fbpx

5 Kota Termurah di Thailand Buat Liburan, Bisa Tetap Hemat!

  • November 1, 2020
  • Dibaca 99 kali
Kota Liburan Termurah Thailand

Nggak perlu mengeluarkan biaya tinggi kalau liburan di Thailand, mulai dari akomodasi, kuliner, sampai tempat wisata. Nah, beberapa kota di Thailand ini jadi tempat yang termurah untuk liburan #SGB_Family agar tetap hemat. Di mana aja dan tempat apa aja sih yang bisa dikunjungi di kota-kota itu? Catat listnya ya!

Kota Liburan Termurah Thailand
Wat Rong Seur Ten. Instagram @ooo_lin_ooo

Kota termurah buat liburan di Thailand yang pertama adalah Chiang Rai. Ibu Kota Provinsi Chiang Rai ini ada di bagian utara pegunungan Thailand. Nggak heran kalau di tempat ini terkenal akan jalur pendakian. #SGB_Family bisa mencoba mendaki dan kamping di Phu Chi Fa untuk menikmati matahari terbenam atau matahari terbit. Tapi kalau #SGB_Family lebih suka menginap di hostel, harga per malam mulai dari 89 baht semalam per orang.

Selain jalur pendakian, kota yang ada di dekat perbatasan Myanmar dan Laos ini juga terkenal dengan situs bersejarahnya. Para pecinta wisata sejarah wajib datang ke kuil yang didominasi dengan warna biru, Wat Rong Seur Ten atau Blue Temple. Selain bisa jelajah wisata sejarah, #SGB_Family juga bisa berburu foto. Perpaduan warna biru dan emas di setiap sudutnya membuat Wat Rong Seur Ten jadi spot yang instagenic. Untuk masuk ke Wat Rong Seur Ten tidak ada biaya tiket masuk.

Wat Rong Seur Ten
Gratis
306 หมู่ที่ 2 Maekok Rd, Tambon Rim Kok, Mueang Chiang Rai District, Chiang Rai 57100, Thailand
7am-8pm
Bus Stop Chiang Rai
facebook.com/RSTBlueTemple

Bo Sang Village. Instagram @girlaroundworld
Bo Sang Village. Instagram @girlaroundworld

Nggak begitu jauh dari Chiang Rai, kota yang juga murah untuk liburan adalah Chiang Mai. Dilansir dari nomadicmatt.com, Chiang Mai jadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat ke Thailand. Banyak situs sejarah yang juga bisa dikunjungi di kota ini seperti kuil yang nggak kalah cantik. Begitu pula beberapa desa yang juga bisa dikunjungi, seperti Bo Sang Village yang merupakan penghasil kerajinan tangan berupa payung.

Kalau mau liburan di alam dan gratis, bisa kok! Kunjungi Nam Tok Bua Tong atau Sticky Waterfall. Buat ke air terjun itu, #SGB_Family harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam, jadi lebih baik menyewa sepeda motor. Di Chiang Mai, nggak begitu susah untuk menemukan tempat sewa sepeda motor. Mulai dari 100 baht, #SGB_Family sudah bisa menyewa sepeda motor selama 24 jam. Lebih hemat untuk perjalanan pulang-pergi Nam Tok Bua Tong.

Nam Tok Bua Tong. Instagram @josieandthepusssy
Nam Tok Bua Tong. Instagram @josieandthepusssy

Penginapan di tengah kota Chiang Mai juga tidak terlalu mahal. Mulai dari 105 baht semalam per orang, #SGB_Family sudah bisa mendapatkan hostel yang nyaman di tengah kota. Mencari tempat makan yang terjangkau di tengah kota Chiang Mai juga nggak susah. #SGB_Family bisa menemukan warung di pinggir jalan yang menjual makanan khas Thailand. Makanan berat seperti Pad Thai bisa didapatkan mulai dari 60 baht.

Nam Tok Bua Tong
Gratis
Mae Ho Phra, Mae Taeng District, Chiang Mai 50150, Thailand
8am-5pm

Kota Liburan Termurah Thailand
Wat Phra Kaew. Instagram @mymintzzzzz

Emang rasanya kurang afdal kalau nggak bermalam dan mengelilingi Bangkok kalau sedang berada di Thailand. Meski Ibu Kota, tapi nggak berarti mahal untuk berlibur. Bermalam di hostel tengah kota Bangkok untuk 1 orang bisa didapat mulai dari 102 baht. Dari tempat penginapan, bisa jalan-jalan ke tempat wisata terdekat. Seperti Rattanakosin Exhibition Hall, museum sejarah, seni, dan budaya yang memamerkan Era Rattanakosin menggunakan teknologi modern.

Di Bangkok memang banyak tempat wisata sejarah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki aja dari tengah kota. Seperti kuil Wat Phra Kaew (Wat Phra Si Rattana Satsadaram) dan Golden Mountain. Ada juga museum lain yang juga bisa dijangkau dengan jalan kaki dari jantung kota Bangkok, yaitu The Bangkok National Museum dan Pipit Banglamphu Museum .

Pasar Chatuchak Thailand. Instagram @57___sy
Pasar Chatuchak Thailand. Instagram @57___sy

Buat #SGB_Family yang mau cari makanan halal, nggak susah juga loh. Ada beberapa kuliner halal dan murah di Pasar Chatuchak Thailand. Mulai dari 50 baht, bisa mendapatkan makanan ringan sampai yang mengenyangkan. Nggak cuma cicip kuliner, di pasar ini #SGB_Family juga bisa berbelanja. Tapi ingat untuk stay on budget, ya!

Chatuchak Weekend Market
สวนจตุจักร Kamphaeng Phet 2 Rd, Chatuchak, Bangkok 10900, Thailand
9am-6pm
Kamphaeng Phet

Mallika R.E 124. Instagram @da.moriri
Mallika R.E 124. Instagram @da.moriri

Sudah pernah dengar kota Kanchanaburi? Salah satu kota di Thailand ini juga termasuk salah satu kota termurah untuk liburan. Dilansir dari budgetyourtrip.com, biaya makan per hari, rata-rata 55 baht per orang. Dengan budget segitu, #SGB_Family bisa mengenyangkan perut. Tentu saja akan lebih murah makanan cepat saji atau warung pinggir jalan dibandingkan kalau makan di restauran.

Penginapannya sendiri, #SGB_Family bisa menemukan hostel di dekat pusat kota Kanchanaburi. Semalam, mulai dari 250 baht per orang. Kalau mau jalan-jalan, #SGB_Family bisa ke tempat yang membawa ke masa lalu Thailand. Berkunjunglah ke Mallika R.E 124 untuk merasakan suasana jadul. Mulai dari bangunan khas masa lalu dengan pintu warna-warni dan jendela berkisi-kisi, kendaraan jadul seperti becak, dan banyak tempat lainnya.

Wisata di Kanchanaburi. Instagram @realploi
Wisata di Kanchanaburi. Instagram @realploi

Uniknya, ada sawah dengan rumah produksi, rumah lumbung, sampai dapur yang kental suasana lawas. Ada taman dan rumah mengapung yang juga nggak kalah menarik. Banyak spot instagenic di Mallika R.E 124, jadi jangan lewatkan untuk berfoto ria!

Mallika R.E 124
Mulai 250 baht
168 หมู่ 5 Sing, Sai Yok District, Kanchanaburi 71150, Thailand
9am-8pm
Phetchaburi

Kota Liburan Termurah Thailand
Railay Beach. Instagram @ozenithkamala

Krabi Town juga jadi salah satu kota termurah di Thailand buat liburan #SGB_Family. Kalau bermalam di hostel dekat pusat kota, mulai dari 260 baht aja. Di tengah kota pastinya bisa menemukan tempat makan yang lebih terjangkau dan bisa jalan-jalan ke tempat wisata. Di daerah pusat Kota Krabi, #SGB_Family bisa mencicipi kuliner dengan harga mulai dari 40 baht.

Kalau di Chiang Rai bisa kamping, di Chiang Mai bisa ke air terjun, di Kota Krabi bisa melipir ke pantai. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat ada di Kota Krabi adalah pantai Railay. Dengan pemandangan indah tebing tinggi dan air hijau kebiruan, membuat pikiran yang penat jadi ringan seketika. Agar nggak terlalu jauh pulang-pergi dari Kota Krabi, #SGB_Family bisa menginap di dekat pantai Railay mulai dari 350 baht untuk 2 orang.

Railay Beach
Ao Nang, Mueang Krabi District, Krabi, Thailand
Ao Nang Any Hotel Bus Stop

Nggak cuma bisa menjelajah situs bersejarah, kalau liburan di kota termurah ini, #SGB_Family bisa merasakan asiknya main di alam Thailand. Nggak perlu merogoh kocek dalam untuk penginapan, transportasi, sampai makan. Masih banyak informasi tentang tempat wisata keren di Thailand yang bisa didapat di Instagram @thailandguidebook. Jadi makin tertarik kan buat liburan on budget ke Thailand?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial