fbpx

Dompet Hilang di Singapura, Ini yang Harus Dilakukan!

  • October 28, 2020
  • Dibaca 145 kali

Dompet hilang bakal menjadi ketakutan di mana aja, mau sedang jalan-jalan di wisata sekitar atau ketika liburan di luar negeri. Penyebabnya bisa aja dompet jatuh atau kemungkinan lain dicuri. Kalau dompet hilang di Singapura, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Ilustrasi rumah. Photo by Eduard Militaru on Unsplash
Ilustrasi rumah. Photo by Eduard Militaru on Unsplash

Nggak jarang beberapa orang lupa tempat terakhir kali meletakkan dompet. Mungkin biasanya ditaruh di atas meja dalam kamar, tapi setelah belanja bisa aja ditaruh di dekat dapur atau ruang santai. Nah, pastikan dulu keberadaan dompet. Cari perlahan.

Bisa juga dompet ketinggalan di kafe sebelum pulang, hubungi tempat itu. Nggak jarang juga ada dompet ketinggalan di taksi atau ojek mobil online. Hubungi driver atau perusahaan tempat taksi bernaung untuk bantu mencari dompet. Kalau dompet benar-benar hilang, baru ke langkah selanjutnya.

Ilustrasi kartu penting di dalam dompet. Photo by Emil Kalibradov on Unsplash
Ilustrasi kartu penting di dalam dompet. Photo by Emil Kalibradov on Unsplash

Menurut youth.gov.sg, setelah memastikan bahwa dompet benar-benar hilang, catat barang apa yang ada di dalam dompet. Misalnya ingat-ingat berapa jumlah uang tunai. Urutkan juga benda penting sesuai prioritas. Seperti National Registration Identity Card (NRIC) alias kartu identitas Singapura dan kartu dari bank. Catat kartu yang perlu segera diganti agar nggak disalahgunakan.

Ilustrasi kartu kredit. Photo by Mark OFlynn on Unsplash
Ilustrasi kartu kredit. Photo by Mark OFlynn on Unsplash

Kalau misalnya ada kartu debit atau kredit di dalam dompet yang hilang, segera hubungi bank penerbit. Berdasarkan cashmart.sg, #SGB_Family bisa menghubugi masing-masing bank untuk pertama memblokir kartu dan kemudian mengganti kartu dengan PIN yang baru. Memerlukan biaya dan waktu beberapa hari untuk mengganti kartu. Masing-masing bank mempunyai biaya dan aturan tertentu terkait penggantian kartu hilang.

DBS misalnya, hubungi kontak bank dan minta kartu yang hilang untuk dibatalkan. #SGB_Family juga bisa menggunakan iBanking untuk meminta kartu baru. Proses mendapatkan kartu debit atau kredit baru membutuhkan waktu 3-5 hari kerja. Sementara Maybank, ada biaya sekitar $15-$30 untuk penggantian kartu debit atau kredit. Tapi untuk penggantian PIN nggak dikenakan biaya. Kalau OCBC, biaya mengganti kartu kira-kira $30.

Ilustrasi NRIC. Instagram @jesyn_xin
Ilustrasi NRIC. Instagram @jesyn_xin

Kartu identitas biasanya ditaruh di dalam dompet. Kalau ikutan hilang, maka #SGB_Family sebaiknya segera mengganti National Registration Identity Card langsung ke Immigration and Checkpoints Authority (ICA). Lakukan laporan kehilangan ke ICA dan ajukan penggantian dalam waktu 14 hari. Berdasarkan ica.gov.sg, berikut dokumen yang harus disiapkan:

  • Foto bentuk fisik berwarna ukuran paspor terbaru yang diambil 3 bulan terakhir
  • Sertifikat baptis atau agama yang menyertakan nama religius (nggak berlaku untuk penduduk tetap Singapura)
  • Laporan polisi atau pernyataan hukum. Kalau dompet hilang, maka harus buat laporan ke polisi, sedangkan untuk alasan lain bisa menulis surat pernyataan hukum.
  • Surat akta ganti nama (nggak berlaku untuk penduduk tetap Singapura)
  • Surat nikah, apabila ingin mencantumkan nama nikah
  • Foto digital dari halaman paspor yang berisi informasi pribadi dengan nama baru jika ada (hanya untuk penduduk tetap Singapura)
Ilustrasi kantor ICA Singapore. Instagram @julz1201
Ilustrasi kantor ICA Singapore. Instagram @julz1201

Dokumen di atas harus dibawa langsung ke IC Unit di kantor ICA pada jam kerja Senin-Jumat pukul 8am-4.30pm, Sabtu 8am-12.30pm. Biaya penggantian kartu identitas $100 untuk kehilangan pertama kali, sedangkan kalau bukan pertama kali hilang $300

Proses untuk mendapatkan NRIC baru sekitar 1 bulan bagi warga Singapura yang kehilangan kartu untuk pertama kali. Jika bukan yang pertama, prosesnya sampai 3 bulan. Apabila udah mendapatkan NRIC baru tapi NRIC lama ketemu, maka kembalikan NRIC lama yang ketemu itu ke ICA.

Ilustrasi kartu transportasi. Instagram @shutupndoodle
Ilustrasi kartu transportasi. Instagram @shutupndoodle

Kalau kartu EZ Link terusan hilang, bisa minta ganti kartu dengan membuat laporan online maupun datang langsung ke kantor penggantian kartu terdekat. Biasanya buka setiap hari pukul 10am-6pm atau ke kios TransitLink untuk segera mengganti kartu. Kalau nggak datang langsung, mungkin kartu pengganti bakal dikirim dalam 5 hari kerja. Biaya penggantian kartu ini sekitar $21,1. Nantinya setelah 10 kerja, uang di kartu lama yang hilang akan dikembalikan.

Ilustrasi dua orang polisi. Photo by Ethan Wilkimson on Unsplash
Ilustrasi dua orang polisi. Photo by Ethan Wilkimson on Unsplash

Kalau dompet hilang misalnya dicuri, segera membuat laporan ke Singapore Police Force secara online. Cara ini khusus untuk warga negara atau penduduk tetap Singapura. Masuk ke E-service dengan akun SingPass. Ikuti instruksi laporan polisi dan kirim laporan. Kalau pengajuan dihentikan di tengah jalan, maka detail apa pun nggak akan disimpan di database kepolisian.

Sementara bagi yang nggak punya SingPass, bisa membuat laporan kehilangan secara langsung ke kantor kepolisian terdekat. Siap-siap ditanya tentang kapan dan di mana kehilangan dompet, ada apa aja di dalam dompet, dan gambarkan orang yang mencurigakan kalau dompet dicuri. Polisi akan memberikan salinan laporan. Bawa salinan itu.

Ilustrasi membuat laporan kehilangan. Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash
Ilustrasi membuat laporan kehilangan. Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Apabila diperlukan bisa juga memberikan laporan kehilangan ke kantor kedutaan. Hal ini berlaku buat turis asing. Kalau udah mendapatkan salinan laporan dompet hilang oleh polisi Singapura, bawa juga ke kedutaan. Pihak kedutaan juga mungkin bisa membantu menghubungi saudara atau kerabat untuk mengirimkan uang.

Ilustrasi uang dan obat. Photo by Marek Studzinski on Unsplash
Ilustrasi uang dan obat. Photo by Marek Studzinski on Unsplash

Asuransi perjalanan memang penting banget. Salah satunya kalau lagi ada kejadian dompet hilang misalnya sewaktu liburan di Singapura. Hubungi pihak asuransi untuk membantu mencairkan klaim asuransi perjalanan yang dimiliki. Laporkan besar kerugian dan penyebab dompet hilang. Masing-masing agen asuransi mempunyai prosedur tersendiri dalam hal ini.

Semoga dompet nggak bakal hilang saat berada di Singapura atau tempat mana pun. Namun kalau emang kejadian, bisa coba mengikuti langkah-langkah di atas. #SGB_Family pernah menghadapi masalah serupa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial