fbpx

Harga Tiket Pesawat dari China ke Singapura Naik Drastis, Apa Alasannya?

  • November 1, 2020
  • Dibaca 201 kali
tiket dari China ke Singapura naik

Fenomena harga tiket pesawat naik atau turun drastis bisa dipengaruhi banyak banget faktor. Paling terbaru, semua hal yang berhubungan dengan pandemi Covid-19 memengaruhi naik turunnya harga tiket pesawat baik domestik maupun internasional. Tidak terkecuali harga tiket pesawat dari China ke Singapura yang sekarang naik drastis. Tentu berhubungan dengan pandemi Covid-19, tapi apa tepatnya? Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut.

tiket dari China ke Singapura naik
Ilustrasi turis memakai masker. Photo by Victor He on Unsplash

Semua turis dari daratan China boleh masuk ke Singapura mulai 6 November 2020. Mereka juga tidak melakukan karantina ketika tiba di Singapura asalkan hasil tes Covid-19 negatif. Menurut straitstimes.com, langkah ini berarti turis dari China untuk berwisata maupun bisnis tidak perlu melakukan pemberitahuan kepada pihak Singapura selama uji PCR negatif. Aturan ini juga berlaku untuk warga negara dan penduduk tetap Singapura serta pemegang izin tinggal jangka panjang yang kembali dari China. 

Pembukaan batasan untuk daratan China (selanjutnya disebut China) menambah daftar negara yang boleh masuk ke Singapura. Menurut Otoritas Penerbangan Sipil Singapura pada Kamis 29 Oktober 2020, China masuk daftar ini karena sistem pengawasan kesehatan masyarakatnya sudah komprehensif dan terbilang berhasil mengendalikan penyebaran virus Covid-19. 

Ilustrasi di dalam pesawat. Photo by Suhyeon Choi on Unsplash
Ilustrasi di dalam pesawat. Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Turis dari China bisa mengajukan izin perjalanan ke Singapura via perjalanan udara mulai Jumat, 6 November 2020, tepatnya pada siang hari. Terkait penerbangan, turis harus melakukan penerbangan langsung. Walaupun tidak ada kewajiban karantina ketika masuk ke Singapura, tapi turis harus tetap berada di China selama 14 hari terakhir sebelum masuk ke Negeri Singa ini. Sebab, perjalanan keluar dari China masih tetap dibatasi.

Ilustrasi Singapore Airlines. Photo by Martin Widenka on Unsplash
Ilustrasi Singapore Airlines. Photo by Martin Widenka on Unsplash

Harga tiket pesawat dari China ke Singapura naik cukup drastis. Menurut situs pembanding tiket pesawat, SkyScanner, harga tiket pesawat dari Shanghai ke Singapura tepatnya Changi Airport mencapai $2.544. Harga ini untuk penerbangan langsung menggunakan maskapai penerbangan Singapore Airlines tertanggal Senin, 9 November 2020. 

Sementara itu, masih belum banyak maskapai yang menyediakan penerbangan langsung. Hanya tersedia pada tanggal tertentu dan tidak dari semua bandara di China. Misalnya saja kalau berangkat dari Beijing, belum tersedia penerbangan langsung. Tiket yang tersedia masih dengan 1 atau 2 pemberhentian. Harga yang ditawarkan mencapai $2.056.

tiket dari China ke Singapura naik
Ilustrasi turis di Singapura. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Berdasarkan businesstimes.com.sg, turis yang berkunjung ke Singapura kebanyakan berasal dari China. Bahkan pasar wisata dari China ini termasuk sumber utama Negeri Singa pada 2019. Jumlahnya mencapai 3,6 juta turis China yang merupakan seperlima dari total wisatawan di Singapura. Pemasukannya sampai $4,1 miliar, belum termasuk pemasukan dari tamasya, hiburan, dan permainan.

Selain itu, turis dari China juga menjadi salah satu market utama Bandara Changi. Terhitung 7,3 juta penumpang dari China yang menghasilkan 10,7 persen dari total lalu lintas Bandara Changi pada 2019. Tidak heran, sebab pada Desember 2019 saja, ada 373 penerbangan mingguan ke 36 kota di China. Sedangkan tahun 2020 ini, hanya ada 10 penerbangan setiap minggu ke 7 kota di China.

Ilustrasi turis di dekat Sultan Mosque Singapore. Photo by Chapman Chow on Unsplash
Ilustrasi turis di dekat Sultan Mosque Singapore. Photo by Chapman Chow on Unsplash

Selain China, Singapura juga membuka perbatasannya untuk beberapa negara lain. Di antaranya adalah Australia, Brunei, Selandia Baru, dan Vietnam. Berbarengan dengan turis China diizinkan masuk Singapura, Negara Bagian Victoria di Australia juga masuk dalam daftar. Sebelumnya, semua negara bagian di Australia masuk daftar kecuali Victoria. Pada 29 Oktober 2020 siang saja, terdapat sekitar 1.375 aplikasi dari negara tersebut dan Singapura sudah menerima kira-kira 602 pengunjung. Sejauh ini, tidak ada pengunjung yang positif Covid-19.

Jadi bisa disimpulkan bahwa harga tiket pesawat dari daratan China ke Singapura naik drastis karena perbatasan Singapura akan dibuka. Apabila ingin datang, pastikan mematuhi aturannya. Salah satunya hasil tes PCR negatif. Bagaimana pendapat #SGB_Family tentang pembukaan perbatasan Singapura ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial