fbpx

Cara Bikin Kartu Transportasi di Korea, Lebih Hemat!

  • November 5, 2020
  • Dibaca 183 kali

Liburan hemat tapi tetap nyaman tentu menjadi impian bagi siapa saja. #SGB_Family bisa mendapatkannya ketika berwisata di Korea Selatan (selanjutnya disebut Korea), tepatnya Seoul. Kenapa bisa begitu? Soalnya, ada cara untuk hemat transportasi selama di Korea. Turis asing bisa membuat T-Money yang bakal memotong tiket transportasi umum. Jadi, bakal lebih hemat sekalipun sering jalan-jalan di Korea. Gimana cara bikin kartu transportasi di Korea ini?

kartu transportasi korea
Ilustrasi kartu T-Money. Instagram @tmoney_insta

T-Money merupakan kartu serbaguna yang fungsi utamanya untuk digunakan pada transportasi umum di Korea. Kartu ini juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli di sejumlah toserba bertanda khusus T-Money. Bisa juga tanyakan langsung kepada kasir sebelum membayar.

#SGB_Family bisa membeli T-Money di sejumlah toserba seperti GS25, CU, 7-Eleven, Ministop, dan Buy The Way. Tinggal cari toserba dengan logo T-Money. Selain itu, bisa juga beli di penjual tiket dan mesin isi ulang kartu di stasiun kereta bawah tanah di Seoul. Harga beli T-Money mulai dari 2.500 won. Setelah itu, #SGB_Family harus top-up secara tunai dengan mata uang Korea, won.

Ilustrasi 7 Eleven di Korea. Instagram @rincykapooor
Ilustrasi 7 Eleven di Korea. Instagram @rincykapooor

Keuntungan menggunakan T-Money tentunya mendapatkan diskon tiket bus dan subway. Potongan untuk orang dewasa sebesar 100 won. Selain itu, #SGB_Family bisa mendapatkan diskon transfer. Misalnya #SGB_Family naik bus menggunakan T-Money, lanjut pindah ke subway. Maka, cukup membayar biaya bus. Tiket subway nggak usah bayar. 

Tapi ada syaratnya. Pastikan untuk selalu tap kartu saat naik maupun turun bus dan subway supaya beban tiket dan saldo terdeteksi. Diskon transfer terbatas 4 kali sehari dalam batas waktu transfer 30 menit. Batasnya sampai 1 jam dari pukul 9pm sampai 7am keesokan harinya. Diskon transfer nggak berlaku kalau pindah bus dengan nomor yang sama maupun subway yang sama walaupun tetap dalam kurun waktu 30 menit.

Ilustrasi penumpang di subway Korea. Instagram @dillorns
Ilustrasi penumpang di subway Korea. Instagram @dillorns

Simulasinya untuk mendapatkan diskon transfer seperti ini. #SGB_Family harus naik bus dulu baru pindah ke subway dalam kurun waktu 30 menit. Kalau naik subway dulu baru bus, diskon transfer nggak berlaku. Naik bus aja atau subway aja walau pindah dalam waktu 30 menit, juga nggak bakal dapat diskon transfer.

kartu transportasi korea
Penumpang sedang meninggalkan platform subway. Instagram @soungmuk_choi

T-Money bisa digunakan sebagai tiket bus dan subway di sejumlah area di Korea. Untuk subway Korea misalnya, bisa menggunakan T-Money di Seoul, Incheon, Daejeon, Daegu, Busan, dan Gwangju. Ketahui informasi rute bus dan subway selengkapnya di situs english.visitkorea.or.kr.

Cara menggunakan T-Money untuk naik bus, tempelkan kartu di mesin sensor yang ada di dekat supir sampai bunyi bip. Nantinya, bakal ada layar yang menampilkan jumlah tiket yang harus di bayar dan saldo T-Money. Sebelum turun bus, tempelkan lagi kartu di mesin sensor dekat pintu belakang bus sampai bunyi bip. Kalau kartu nggak ditempelkan sebelum turun, makan nggak bakal mendapatkan diskon transfer.

Seoul Station. Instagram @awesomesoup
Seoul Station. Instagram @awesomesoup

Sementara untuk subway, tempelkan kartu di mesin sensor yang terletak di atas pintu putar kereta bawah tanah sampai berbunyi bip. Sama seperti ketika naik bus, akan ditampilkan beban harga tiket dan sisa saldo. Kalau #SGB_Family dapat diskon transfer, maka jumlah tagihan sejumlah 0 (nol). Nanti, tempelkan lagi kartu di mesin sensor di pintu putar untuk keluar.

Selain bus dan subway, T-Money juga bisa dipakai di taksi dengan logo khusus T-Money. Beri tahu pengemudi bahwa #SGB_Family mau menggunakan kartu transportasi. Tap kartu di terminal, maka ongkos taksi otomatis terbayar. Tapi cara ini berlaku kalau saldo T-Money cukup untuk membayar tarif penuh taksi.

kartu transportasi korea
Ilustrasi kereta di Korea. Instagram @jsnfs_kim

Nggak perlu khawatir kalau saldo T-Money masih sisa banyak padahal udah mau balik ke Indonesia. Kartu transportasi Korea ini nggak ada masa kedaluwarsanya. Jadi bisa dipakai lagi kalau pergi ke Korea lagi. Alternatifnya, #SGB_Family bisa melakukan refund saldo T-Money. Caranya, cukup datang ke toserba bertanda T-Money sambil membawa kartu. 

Pengembalian dana bisa dilakukan apabila saldo T-Money yang tersisa nggak lebih dari 20.000 won. Soalnya, kalau lebih dari 20.000 won, proses refund lebih rumit dan bakal lama. Uang akan dikembalikan tunai dalam mata uang Korea, tapi dipotong 500 won untuk biaya admin.

Ilustrasi penumpang menunggu kereta datang. Instagram @_zlvley_
Ilustrasi penumpang menunggu kereta datang. Instagram @_zlvley_

Jumlah yang dikembalikan hanya sisa saldo, nggak termasuk biaya beli kartu. Misalnya T-Money nggak berfungsi maksimal maka harga kartu dan sisa saldo akan dikembalikan sepenuhnya. Asalkan nggak berfungsi selain karena kehilangan, deformasi, atau rusak.

kartu transportasi korea
Korea Tour Card. Instagram @ladyavellanaviajes

Selain T-Money, ada kartu transportasi lain di Korea yaitu Korea Tour Card. Bedanya, fungsi utama T-Money untuk potongan tiket transportasi dan transaksi terbatas di toserba. Sementara pemilik Korea Tour Card bisa dapat diskon masuk ke sejumlah tempat wisata dan restoran. Transaksi jual beli juga lebih nggak terbatas. 

Harga beli Korea Tour Card lebih mahal yaitu 4.000 won. Potongan Korea Tour Card pun sekitar 10 persen. Jadi kartu ini cocok digunakan kalau sering melakukan transaksi selain naik transportasi. Baru bakal terasa hemat.

Cara Bikin Visa Turis Korea
Ilustrasi Bukchon Hanok Village. Instagram @harrietseddon

Kebanyakan transportasi umum yang nggak cuma di Seoul lebih banyak menerima T-Money. Kalau #SGB_Family sering menggunakan transportasi umum di Korea lebih dari sekali, sebaiknya menggunakan T-Money. Sementara apabila bakal sering berwisata dan makan di restoran tertentu, bisa menggunakan Korea Tour Card. Informasi lengkap mengenai Korea Tour Card dapat dilihat di koreatourcard.kr.

Menggunakan kartu transportasi membuat liburan di Korea lebih hemat. Apalagi buat #SGB_Family yang sering bepergian naik transportasi umum. Udah pernah coba pakai kartu transportasi serupa? Apakah jadi lebih hemat? Informasi menarik lain seputar Korea tersedia juga di Instagram @koreaguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial