fbpx

Itinerary Liburan Murah di Seoul, 2D1N Mulai Rp700.000-an

  • November 5, 2020
  • Dibaca 94 kali
Ilustrasi Bukchon Hanok Village. Photo by Crystal Jo on Unsplash

Seoul menjadi tempat wisata dengan beragam budget. Mau fancy bisa, murah pun bukan nggak mungkin. #SGB_Family bisa memilih tempat kuliner murah dan spot wisata gratis, kalau mau hemat maksimal. Coba membuat itinerary dulu sebelum berangkat ke Seoul. #SGB_Family juga bisa pertimbangkan itinerary liburan murah di Seoul berikut. Modalnya mulai dari Rp700.000 tanpa hitungan tiket pesawat.

itinerary liburan murah di Seoul
Ilustrasi pesawat Korean Air. Photo by Miguel Angel Sanz on Unsplash

Harga tiket pesawat ke Seoul yang selangit menjadi salah satu faktor dompet mendadak jadi tipis. #SGB_Family bisa menyiasati dengan mencari waktu keberangkatan di luar high season. Coba berangkat antara April-Mei atau September-Oktober. Musim liburan ini memengaruhi harga tiket pesawat. Biasanya saat low season, harga tiket pesawat cenderung lebih murah.

Menurut situs SkyScanner, harga tiket pesawat dari Jakarta ke Seoul untuk 2021 paling murah pada September dan Oktober. Harganya mulai dari Rp2.300.000-an. Sementara antara April sampai Mei 2021, harga paling murah mulai dari Rp2.400.000.

Ilustrasi kereta AREX. Instagram @ginalintw
Ilustrasi kereta AREX. Instagram @ginalintw

Setelah tiba di Incheon International Airport, lanjutkan perjalanan ke Seoul naik kereta AREX berhenti di Seoul Station. Ada 2 pilihan kereta, Express Train harganya Rp121.000-an dan All Stop Train mulai dari Rp53.000. Durasi perjalanan menggunakan Express Train selama 40 menit, sedangkan All Stop Train 60 menit. Bisa juga  naik bus bandara seharga mulai dari Rp64.000.

itinerary liburan murah di Seoul
Ilustrasi kartu T-Money. Instagram @tmoney_insta

Dari Seoul Station, lanjutkan naik bus atau subway ke hostel. Sebelum itu, #SGB_Family bisa membuat T-Money yang merupakan kartu transportasi di Korea Selatan. Cara bikin kartu transportasi Korea ini mudah aja. Cukup datang ke toserba bertanda T-Money atau stasiun kereta. Siapkan uang tunai dalam mata uang Korea, won, mulai dari Rp32.000. Kartu ini masih kosong, jadi harus top-up dengan jumlah berapa pun.

Menggunakan T-Money, #SGB_Family bakal mendapatkan potongan tiket bus sekitar Rp1.300. Bahkan kalau naik bus lalu transfer ke subway, bisa mendapatkan diskon transfer. Jadi cuma membayar tiket bus tapi harus dalam kurun waktu 30 menit. Rata-rata tiket subway dan bus mulai dari Rp17.000-an. Kalau bus malam mulai dari Rp30.000-an.

Untuk transportasi ke tempat wisata, tarifnya biasanya flat. Misalnya menginap di area Itaewon lalu pengin ke Bukchon Hanok Village, bisa naik subway dari Itaewon Station ke Anguk Station dengan tiket mulai dari Rp35.000. Pengin ke Gwanghwamun Square? Bisa juga naik subway dari Itaewon Station ke Gwanghwamun Station, harga tiketnya mulai dari Rp33.000.

itinerary liburan murah di Seoul
Ilustrasi Birdsnest Hostel. Instagram @bittersweet_downfall

Supaya hemat budget, coba pilih hostel di luar pusat kota dengan harga Rp200.000 sampai Rp300.000-an. Misalnya di YaKorea Itaewon dan Birdsnest Hostel. YaKorea Itaewon berlokasi di Itaewon yang terkenal sebagai tempat tinggal orang asing di Korea. Di sini juga banyak makanan halal. 

Alamat YaKorea Hostel Itaewon di 16-13 Hangang-daero 62na-gil, Yongsandong 3(sam)-ga, Yongsan-gu. Harga menginap semalam di YaKorea Itaewon mulai dari Rp220.000 untuk bunk twin private room. Fasilitasnya gratis perlengkapan mandi, tempat laundry, area ngumpul, free wi-fi, dapur bersama, dan komputer.

Step Inn Myeongdong 1 . Instagram @_21.non.cie
Step Inn Myeongdong 1 . Instagram @_21.non.cie

Ada lagi Birdsnest Hostel Hongdae di Mapo-gu, tepatnya 561-34 Yeonnam-dong. Harganya mulai dari Rp200.000 untuk single room dengan kamar mandi bersama. Stasiun subway terdekat adalah Hongik University, hanya 600 meter. Hostel ini juga dekat dengan Hongdae Street, pusat gaulnya anak muda Korea. Jadi banyak kafe, tempat makan kekinian, dan pertunjukan musik jalanan. Ke sini, cukup jalan kaki sekitar 100 menit.

Kalau mau menginap di pusat kota juga bisa aja. Misalnya Step Inn Myeongdong 1 yang nggak jauh dari pusat belanja Myeongdong. Tepatnya di 55 Myeongdong-gil, Myeongdong 1(il)-ga, Jung-gu. Tapi tentu harganya lebih mahal, di sini mulai dari Rp400.000-an untuk twin room dengan bunk bed. Semua kamar di sini berAC dan punya kamar mandi privat. Di sini juga ada dapur bersama dengan peralatan lengkap dan area untuk bersantai.

YaKorea Hostel Itaewon
Mulai dari Rp220.000
16-13 Hangang-daero 62na-gil, Yongsandong 3(sam)-ga, Yongsan-gu, Seoul, South Korea
Samgakji Station
kimcheeguesthouse.com/ya-itaewon

itinerary liburan murah di Seoul
80Tongin Traditional Market. Instagram @neverendjourney

Biaya makan di Seoul rata-rata Rp400.000-an per hari. Tentu tergantung tempat makan yang dituju. Kalau pengin hemat bisa cari makanan yang harganya di bawah Rp130.000 sekali makan di pasar atau pusat kuliner. Untuk melengkapi itinerary liburan murah di Seoul, coba cari street food di Pasar Tongin di 18 Jahamun-ro 15-gil, Tongin-dong, Jongno-gu. 

Harga makanan di Pasar Tongin mulai dari Rp13.000, sedangkan harga rata-rata di tempat lain mulai dari Rp40.000. #SGB_Family bakal menemukan makanan halal seperti kimbap, telur dadar Korea, japchae alias soun goreng, tteokbokki goreng, rice bowl, dan mandu alias pangsit isi. 

EID Halal Korean Food. Instagram @resepicampak
EID Halal Korean Food. Instagram @resepicampak

Serunya, di pintu masuk pasar, pengunjung akan diberikan wadah plastik untuk tempat makanan. #SGB_Family juga bisa tukar uang koin lawas dengan harga Rp64.000-an per 10 keping. Koin kuno ini bisa digunakan untuk beli makanan di Pasar Tongin.

Selain Pasar Tongin, #SGB_Family bisa mencari tempat makan halal di Itaewon apalagi kalau menginapnya di area ini. Ada restoran EID Halal Korean Food, Murree Restaurant, dan Hajj Korea Halal Food. Harga makanan di restoran-restoran ini mulai dari Rp103.000-an per porsi.

Misalnya hari pertama #SGB_Family makan japchae dan kimbap untuk sarapan di Pasar Tongin, maka total habis sekitar Rp26.000. Makan siangnya, coba beli makanan di pasar ini untuk dibawa pulang. Mungkin mau membeli rice bowl dan mandu. Cukup mengeluarkan Rp25.000-an. Selanjutnya untuk makan malam, bisa ke EID Halal Korean Food dengan budget Rp103.000-an. Secara keseluruhan, modalnya cuma Rp154.000.

Hari kedua, mungkin mau mencoba ke Halal Kitchen yang berlokasi dekat dengan Bukchon Hanok Village. Di sini menjual makanan khas Korea halal dengan harga mulai dari Rp64.000 per porsi. Kalau udah malam, saatnya berburu street food. Coba ke Myeongdong, bisa cobain gyeran bbang alias roti isi telur sampai banana pancake. Harganya sekitar Rp15.000 per porsi. Bisa beli lebih dari 1 jenis makanan. Jadi, hari kedua bisa cuma menghabiskan kira-kira Rp100.000.

Tongin Traditional Market
Mulai dari Rp13.000
18 Jahamun-ro 15-gil, Tongin-dong, Jongno-gu, Seoul, South Korea
Senin-Sabtu 7am-9pm
Gyeongbokgung Station
tonginmarket.co.kr

Ilustrasi Bukchon Hanok Village. Photo by Crystal Jo on Unsplash
Ilustrasi Bukchon Hanok Village. Photo by Crystal Jo on Unsplash

Tempat wisata gratis di Korea cukup banyak dan sama-sama menariknya dengan yang berbayar. #SGB_Family bisa jalan-jalan ke Gwanghwamun Square, Namsan Park, Bukchon Hanok Village untuk merasakan ‘desa’ Korea kuno, Jogyesa Temple, dan Changdeokgung Palace Gardens. Sebenarnya masih banyak lainnya. Tapi paling nggak, 5 tempat tersebut adalah spot wisata terkenal di Seoul.

Bukchon Hanok Village
Gratis
South Korea, Seoul, Jongno-gu, Gahoe-dong, 계동길 37
9am-6pm
Gyeongbokgung Station
bukchon.seoul.go.kr

Itinerary di Seoul di atas bisa #SGB_Family simpan dulu untuk liburan murah saat kondisi sudah kondusif. Siapkan budget yang cukup ya. Ada yang rencana jalan-jalan di Seoul?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial