fbpx

Tips Tukar Rupiah ke Mata Uang Asing, Buat Liburan Lebih Lancar!

  • November 8, 2020
  • Dibaca 139 kali
Ilustrasi menukarkan uang. Photo by Roman Synkevych on Unsplash

Kalau mau pergi ke luar negeri, penting banget untuk mempunyai mata uang negara tujuan. Tentu supaya #SGB_Family bisa melakukan transaksi dengan lebih leluasa. Sebaiknya tahu juga berapa aja nominal pecahan yang tersedia. #SGB_Family harus tukar mata uang rupiah ke mata uang asing yang berlaku di negara tujuan. Coba ikuti tips tukar rupiah ke mata uang asing berikut agar liburan lebih lancar.

Ilustrasi memeriksa nilai tukar uang. Photo by William Iven on Unsplash
Ilustrasi memeriksa nilai tukar uang. Photo by William Iven on Unsplash

Sebelum melakukan tukar rupiah ke mata uang asing, #SGB_Family harus memeriksa terlebih dulu nilai tukar sesaat sebelum menukarkan. Agar bisa menjadi patokan mendapatkan nilai tukar terbaik. Caranya cukup gampang, tinggal buka mesin pencarian internet seperti Google dan ketikkan “konversi mata uang Rupiah ke” kemudian ikuti dengan nilai mata uang asing yang dimaksud.

Kalau mau lebih simpel, bisa langsung “Rp ke” diikuti nilai mata uang asing. Contohnya, Rp ke SGD untuk Singapore Dollar. Jangan lupa untuk cek secara berkala nilai tukarnya agar terus tahu perkembangan dan perubahannya.

Ilustrasi bank di sebuah negara. Photo by Cory Woodward on Unsplash
Ilustrasi bank di sebuah negara. Photo by Cory Woodward on Unsplash

Penukaran uang bisa dilakukan di bank, konter yang ada di tempat umum seperti bandara, atau di tempat lain. Nah, lebih baik menukarkan di bank yang nggak ada biaya admin, jadi uang bersih yang #SGB_Family terima sama dengan nilai tukar tanpa dikurangi atau menambah biaya admin.

Usahakan melakukan penukaran uang dengan jumlah yang sekiranya akan cukup digunakan. Agar kalau sedang jauh dari bank yang nggak ada biaya admin, nggak perlu kembali atau menukar di tempat dengan biaya admin.

Ilustrasi membawa uang tunai. Photo by Omid Armin on Unsplash
Ilustrasi membawa uang tunai. Photo by Omid Armin on Unsplash

Daripada bingung di mana tempat untuk menukarkan uang di negara yang akan kita tuju atau mencari bank tanpa biaya admin, lebih baik tukar uang tunai dulu sebelum berangkat liburan. Pembelian ini bisa dilakukan di Indonesia sehingga akan lebih memudahkan #SGB_Family saat sudah sampai di negara tujuan. Liburan nggak perlu memikirkan penukaran uang deh!

Ilustrasi memperkirakan pengeluaran liburan. Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Ilustrasi memperkirakan pengeluaran liburan. Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tips tukar Rupiah ke mata uang asing selanjutnya adalah usahakan menukar uang dengan nominal yang cukup. Kalau uang Rupiah yang ditukar ke mata uang asing terlalu banyak, #SGB_Family tetap harus menukarkan uang asing tersebut ke Rupiah setelah kembali ke Indonesia. Bakal kena biaya admin lagi deh!

Selain itu, jangan menukarkan terlalu banyak, kalau nggak ingin keasikan belanja sampai melebihi budget! Cara agar bisa menentukan nominal secukupnya adalah dengan merencanakan perjalanan dan biaya pengeluaran selama liburan.

Ilustrasi kartu debit. Photo by Russ Ward on Unsplash
Ilustrasi kartu debit. Photo by Russ Ward on Unsplash

Cek perjalanan adalah cek yang bisa dibeli khusus untuk orang yang akan bepergian. Cek ini bisa ditukarkan di bank yang ditunjuk. Daripada menggunakan cek perjalanan, sebaiknya #SGB_Family menukarkan uang tunai. Sekarang ini mungkin akan lebih sulit menemukan bank yang bisa mencairkan cek perjalanan karena sudah tergantikan oleh kartu debit atau kartu kredit. Beberapa bank akan mengenakan beberapa biaya untuk mencairkan cek perjalanan.

Ilustrasi tarik tunai di ATM. Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash
Ilustrasi tarik tunai di ATM. Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash

Biasanya kalau melakukan tarik tunai ATM di luar negeri menggunakan kartu debit, bakal mendapatkan nilai tukar yang lebih baik daripada dari bank atau credit union. Sebelum tarik tunai di ATM, pastikan menggunakan kartu debit dengan biaya penarikan ATM internasional yang rendah. Soalnya, ada bank yang sediakan fasilitas tarik tunai di luar negeri.

Biaya tarik tunai tentu bakal lebih tinggi daripada di Indonesia sekitar Rp6.500, di luar negeri bisa sampai Rp30.000-Rp50.000 sekali penarikan. Ada juga batas tarik tunai ATM seperti di Indonesia. Berbeda tergantung kebijakan bank dan negara tujuan. Misalnya di Singapura, batas tarik tunai ATM maksimal Rp53.000.000 per hari.

Ilustrasi pembayaran non-cash. Photo byClay Banks on Unsplash
Ilustrasi pembayaran non-cash. Photo by Clay Banks on Unsplash

Kalau mau pergi ke luar negeri, cek dulu jenis pembayaran yang umum dilakukan di sana. Apakah lebih banyak transaksi tunai atau non-tunai. Dari sini, #SGB_Family jadi bisa menentukan jumlah uang yang harus ditukar ke mata uang negara tujuan. Misalnya di Swedia, lebih banyak melakukan transaksi secara non-tunai.

Negara lain seperti Singapura, kebanyakan orang melakukan transaksi menggunakan uang tunai, seperti dikutip dari epochtimes.today. Namun, beberapa juga bertransaksi non-tunai yang paling populer pakai kartu kredit fisik.

Ilustrasi menggunakan kartu kredit. Photo by Mark OFlynn on Unsplash
Ilustrasi menggunakan kartu kredit. Photo by Mark OFlynn on Unsplash

Sebenarnya, ketika menukarkan uang ke mata uang asing, tetap akan dikenai biaya tertentu. Kalau punya kartu kredit, bisa menggunakannya saat bertransaksi di luar negeri. Lebih tepatnya menggunakan kartu kredit tanpa biaya transaksi luar negeri. Hanya aja, kartu kredit macam ini biasanya mempunyai tingkat bunga yang lebih tinggi, jadi nggak selalu cocok untuk semua orang.

Ilustrasi menukarkan uang. Photo by Roman Synkevych on Unsplash
Ilustrasi menukarkan uang. Photo by Roman Synkevych on Unsplash

Terdapat beberapa tempat penukaran uang di Singapura yang dekat dengan pusat wisata. Di Little India, #SGB_Family bisa ke Mustafa’s Foreign Exchange. Sementara kalau sedang di area Chinatown, langsung menuju People Park Complex. Terdapat paling nggak 3 tempat tukar uang yaitu Emerald Money Changer, Crante Money Changer, dan Today’s Money Exchange. Di Singapura ada juga kantor BNI yang berlokasi di Orchard, loh.

Mustafa's Foreign Exchange
Mustafa Centre 145 Syed Alwi Rd, Singapore 200770
24 jam
Lavender
mustafa.com.sg

Tips tukar mata uang asing bisa diterapkan saat hendak bepergian ke luar negeri. Jangan lupa untuk membuat rencana pengeluaran selama di luar negeri, butuh uang tunai atau non-tunai. Jadi bisa tahu juga jumlah uang yang harus ditukar. #SGB_Family biasanya tukar mata uang asing di bandara atau money changer lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial