2004. Gli punya saudara bernama Pati dan Kizim, tetapi Pati meninggal dunia. Awalnya, Gli mau diberi nama Gri yang berarti abu-abu, sesuai dengan warna bulunya. Namun, akhirnya dinamai Gli yang artinya persatuan cinta karena ia begitu menggemaskan.

Hagia Sophia Turki. Instagram @camy_vlas
Destinasi ikonik di Turki. Instagram @camy_vlas

Seumur hidupnya, Gli hanya mempunyai satu anak kucing betina bernama Karakiz, bulunya hitam legam. Sayangnya, Karakiz meninggal akibat ditabrak bus. Karakiz dirawat di klinik hewan karena patah punggung. Namun, Karakiz tidak bisa dirawat di museum karena berbagai alasan. Akhirnya, ia ditidurkan selamanya.

Kucing di Hagia Sophia. Instagram @yashastliwa
Gli yang ikonik ( Instagram @yashastliwa)

Awalnya, Gli terkenal karena R.Tayyip Erdoğan yang kala itu menjabat sebagai perdana menteri Turki mengusap kucing lucu ini. Sang perdana menteri sedang berkunjung bersama Barack Obama. Obama pun ikut mengusap Gli yang tampak tenang.

Momen yang terjadi pada 2009 ini ditangkap kamera dan mendapat reaksi positif setelah dipublikasi. Saking terkenalnya, Gli punya Instagram @hagiasophiacat. Banyak pengunjung Hagia Sophia yang menyempatkan untuk berfoto bersama Gli.

Duduk dalam Hagia Sophia. Instagram @vasininna
Interior Gedung. Instagram @vasininna

Gli, sang kucing lucu ini, telah menyaksikan perubahan bangunan masjid. Ketika ia pertama kali tinggal di sini, Hagia Sophia berperan sebagai museum yang termasuk situs Warisan Dunia UNESCO. Pada Juli 2020, presiden Turki memutuskan untuk mengubahnya kembali menjadi masjid. Bahkan salat Jumat pertama dilakukan di Hagia Sophia setelah ratusan tahun pada 24 Juli 2020, dikutip dari bbc.com.

Halaman Hagia Sophia. Instagram @belbe_daniela
Destinasi di Turki. Instagram @belbe_daniela

Pengumuman perubahan Hagia Sophia dari museum menjadi masjid mengundang kekhawatiran warga dunia terhadap keberadaan Gli. Untungnya, Gli tidak dipindahkan. Ia tetap tinggal sampai akhir usianya.

Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Instagram @mr_un.believable
Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Instagram @mr_un.believable

Fungsi awal Hagia Sophia sebagai katedral Kristen Ortodoks yang dibangun pada Byzantine Period, tahun 360. Bangunannya berbentuk persegi panjang dengan pilar dan atap kayu, serta dibangun di atas kuil pagan, seperti dilansir dari hagiasophiaturkey.com. Kemudian Kesultanan Ottoman yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II menguasai Istanbul yang saat itu disebut Konstantinopel. Pada 1453, bangunan ini diubah menjadi masjid.

Sultan Mehmed II melakukan restorasi dan renovasinya, tapi ia membiarkan banyak mosaik asli di sana. Sultan Mehmed II membangun mimbar, mihrab, madrasah, dan minaret (menara) kayu selama masa renovasi itu. Selama Perang Balkan pada 1912, gedung dijadikan sebagai rumah sakit untuk pasien kolera.

Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Turki. Instagram @laitha_moment
Kemegahan Masjid Sophia, Istanbul, Turki. Instagram @laitha_moment

Pada 1923, Republik Turki diproklamasikan oleh Mustafa Kemal Atatürk. Kemudian pada 1934, Hagia Sophia menjadi museum dan menjadi situs Warisan Dunia UNESCO. Barulah pada Juli 2020, Hagia Sophia diubah menjadi masjid lagi dan beroperasi sampai sekarang.

Itulah perjalanan panjang Gli, kucing di masjid Hagia Sophia Turki yang telah meninggal. Selamat jalan, Gli! Apakah #SGB_Family ada yang pernah bertemu Gli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial