fbpx

Jasa Kirim Kargo dari Thailand ke Indonesia, Buat Dukung Bisnis Jastip!

  • November 2, 2020
  • Dibaca 182 kali
Ilustrasi tumpukan paket yang mau dimasukkan ke kontainer. Photo by Kon Karampelas on Unsplash

Thailand punya sejumlah pasar grosir yang menyediakan barang murah mulai dari produk fesyen sampai kerajinan tangan. #SGB_Family yang pengin borong belanjaan untuk jastip bisa memanfaatkan jasa kirim kargo dari Thailand ke Indonesia. Cara ini terbilang praktis, tapi harus tetap perhatikan aturan bea cukai di Indonesia. Terdapat beberapa jasa kirim yang melayani pengantaran barang dari Thailand ke Indonesia. Mana saja? Yuk simak ulasan berikut.

jasa kargo thailand ke indonesia
Ilustrasi kargo yang siap diangkut di pelabuhan. Photo by Andrey Sharpilo on Unsplash

Eagles merupakan salah satu jasa kirim kargo yang melayani pengantaran barang dari Thailand ke Indonesia. Ada dua jenis kargo yaitu udara dan laut. Masing-masing punya aturan misalnya barang yang dikirim lewat udara lebih terbatas daripada kirim via laut. Namun, keduanya sama-sama harus mempunyai dokumentasi yang tepat dan lengkap termasuk penghitungan bea cukai. Pengiriman bisa terlambat kalau sampai ada dokumen yang kurang benar.

Terkait jenis pengiriman ada FCL kalau kiriman memenuhi satu kontainer ukuran 40 kaki atau 20 kaki. Kalau barang yang dikirim tidak sampai memenuhi satu kontainer, masuk pengiriman LCL. Tapi LCL ini biasanya butuh waktu lebih lama dalam pengiriman karena harus dibongkar bersamaan dengan pengiriman individu lain yang ditaruh dalam wadah yang sama. Untuk mengetahui tarif pengiriman via Eagles, bisa konsultasi online melalui situs resmi Eagles.

Eagles Air & Sea
Kontainer 20 kaki sekitar 20.000 baht
Kantor pusat: 12 Soi ICD 5, Chaokunthaharn Road, Khlong Sam Prawet, Ladkrabang, Bangkok Thailand 10520
Senin-Jumat 8.30am-5.30pm
Latkrabang
eaglesthai.com/shipping-thailand-indonesia

Ilustrasi mengirim kargo lewat laut menggunakan kapal. Photo by Candelaria Acosta on Unsplash
Ilustrasi mengirim kargo lewat laut menggunakan kapal. Photo by Candelaria Acosta on Unsplash

Selanjutnya ada HSH, jasa kirim kargo yang berpusat di Surabaya. Menurut situs resmi HSH, jasa mereka menyesuaikan aturan ekspor negara asal dan impor di Indonesia. Tarif pengiriman harus langsung menghubungi pihak HSH. 

Sementara untuk tarif, HSH mengklaim bahwa jasa mereka lebih murah karena memberikan harga yang sudah termasuk pajak, punya API, dan transportasi. Jasa kargo ini juga melayani pengiriman lewat laut maupun udara. HSH menawarkan kargo door to door jadi barang langsung sampai ke rumah atau kantor.

HSH
Kira-kira 1.500 baht per kilogram
Kantor pusat: Jl. Rungkut Mapan Tengah 3 / DB-18 Surabaya, Indonesia 60293
Senin-Jumat 8am-4pm
hsh.co.id/ekspedisi-cargo-door-to-door-ke-indonesia

jasa kargo thailand ke indonesia
Ilustrasi tumpukan paket yang mau dimasukkan ke kontainer. Photo by Kon Karampelas on Unsplash

Jasa kirim kargo dari Thailand ke Indonesia berikutnya adalah CLS Logistic. Di sini ada Freight Forwarding Sea Freight (FCL / LCL), angkutan udara, kargo proyek, bea cukai, pialang pabean, dan kargo konsolidasi pintu ke pintu. CLS Logistic nggak cuma melayani pengiriman dari Thailand melainkan juga dari Shanghai, Hong Kong, Taiwan, Korea, Singapura, dan Vietnam. Kalau untuk jasa door to door termasuk pengiriman kargo LCL.

Kalau melalui jasa sea freight maka bakal sekalian diurusin lisensi ekspor, pengembalian pajak, izin ekspor, dan dokumentasi lainnya. Untuk biaya secara rinci, #SGB_Family dapat menghubungi langsung pihal CLS Logistic. Nomor teleponnya tertera di situs resmi jasa kargo ini.

CLS LOGISTIC
Kira-kira 1.500 baht per kilogram
Kantor pusat: Jl. Bandengan Utara Ruko Megah Bandengan 81 Blok B 49 Jakarta, Indonesia 14440
Senin-Sabtu 9am-5pm
cls-logistic.com/home.html

Ilustrasi kurir mengantarkan barang ke penerima langsung. Photo by RoseBox on Unsplash
Ilustrasi kurir mengantarkan barang ke penerima langsung. Photo by RoseBox on Unsplash

Jasa kirim barang satu ini sudah terkenal, DHL juga punya layanan pengiriman internasional dari Thailand ke Indonesia. Untuk tarif dari Bangkok ke Jakarta sekitar 8.206 baht untuk paket dengan berat 25 kilogram, sedangkan ukurannya 55 x 45 x 41 cm. Terkait tarif lebih rinci termasuk ukuran dan berat, bisa mengunjungi langsung situs resmi DHL. Tapi harga yang tercantum belum tentu termasuk bea cukai, pajak, atau biaya tambahan lain.

Jasa kirim barang impor oleh DHL biaya transportasinya dibebankan oleh penerima atau pihak ketiga. Estimasi waktu pengiriman dan harga transit terakhir bisa saja berbeda, tergantung karakteristik pengiriman, layanan yang diminta, dan paket yang diterima DHL. Tarif akan dipengaruhi ukuran fisik barang yang diserahkan ke DHL. Terkait aturan kirim online, nantinya pengirim butuh mencetak sejumlah dokumentasi yang diperlukan.

DHL
Kira-kira 8.206 baht per 25 kilogram
9 G Tower North Wing 25th-26th floor Rama 9 Road Khwaeng Huaykwang Khet HuayKwang Bangkok 10110, Thailand
Senin-Sabtu 8.30am-5.30pm
dhl.co.th/en/express/shipping.html

Jadi kalau mau mengirim barang dari Thailand ke Indonesia dalam jumlah banyak bisa menggunakan jasa kirim kargo. Tapi untuk memastikan tarif dan aturan impor, sebaiknya konsultasi langsung dengan pihak jasa kirim tersebut. Supaya ketika mengirim semuanya jelas dan tidak ada yang merasa dirugikan. #SGB_Family yang pengin tahu informasi spot wisata Thailand, kunjungi Instagram @thailandguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial